Bidang keuangan merupakan salah satu bidang yang memainkan peran penting dalam suatu bisnis. Oleh sebab itu, lulusan jurusan Finance atau keuangan memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan.

Departemen finansial berperan penting dalam mengatur cash flow perusahaan agar kegiatan bisnis tidak terganggu. Sebab itu, hampir semua industri termasuk instansi pemerintahan membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan dan kompetensi di bidang finansial.

Melihat peran krusial divisi finansial dalam suatu lembaga, tak heran apabila program studi Finance menjadi salah satu opsi yang patut untuk dipertimbangkan. Namun sebenarnya apa sih itu jurusan Finance? Simak selengkapnya dalam uraian berikut.

Jurusan Finance

Apa Itu Jurusan Finance?

Jurusan Finance adalah program studi yang ada kaitannya dengan bidang ilmu pengelolaan sumber daya finansial atau keuangan dalam suatu bisnis guna mencapai tujuan tertentu. Sesuai dengan namanya, program studi ini akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan sumber daya, menganalisis, melakukan perhitungan, melakukan riset, hingga mengelola keuangan dan aspek moneter suatu bisnis.

Jurusan Finance juga masih ada kaitannya dengan program studi manajemen, akuntansi, dan bisnis. Jadi, tak perlu heran apabila mahasiswa di jurusan ini akan sering mendapati mata kuliah yang serupa dengan ketiga program studi tersebut. Sebab, manajemen, akuntansi, dan bisnis merupakan program studi yang sama-sama mempelajari ilmu dan keterampilan untuk berkarier di sektor keuangan.

Alasan Harus Kuliah di Jurusan Finance

Ada beragam alasan mengapa jurusan Finance menarik untuk diambil sebagai jalur pendidikan tinggi. Adapun alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Mata kuliahnya beragam

Salah satu alasan mengapa harus mengambil jurusan Finance adalah karena mata kuliah yang diajarkan cukup beragam dan menarik. Sebenarnya, semua jurusan juga memiliki mata kuliah yang beragam. 

Namun, pada program studi Finance, mahasiswa akan mempelajari beragam mata kuliah yang erat kaitannya dengan bidang ekonomi dan finansial. Mulai dari mata kuliah manajemen keuangan, ilmu ekonomi, hingga pasar modal, mahasiswa memiliki peluang untuk lebih mendalami beragam disiplin ilmu yang relevan kehidupan sehari-hari.

Keberagaman mata kuliah tak hanya memberikan pengetahuan yang komprehensif, melainkan juga menciptakan pengalaman perkuliahan yang menarik dan dapat memotivasi mahasiswa. Dengan begitu, mahasiswa bisa mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia keuangan.

  1. Industri yang stabil

Daya tarik lain dari jurusan Finance adalah adanya stabilitas industri, khususnya perbankan. Industri perbankan memainkan peran vital dalam perekonomian suatu negara. Lebih lanjut, sektor ini dinilai relatif stabil dan mendapatkan perlindungan dari negara. Keberlangsungan aktivitas lembaga perbankan juga menjadi nilai plus bagi siapa pun yang ingin meniti karier yang terjamin. 

  1. Prospek kerja luas

Lulusan jurusan Finance memiliki peluang kerja yang cukup luas, contohnya bekerja di sektor perbankan, lembaga pemerintah, maupun lembaga keuangan non-perbankan. Bahkan lulusan yang berkualitas di jurusan ini bisa berkesempatan untuk menjadi konsultan keuangan.

Memasuki era di mana literasi keuangan makin diperlukan dan dihargai, profesi konsultan keuangan memainkan peran krusial dalam mengedukasi individu atau badan usaha terkait manajemen keuangan yang efektif. Dengan memiliki kemampuan analisis yang baik, lulusan Finance bisa memberikan kontribusi yang berharga dalam mendukung keberlanjutan finansial klien mereka.

  1. Memiliki bekal kemampuan bisnis yang baik

Jurusan Finance tak mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk menjadi pegawai di lembaga-lembaga keuangan. Lebih dari itu, program studi ini memberikan bekal yang solid bagi mahasiswa untuk bisa menjalankan bisnis mereka sendiri.

Dengan memiliki pemahaman yang mendalam terkait ekonomi dan bisnis, lulusan Finance dapat menjalankan bisnis dengan persiapan dan strategi yang lebih matang. Jadi, jurusan Finance tak hanya menciptakan lulusan-lulusan yang profesional di bidang keuangan, tetapi juga menjadi wirausahawan yang tangguh.

Nah, itulah sejumlah alasan mengapa jurusan Finance menarik untuk diambil dan cukup banyak peminatnya. Bila tertarik dengan jurusan satu ini, mulai persiapkan segalanya dari sekarang, termasuk universitas yang dituju. Banyak loh perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan jurusan Finance, salah satunya adalah BINUS University @Alam Sutera.