BINUS University @Kemanggisan membuka pintu bagi para calon mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan membangun karier di bidang yang mereka minati. Dengan komitmen untuk memberikan pendidikan tinggi berkualitas, BINUS UNIVERSITY menghadirkan daftar jurusan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan industri.

Berikut deretan jurusan keren yang ada di BINUS University @Kemanggisan, mulai dari bidang teknologi digital hingga sastra yang mengedepankan kreativitas.

BINUS @Kemanggisan

Bidang Teknologi Digital

1. Artificial Intelligence

Sekarang ini keahlian dalam kecerdasan buatan (AI) menjadi tiket emas untuk membangun karier. Lulusan jurusan ini bisa menjadi ahli AI, pengembang software berbasis AI, atau peneliti di bidang AI.

2. Cyber Security

Jurusan ini akan membekali kamu dengan keterampilan melindungi sistem dan data dari ancaman siber di dunia digital. Prospek kariernya termasuk ahli keamanan jaringan, peneliti keamanan cyber, atau administrator keamanan sistem.

3. Data Science

Data adalah aset berharga, dan jurusan ini akan mengajarkan kamu cara menggali insights dari big data. Prospek kariernya pun sangat menjanjikan, sebut saja analis data, ilmuwan data, atau pengembang model prediktif.

4. Game Application & Technology

Di jurusan ini, kamu akan belajar membuat dan mengembangkan game yang inovatif. Prospek kariernya termasuk menjadi game developer, desainer game, atau produser game.

Bidang Teknik

1. Architecture

Prospek karier jurusan arsitektur bukan hanya menjadi arsitek, lho. Kamu juga bisa membangun karier sebagai manajer proyek konstruksi atau bahkan menjadi konsultan arsitektur.

2. Civil Engineering

Berbeda dengan jurusan arsitektur yang berfokus pada pembuatan gedung, teknik sipil atau civil engineering mempelajari pembangunan berbagai infrastruktur, termasuk jembatan, jalan raya, dan sebagainya. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai insinyur sipil, manajer proyek konstruksi, perencana transportasi, dan sebagainya.

3. Industrial Engineering

Dengan fokus pada efisiensi operasional dan manajemen supply chain, jurusan ini menghasilkan lulusan yang dapat mengoptimalkan proses bisnis. Adapun prospek kariernya termasuk menjadi analis proses bisnis, manajer supply chain, atau konsultan manajemen.

4. Computer Engineering

Binusian yang mengambil jurusan ini akan mempelajari dasar-dasar teknologi komputer dan sistem mikroprosesor. Karenanya, lulusannya punya keahlian di bidang teknologi informasi. Prospek kariernya menjadi hardware engineer, software developer, atau ahli jaringan.

Bidang Sastra dan Industri Kreatif

1. English Literature

Tidak hanya membuka jurusan yang berfokus pada teknik dan teknologi, BINUS @Kemanggisan juga punya jurusan sastra. Binusian yang mengambil jurusan Sastra Inggris tidak hanya belajar tentang kekayaan literatur, tetapi juga mengasah skill komunikasi. Lulusannya bisa menjadi penulis, editor, linguist, penerjemah, atau jurnalis.

2. Japanese Literature

Jurusan Sastra Jepang BINUS UNIVERSITY memiliki akreditasi A. Di sini, Binusian tidak hanya mengasah kemampuan menulis, berbicara, membaca, dan mendengarkan dalam Bahasa Jepang. Mereka juga belajar Bahasa Jepang Bisnis, budaya korporasi, budaya dan kesusastraan Jepang serta sejarah Jepang. Lulusannya bergelar S.S. dan bisa menjadi penerjemah atau interpreter profesional. 

3. DKV Creative Advertising

Bagi yang berbakat di bidang desain, jurusan ini membuka peluang untuk mengeksplorasi kreativitas dalam iklan dan desain visual. Lulusannya bisa bekerja sebagai desainer grafis, kreatif direktur, atau spesialis pemasaran kreatif.

Bidang Bisnis dan Keuangan

1. Business Law

Menggabungkan hukum dengan aspek bisnis, jurusan ini mencetak para ahli yang memahami kompleksitas hukum dalam dunia bisnis. Lulusannya bisa menjadi pengacara bisnis, konsultan hukum, atau analis kebijakan perusahaan.

2. Taxation

Di jurusan Taxation, Binusian mempelajari berbagai hukum dan undang-undang tentang perpajakan bagi orang pribadi maupun badan usaha. Lulusannya bisa menjadi konsultan pajak, analis keuangan, atau auditor pajak.

3. Business Analytics

Binusian yang mengambil jurusan ini akan belajar analisis bisnis agar mereka mampu menghadapi era Industri 4.0; salah satunya adalah penguasaan tool analytics. Lulusannya bisa berkarir sebagai Data Analytics atau Decision Consultant.

4. Information Systems Accounting and Auditing

Jurusan ini mempelajari bagaimana melakukan audit finansial, audit internal terhadap sistem akuntansi berbasis komputer (computerized accounting) untuk perusahaan, serta melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap infrastruktur teknologi informasi. 

Lulusannya bisa memilih pekerjaan sebagai manajer produk, auditor sistem, analis keuangan, atau konsultan pajak.

Jurusan Lainnya

1. International Relations

Bagi yang memiliki minat dalam hubungan internasional, jurusan ini mengajarkan berbagai aspek politik, ekonomi, dan sosial global. Lulusannya bisa bekerja sebagai diplomat, analis kebijakan luar negeri, atau konsultan hubungan internasional.

2. Tourism

Jika kamu tertarik pada industri pariwisata, jurusan ini membekali keahlian manajemen pariwisata. Kelak kamu bisa menjadi manajer pariwisata, planner acara pariwisata, ataupun menjadi entrepreneur di bidang tourism.

3. Primary Teacher Education

Buat kamu yang tertarik untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini, jurusan ini akan membekalimu dengan keahlian pendidikan dasar. Menariknya, Binusian tidak hanya diajarkan tentang kurikulum dalam negeri, tetapi juga kurikulum pendidikan internasional. Lulusannya bisa menjadi guru TK, guru SD, educational multimedia developer, educational consultant, dan sebagainya.

Itulah sejumlah jurusan yang ada di kampus BINUS @Kemanggisan dan masih banyak lagi. Dari sekian jurusan yang ada, mana nih yang paling kamu minati?