Kuliah Management: Apakah Cocok untuk Calon Entrepreneur?

Profesi sebagai entrepreneur memang tidak diharuskan menyandang gelar pendidikan tertentu. Meski begitu, kuliah memberikan sejumlah keunggulan dan privilege.  Melansir Forbes, “a degree is useful, not necessary”. 

Salah satu manfaatnya yaitu gelar pendidikan tinggi bisa menjadi plan B seandainya usaha yang dirintis gagal. Di samping itu, tentu saja kuliah mampu membekali dan mengasah keterampilan, terlebih jika jurusan yang dipilih cocok untuk calon entrepreneur.

Bicara soal jurusan kuliah yang cocok, manajemen adalah salah satu jurusan yang direkomendasikan bagi mereka yang bercita-cita menjadi seorang entrepreneur. Namun, apa benar kuliah manajemen cocok untuk calon pengusaha? Mari kita bahas manfaat kuliah manajemen bagi calon entrepreneur dan tantangannya.

Manfaat Kuliah Manajemen Bagi Calon Entrepreneur

Selama kuliah di jurusan manajemen, kamu akan menimba ilmu dan mengasah keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, antara lain:

Penguasaan Dasar Ilmu Bisnis

Jurusan manajemen membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dasar tentang bisnis. Sebut saja akuntansi, mikroekonomi, bisnis, matematika, dan hukum. Semua ini merupakan dasar-dasar bisnis yang penting dikuasai untuk menjadi entrepreneur sukses.

Strategi dan Perencanaan

Kuliah manajemen mengajarkan keterampilan perencanaan dan strategi yang diperlukan untuk mengelola bisnis. Termasuk pembuatan rencana bisnis, analisis pasar, dan strategi pemasaran.

Manajemen Keuangan

Salah satu aspek utama dalam bisnis adalah mengelola keuangan dengan bijak. Jurusan manajemen mengajarkan konsep manajemen keuangan yang dapat membantu calon entrepreneur dalam mengelola dan mengalokasikan sumber daya keuangan dengan efisien.

Keterampilan Komunikasi

Kuliah manajemen juga mengasah keterampilan komunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Skill ini sangat penting dalam menjalankan bisnis dan menjalin hubungan dengan mitra bisnis maupun klien.

Kepemimpinan dan Manajemen SDM

Kuliah manajemen juga membekali mahasiswa dengan keterampilan kepemimpinan dan manajemen SDM. Keduanya penting karena bagaimanapun, seorang entrepreneur juga berperan sebagai pemimpin dalam bisnisnya sendiri.

Pengalaman dari Praktik Nyata

Kuliah manajemen juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman langsung dari praktik. Misalnya saja, magang, proyek bisnis, atau keikutsertaan dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bisnis. Program semacam ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis dalam situasi dunia nyata.

Bahkan, jika kuliah di jurusan Management BINUS UNIVERSITY, mahasiswa akan memperoleh pengalaman lebih dari program  (2+1)+1. Dalam program ini, mahasiswa akan kuliah 2 tahun di kampus pilihan, kemudian melanjutkan 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain. Di tahun terakhir kuliahnya, mahasiswa bisa memilih program enrichment yang mana mereka berkesempatan terjun langsung ke lapangan. 

Adapun pilihan enrichment programnya antara lain: internship, community development, research, certified entrepreneurship, hingga study abroad. Dengan skema pendidikan seperti ini, mahasiswa punya banyak sekali kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dari pengalaman langsung. 

Maka, tidak heran jika lulusan BINUS memiliki kompetensi tinggi dan bisa langsung terjun ke dunia entrepreneurship di skala global sekalipun. 

Tantangan Kuliah di Jurusan Manajemen

Tentu saja, seperti halnya setiap jurusan, kuliah manajemen juga memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri. Di antaranya:

Beban Kerja yang Tinggi

Kuliah di jurusan manajemen sering kali membutuhkan kerja keras dan dedikasi tinggi. Mahasiswa harus siap untuk menghadapi tugas-tugas yang banyak dan kompleks.

Persaingan yang Ketat

Karena termasuk jurusan populer yang banyak diminati, persaingan untuk masuk jurusan ini juga terbilang ketat. Artinya, calon mahasiswa perlu memiliki kemampuan akademis yang baik untuk bisa diterima di jurusan ini.

Tidak Menjamin Kesuksesan

Kuliah manajemen memang membekali seseorang dengan ilmu dan skill yang cocok untuk membangun penguasa. Namun, tentu saja kuliah manajemen bukanlah jaminan menjadi entrepreneur sukses. 

Kamu masih perlu mengembangkan ide bisnis, mengambil risiko, dan belajar dari pengalaman. Akan tetapi, kuliah manajemen memperbesar peluang untuk sukses karena kamu sudah dibekali dengan ilmu serta keterampilan yang dibutuhkan.

Kesimpulan: Apakah Kuliah Manajemen Cocok untuk Calon Entrepreneur?

Apakah kuliah manajemen cocok untuk calon entrepreneur? Jawabannya adalah iya, dengan catatan bahwa kamu juga harus memiliki semangat wirausaha, kreativitas, dan kemauan untuk belajar dari pengalaman.

Jurusan manajemen memberikan dasar pemahaman bisnis yang kuat dan akan sangat bermanfaat bagi calon entrepreneur. Namun, kesuksesan dalam dunia bisnis juga bergantung pada banyak faktor lain, termasuk keberanian untuk mengambil risiko, kemampuan beradaptasi, dan kemampuan problem solving

Jadi, pastikan kamu memilih kampus yang mendukung perkembangan semua skill tersebut, seperti BINUS UNIVERSITY. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik Indonesia, kurikulum program manajemen BINUS UNIVERSITY dirancang untuk mempersiapkan lulusannya menghadapi dinamika persaingan global yang membutuhkan leadership dan entrepreneurship berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Tidak hanya meningkatkan kemampuan praktis dan manajerial, jurusan manajemen BINUS juga membekali skill untuk terus beradaptasi. Mahasiswa pun didorong mengembangkan problem solving skill untuk mengatasi situasi yang menantang.