Mass Communication, atau Komunikasi Massa, merupakan salah satu program studi yang berada di bawah payung ilmu komunikasi. Komunikasi massa sendiri juga tergolong ilmu yang membawa dampak besar dalam kehidupan manusia. 

Tanpa adanya ilmu ini, mungkin manusia tidak bisa mendapatkan berita dalam bentuk media cetak, visual, maupun audio. Lantas, apa jurusan Mass Communication itu sendiri?

Jurusan Mass Communication

Apa Itu Jurusan Komunikasi Massa?

Pada dasarnya, ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari proses penyampaian pesan dari pihak yang disebut komunikator kepada penerima pesan atau komunikan melalui berbagai media. Sementara itu dalam konteks jurusan Komunikasi Massa atau Mass Communication, bidang studi ini lebih difokuskan pada pesan-pesan yang disampaikan kepada masyarakat luas melalui media massa, seperti koran, televisi, radio, dan internet.

Jurusan ini mengajarkan mahasiswa untuk dapat memahami seluk-beluk komunikasi dalam masyarakat modern. Lebih lanjut, jurusan Komunikasi Massa mengasah keterampilan mahasiswa dalam hal menganalisis media dan membekali mereka dengan kompetensi untuk menghadapi berbagai tantangan di dunia komunikasi massa.

Fungsi Komunikasi Massa

Dalam praktiknya, ilmu Komunikasi Massa memainkan sejumlah fungsi penting dalam kehidupan masyarakat modern, di antaranya:

  1. Fungsi informasi

Komunikasi massa berperan sebagai jembatan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Informasi di sini tak hanya dalam bentuk berita, melainkan juga dalam bentuk artikel, iklan, dan semua yang bertujuan untuk menyampaikan informasi.

  1. Fungsi persuasi

Media massa memiliki peran penting dalam memengaruhi pandangan masyarakat terkait hal-hal tertentu. Peran persuasif yang disampaikan melalui opini, iklan, atau media tertentu dapat membentuk sekaligus mengubah sikap masyarakat.

  1. Fungsi hiburan

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan hiburan untuk meredakan ketegangan sosial. Dalam hal ini, komunikasi massa berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui beragam program hiburan di media digital, radio, dan televisi.

  1. Fungsi transmisi kultur

Setiap kultur diwariskan oleh satu individu ke individu lainnya dan satu kelompok ke kelompok lainnya melalui proses edukasi. Di sini, komunikasi massa berperan untuk mempermudah transmisi budaya tersebut.

  1. Fungsi korelasi

Media massa menjadi penghubung komponen-komponen dalam masyarakat. Sebagai contoh, berita yang disajikan dalam bentuk surat kabar akan menjadi penghubung antara narasumber berita dengan pembaca surat kabar tersebut.

Prospek Kerja Lulusan Komunikasi Massa

Bagaimana, masih belum yakin mau mengambil jurusan Mass Communication? Coba simak daftar prospek kerja lulusan Komunikasi Massa berikut ini.

  1. Menjadi wartawan

Salah satu profesi yang terbuka bagi lulusan Komunikasi Massa adalah wartawan. Sebab, selama kuliah, mahasiswa akan dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan untuk menyampaikan informasi melalui berbagai media. Hal ini termasuk kora, radio, televisi, dan yang populer sekarang adalah melalui media online.

  1. Profesi humas

Humas (hubungan masyarakat) atau public relation (PR) juga menjadi prospek kerja yang tepat bagi para lulusan jurusan Komunikasi Massa. Profesi ini bertanggung jawab dalam menyampaikan berbagai bentuk informasi kepada publik. PR juga bertanggung jawab dalam menjaga relasi baik antara perusahaan atau institusi dengan pihak lain.

  1. Bekerja di bidang advertising

Di dunia periklanan atau advertising, para lulusan Mass Communication juga berpeluang untuk menggeluti pekerjaan seperti copywriter, content writer, videographer, dan masih banyak lagi. Industri periklanan sendiri akan selalu berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat. Industri ini juga membutuhkan pekerja-pekerja kreatif yang memiliki pemahaman mendalam terkait komunikasi massa guna menciptakan kampanye yang efektif dan persuasif.

Itulah sebabnya prospek kerja lulusan jurusan Komunikasi Massa sangat beragam. Hal ini sekaligus mencerminkan betapa pentingnya peran mereka dalam mengelola sekaligus menyampaikan pesan di era modern yang serba digital ini.

Jadi, bagaimana, tertarik mengambil jurusan Mass Communication? Yuk, mulai persiapkan semuanya dari sekarang. Cukup banyak universitas yang menawarkan jurusan ini, salah satunya adalah BINUS University @Alam Sutera.