Bercita-cita menjadi pebisnis yang andal? Kalau begitu, ada aspek penting yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu kreativitas. Kreativitas merupakan aspek bisnis yang menawarkan banyak manfaat, tetapi sering dipandang sebelah mata.

Dalam sebuah survei, sebanyak 58 persen responden mengatakan bahwa perusahaan mereka yang membina aspek kreativitas mampu menghasilkan pendapatan 10 persen lebih besar pada 2013 dibandingkan pada 2012. Sebaliknya, hanya sekitar 20 persen perusahaan kurang kreatif yang bisa memperoleh pendapatan nan setara dengan perusahaan kreatif. Cukup signifikan, ya?

Agar kamu lebih mengetahui pentingnya kreativitas dalam bisnis, kami jabarkan beberapa alasan yang perlu diketahui dalam pembahasan berikut. Yuk, simak dengan saksama!

Kreativitas dalam Bisnis

1. Kreativitas membangun kemampuan pemecahan masalah

Salah satu satu manfaat paling berharga dari kreativitas dalam bisnis adalah membantu para karyawan dalam membangun kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan ini sangat berguna untuk setiap bisnis, apalagi jika menggunakan pendekatan kreatif.

Untuk membangun kemampuan pemecahan masalah, kreativitas akan memengaruhi beberapa hal. Pertama, membangun fleksibilitas kognitif, yaitu kemampuan untuk berpikir di luar kotak (out-of-the-box) sehingga bisa memperoleh solusi kreatif. Kedua, meningkatkan pemikiran analitis untuk memecahkan masalah kompleks dan mengidentifikasi akar permasalahan.

2. Kreativitas meningkatkan kerja sama tim

Ketika sebuah perusahaan membina para karyawannya untuk membiasakan berpikir dan berperilaku kreatif sekaligus bekerja sama, mereka akan lebih mudah menyelesaikan tugas dan memecahkan permasalahan.

Kebiasaan berkolaborasi dalam proses kreatif akan memberikan dampak positif jangka panjang pada kelangsungan bisnis. Misalnya, meningkatkan komunikasi positif antarkaryawan sehingga ide-ide bisa dibagikan dan didiskusikan secara terbuka. Dampak selanjutnya, kerja sama kreatif bisa meningkatkan kepuasan karyawan karena mereka merasa lebih dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan.

3. Kreativitas dapat menghasilkan ide untuk mendapatkan solusi yang lebih baik

Saat diterapkan secara efektif, kreativitas akan menghasilkan ide-ide brilian sehingga bisnis dapat menciptakan solusi yang lebih baik. Ide-ide kreatif akan membuat bisnis tetap bertahan dalam persaingan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan pelayanan pelanggan.

Sebagai contoh, dalam persaingan pasar, bisnis dengan ide kreatif bisa menciptakan produk atau layanan yang lebih menarik pelanggan dibandingkan kompetitor yang kurang kreatif. Kemudian, dalam operasional bisnis, kreativitas akan membantu bisnis meninjau ulang proses sehingga bisa menciptakan solusi inovatif yang dapat membuat operasional lebih efektif dan efisien.

4. Kreativitas mendorong inovasi

Inovasi adalah kunci kesuksesan setiap bisnis dan kreativitas memainkan peran yang besar dalam menciptakannya. Pemikiran kreatif bisa menstimulasi inovasi dengan cara menelurkan ide-ide atau solusi baru sehingga bisnis bisa berjalan lebih lancar dan menguntungkan.

Beberapa hal yang bisa didorong kreativitas untuk menstimulasi inovasi, antara lain, perspektif baru dalam suatu masalah, peningkatan proses dan alur kerja, serta pemikiran di luar kotak.

5. Kreativitas mendorong bisnis untuk berani mengambil risiko

Bisnis yang berani mengambil risiko akan berpeluang sukses ke depannya. Dengan kreativitas, bisnis bisa mencoba ide-ide baru sambil memperhitungkan risiko. Beberapa hal berisiko yang bisa terbantu dengan kreativitas, yaitu menyelami target pasar baru, membuat perubahan untuk menyaingi kompetitor, menciptakan ide dan solusi yang tidak biasa, serta mengambil kesempatan dari peluang tak terduga.

Nah, sudah paham kenapa kreativitas menjadi aspek yang penting dalam bisnis? Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasanmu, ya!

Untuk bisa menumbuhkan kreativitas dalam berbisnis, salah satu caranya adalah dengan berkuliah di jurusan dan perguruan tinggi yang tepat, seperti di jurusan Business Creation di BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera. Jurusan yang satu ini menawarkan prospek karier yang menjanjikan, misalnya, entrepreneur, konsultan bisnis, perencana bisnis, dan pengembang bisnis.

Selain itu, jika berkuliah di BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera, kamu akan mendapatkan manfaat-manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari memperoleh pendidikan berkualitas tinggi, menikmati fasilitas kelas atas, hingga mendapatkan kesempatan berkuliah secara internasional.

Tanpa perlu menunggu lama, langsung daftar ke jurusan Business Creation di BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera, yuk!