Dalam Appreciation Day BINUS UNIVERSITY pada 17 Agustus 2023 silam, Sherine Kiatandi menjadi salah satu BINUSIAN yang memperoleh apresiasi di ajang tersebut. Sherine adalah BINUSIAN peraih apresiasi berkat prestasi-prestasinya di tingkat regional. 

BINUSIAN jurusan DKV New Media ini mendapatkan apresiasi berkat sejumlah prestasi yang ia peroleh. Sherine telah mengikuti berbagai macam lomba dan berkat kemampuannya ia berhasil mendapatkan juara di berbagai lomba tersebut.

Lomba seperti apa yang berhasil ia menangkan dan apa motivasi Sherine mengikuti berbagai perlombaan tersebut? Yuk, kenalan dengan Sherine dan cari tahu motivasi di balik antusiasmenya dalam mengikuti berbagai perlombaan!

Aktif Mengikuti Berbagai Macam Perlombaan

Sherine Kiatandi adalah BINUSIAN DKV New Media. Sebagai seorang BINUSIAN di jurusan tersebut, banyak lomba di bidang seni yang ia ikuti. Beberapa di antaranya seperti lomba desain Kartu Flazz, lomba poster, lomba mural, lomba membuat ilustrasi dan logo, bahkan hingga lomba yang unik seperti lomba menghias telur Paskah raksasa.

Berbagai jenis lomba yang Sherine ikuti ini tidak hanya berupa lomba tingkat nasional, melainkan lomba tingkat regional. Salah satu yang pernah Sherine ikuti adalah lomba mural digital tingkat ASEAN bertemakan “ASEAN Matters, Epicentrum of Growth”. Lomba ini diadakan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan salah satu media kenamaan yaitu Good News from Indonesia. Di perlombaan ini, karya Sherine berhasil dinominasikan sebagai 10 Karya Pilihan.

Tak hanya lomba itu yang ia menangkan. Di perlombaan menghias telur raksasa, misalnya. Sherine dan timnya berhasil memenangkan posisi pertama dalam lomba tersebut. Uniknya, ia dan tim awalnya tidak bisa ikut mengingat slot peserta yang sudah habis. Ini dikarenakan Sherine baru tahu informasi lomba tersebut H-2 sebelum tanggal pelaksanaan lomba.

Meski demikian, Sherine tidak patah semangat. Ia nekat datang ke venue lomba pada hari H dengan harapan ada peserta yang tidak jadi ikut lomba. Untung, ada peserta yang tidak jadi mengikuti lomba. Telur paskah raksasa yang tersisa otomatis menjadi ‘proyek’ lomba bagi Sherine dan tim.

Lomba 3D Egg Decorating Competition ini diadakan oleh Flavor Bliss Alam Sutera. Selama tiga jam pelaksanaan lomba hias telur tersebut, Sherine dan timnya sempat mengalami kesulitan. Pasalnya, sayap dan kepala burung garuda berbahan styrofoam yang rencananya akan direkatkan ke badan telur Paskah tersebut mudah lepas jika terkena angin. Karena itu, rekan satu timnya menyarankan untuk tidak menggunakan hiasan styrofoam tersebut. 

Meski begitu, Sherine tetap bersikukuh menggunakan styrofoam yang sudah disiapkannya. Ia optimis dan yakin bahwa hal inilah yang bisa membedakan telur milik timnya dari tim lain. Optimisme Sherine pun membuahkan hasil—ia dan tim berhasil memenangkan lomba tersebut.

Bisnis Custom Handmade Illustration

Sherine tidak hanya dikenal sebagai BINUSIAN yang aktif mengikuti perlombaan. Dengan kemampuan yang dimilikinya, Sherine juga membuka jasa ilustrasi custom handmade. Kamu bisa cek ratusan karya yang sudah pernah ia kerjakan di laman Instagram @stepica_art.

Melalui bisnis tersebut, Sherine menawarkan jasa ilustrasi handmade dengan style karikatur. Karikatur tersebut ia percantik dengan menggunakan cat air dan pigura. Banyak orang yang memesan karikatur untuk dihadiahkan kepada orang lain—entah sebagai hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, hadiah perpisahan, sampai hadiah pernikahan. 

Menjajaki Private Drawing Course

Seakan-akan masih belum puas dengan semua prestasinya, Sherine juga menjajal memberikan private drawing course untuk anak usia sekolah dasar. Selain mengajarkan cara menggambar menggunakan media kertas, Sherine juga mengajarkan cara untuk menggambar menggunakan media digital. 

Dengan cara mengajar yang fun dan mudah dipahami, Sherine membuat para muridnya tetap antusias belajar menggambar di berbagai media. Hasilnya, murid yang belajar menggambar bersama Sherine bisa menunjukkan perkembangan yang pesat dalam waktu yang singkat. 

Ingin ‘Habiskan Jatah Gagal’

Dengan semua kesibukan yang Sherine jalani, mungkin kamu jadi penasaran—-apa sih yang memotivasi Sherine untuk melakukan semua hal tersebut?

Sherine mengatakan bahwa selagi muda, ia ingin memanfaatkan waktu dan tenaga yang ia miliki untuk mengeksplorasi banyak hal. Ia ingin mengetahui sejauh mana potensi yang ia miliki sembari mencari celah untuk belajar hal baru dan mengembangkan potensi dirinya. 

Tidak hanya itu, ia juga ingin ‘menghabiskan jatah gagal’ di saat masih muda. Dengan mindset seperti ini, ia tidak takut mencoba hal baru maupun mengikuti lomba meskipun akhirnya tidak membuahkan hasil alias gagal. Menurutnya, selalu ada hal yang bisa dipelajari dari kegagalan tersebut. Bagi Sherine, seperti inilah mental seorang pemenang. Maka dari itu, akan sangat baik jika kita mengalahkan rasa takut dan berani mencoba tanpa perlu banyak memikirkan hasil usaha kita.