3 Peran Desain pada Era Digital, Apa Saja?

Era digital lahir ketika internet dan media sosial merevolusi cara individu dan bisnis dalam berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Di beberapa dekade belakangan, lanskap digital pun telah berkembang secara signifikan. Hal ini tampak dari banyaknya kehadiran teknologi, aplikasi, dan platform baru. Perubahan tersebut membuat peran desain makin penting di era serba digital. Setiap bisnis berlomba-lomba menarik perhatian audiens di dunia digital dengan sesuatu yang menarik dari segi visual, estetika, dan makna. Bisnis-bisnis bahkan memasukkan nilai-nilai perusahaan mereka dalam karya-karya desain digital. Keren, ya?

Ingin tahu lebih banyak lagi seputar peran bidang desain di masa digital? Yuk, simak pembahasan berikut!

1. Desain yang baik bisa meningkatkan penjualan di era digital

Desain yang baik bukan sekadar estetis. Desain seperti ini mampu memenangkan hati audiens dan dapat membuat mereka terus tertarik, sekalipun audiens hanya berjumpa dengan merek bisnis melalui perangkat digital.

Sebaliknya, desain yang berantakan bisa membuat orang-orang berpaling dari suatu bisnis. Hal ini karena desain bisa berbicara dengan audiens tanpa menggunakan kata-kata. Jika desain dimanfaatkan secara maksimal, ketertarikan audiens terhadap desain bisa dikonversi menjadi lonjakan penjualan yang signifikan.

Berikut beberapa contoh yang menunjukkan peran desain dalam peningkatan penjualan di masa digital!

  • Kesan pertama sangatlah penting. Studi menunjukkan bahwa pengguna internet bisa beropini terhadap sebuah situs web hanya dalam waktu 50 milidetik, sebagian besar berdasarkan desainnya. Desain yang positif akan menciptakan kesan pertama yang baik sehingga penjunjung bisa singgah lebih lama di situs web dan dapat dikonversi menjadi penjualan.
  • Percaya melalui desain. Menurut studi yang dijalankan oleh Stanford Web Credibility Project, setengah dari konsumen menilai kredibilitas dari sebuah bisnis hanya dari desain situs web. Desain yang meyakinkan bisa langsung memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk.
  • Gambar daripada teks. Kebanyakan orang hanya mengingat 10 persen informasi tiga hari setelah mendengarnya. Namun, saat gambar yang relevan dipasangkan dengan informasi yang sama, persentasenya meningkat menjadi 65 persen.
  • Optimasi perangkat mobile. Dengan banyaknya konsumen yang berbelanja lewat gawai, desain yang responsif sangat dibutuhkan. Think with Google bahkan menyatakan bahwa “lebih dari 50 persen orang mengatakan kalau mereka tidak mempertimbangkan untuk membeli dari sebuah merek dengan desain situs web mobile yang sangat buruk”.

2. Desain bisa menciptakan identitas suatu merek di era digital

Ambil contoh dari merek raksasa, Apple. Apple menarik perhatian orang-orang lewat desain yang bersinergi dengan nilai-nilai dasar yang dimilikinya sehingga menciptakan identitas yang tak terlupakan. Lewat desain beranda situs web Apple saja, kita bisa melihat misi merek tersebut secara jelas, yaitu kesederhanaan, perhatian terhadap detail, dan konsistensi.

3. Desain mengembangkan lapangan pekerjaan di era digital

Internet menjadi alat super untuk bisnis dan situs web menjadi jalan utama bagi pelanggan di dunia digital untuk mengakses info tentang bisnis. Artinya, sangat penting bagi bisnis untuk memiliki situs web yang mudah digunakan dan menarik secara visual.

Bidang desain pun hadir sebagai solusi bagi para pebisnis. Bersamaan dengan hal tersebut, bidang desain memperluas lapangan pekerjaan sehingga makin banyak orang memperoleh penghasilan dengan cara membantu bisnis membangun kehadiran merek di dunia digital.

Itulah sekilas info tentang peran desain di era serba digital. Hal-hal berbau visual memang lebih menarik perhatian ketimbang berlomba-lomba memperbanyak kuantitas. Artinya, orang-orang yang ahli di bidang desain akan sangat dibutuhkan di dunia digital.

Tertarik untuk menggeluti bidang desain dan menjadi ahli? Kuliah saja di fakultas Seni dan Desain di BINUS @Alam Sutera! Kampus bergengsi ini menawarkan banyak jurusan yang berkaitan dengan bidang desain, mulai dari DKV (Desain Komunikasi Visual), DKV – Animasi, DKV – New Media, DKV – Periklanan Kreatif, Film, hingga Desain Interior.

BINUS @Alam Sutera juga didukung dengan berbagai keunggulan yang sayang untuk kamu lewatkan. Contohnya, pendidikan yang berkualitas, fasilitas penunjang kelas atas yang mutakhir, serta banyaknya program pendidikan eksklusif yang bisa dipilih sesuai minat.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu ke BINUS @Alam Sutera!