Bioteknologi merujuk pada ilmu pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan obat-obatan atau makanan. Ilmu ini sekilas terdengar seperti suatu hal canggih yang hanya terjadi di laboratorium. Akan tetapi, faktanya, bioteknologi adalah salah satu ilmu pengetahuan tertua di dunia, tepatnya sejak zaman prasejarah.

Perkembangan bioteknologi sangat berguna bagi kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Bioteknologi berperan dalam hal-hal sesederhana seperti pembuatan roti dan keju, hingga hal-hal rumit seperti pembuatan antibiotik dan vaksin. Luasnya bidang yang dijangkau bioteknologi pun tak ayal membuat peluang kariernya begitu menjanjikan.

Apakah kamu ingin kuliah di jurusan bioteknologi? Mau tahu seperti apa prospek kariernya? Dalam artikel kali ini, kamu akan diajak mengetahui beragam peluang profesi yang kerap ditawarkan kepada lulusan bioteknologi. Yuk, simak daftarnya baik-baik!

Lulusan Bioteknologi

1. Ahli Mikrobiologi

Seorang ahli mikrobiologi bertugas mempelajari sistem imunitas, virus, dan bakteri untuk mengembangkan produk industri atau produk biomedis. Profesi ini mengerjakan eksperimen kompleks di laboratorium dan proyek riset untuk membantu penyembuhan atau diagnosis dari penyakit menular.

2. Teknisi Klinis

Teknisi klinis disebut juga sebagai teknisi biologis atau ilmuwan laboratorium medis. Profesi ini mengerjakan uji coba, mengumpulkan sampel, dan menganalisis hasil untuk kultur bakteri, cairan tubuh, dan jaringan tubuh. Teknisi klinis biasanya menggunakan peralatan yang sudah terautomasi, perangkat lunak komputer khusus, robotik canggih, serta instrumen laboratorium untuk membuat model, menganalisis, dan mengumpulkan data eksperimen.

3. Konsultan Bioteknologi

Konsultan bioteknologi bertugas memberi saran kepada manajer perusahaan bioteknologi terkait cara mengembangkan layanan atau produk baru, ataupun cara memperbaiki efisiensi proses produksi. Profesi ini biasanya mengerjakan hal-hal seperti menginspeksi peralatan yang dimiliki perusahaan klien, meninjau ulang data keuangan, atau mengawasi siklus produksi untuk mencari tahu area-area yang butuh perbaikan.

4. Insinyur Biomedis

Insinyur biomedis menggabungkan keahlian teknik dan biologis demi merancang solusi untuk masalah-masalah medis dan biologis. Profesi ini merancang alat dan perlengkapan biomedis untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas dari perawatan kesehatan pasien. Insinyur biomedis juga bertanggung jawab mendesain perangkat lunak medis, seperti organ buatan, mesin pendiagnosis, dan prostesis.

5. Pembuat Strategi Produk

Pembuat strategi produk bertugas mengidentifikasi dan membimbing perusahaan bioteknologi dalam hal-hal seperti penentuan target pasar atau wilayah persebaran produk. Profesi ini menginvestigasi perusahaan pesaing dan membandingkan strategi perusahaan klien dengan kompetitornya untuk memperbaiki performa produk.

6. Ahli Epidemiologi

Ahli epidemiologi menyelidiki dampak, penyebab, dan sejarah dari epidemi dan organisme menular. Profesi ini meneliti dan mencari tahu faktor-faktor seperti lingkungan, kebiasaan, makanan, kondisi tempat tinggal, serta genetik yang memengaruhi kerentanan seseorang pada penyakit tertentu.

7. Operator Kimia

Seorang operator kimia bertanggung jawab mempertahankan dan mengendalikan mesin-mesin berat untuk tumbuhan kimia. Profesi ini juga bertugas membuat laporan proyek terkait identifikasi mesin, material kimia, dan teknologi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek. Tambahan lagi, operator kimia memiliki tugas menimbang, menyortir, dan mencampurkan bahan-bahan kimia untuk menghasilkan reaksi kimia dalam lingkungan yang aman dan terkendali.

Itulah berbagai peluang karier yang bisa ditempuh oleh lulusan bioteknologi. Unik dan menarik, ya? Kira-kira, manakah profesi yang paling sesuai minatmu?

Apa pun profesi yang kamu pilih, pastikan untuk berkuliah di kampus yang tepat. Hal ini karena pilihan kampus akan menentukan karier yang akan ditempuh ke depannya. Jika bingung menentukan, kamu bisa daftarkan diri ke BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera.

Universitas bergengsi di Alam Sutera ini menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari pendidikan berkualitas tinggi, fasilitas penunjang nan mutakhir, komunitas yang aktif berinovasi, hingga peluang berkarier di mancanegara. Kamu pun bisa memperoleh wawasan yang lebih luas jika berkuliah di jurusan Biotechnology di BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera.

Tertarik? Yuk, langsung daftar ke BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera!