Harus Tahu, Ini 5 Jurusan Kuliah yang Bisa Cepat Kerja Setelah Lulus

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan terpenting dalam hidup. Selain minat, prospek kerja setelah lulus juga menjadi pertimbangan penting. Di era yang serba kompetitif ini, banyak orang ingin mendapatkan pekerjaan yang cepat dan sesuai dengan passion mereka.

Berita baiknya, ada beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang lebih besar dan terbuka lebar bagi para lulusannya. Jurusan-jurusan ini umumnya memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan di berbagai bidang.

Jurusan Kuliah yang Bisa Cepat Kerja Setelah Lulus

Memilih jurusan kuliah yang tepat dapat membantu kamu mencapai tujuan karier dan keuangan dengan lebih cepat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jurusan apa saja yang termasuk dalam kategori “cepat kerja” ini. Berikut daftarnya: 

1. Akuntansi

Berada di urutan pertama, kamu bisa memilih kuliah di Jurusan Akuntansi. Jurusan yang erat kaitannya dengan bidang keuangan ini seperti tidak pernah mati. Kebutuhannya di bursa kerja juga sangat tinggi. Sebab, setiap perusahaan harus mampu mengelola sekaligus mengatur keuangan, dan seorang akuntan memiliki ilmu pengetahuan dan keahlian untuk melakukan tugas tersebut. 

2. Teknik Industri

Berikutnya adalah jurusan teknik industri. Jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang industri, tetapi semua hal lain yang masih berkaitan dengan aspek tersebut. Misalnya, keselamatan kerja, kesehatan di lingkungan perusahaan, proses perancangan dan produksi, pengembangan sebuah produk, juga bagaimana merancang sebuah sistem. 

3. Bisnis dan Manajemen

Kian waktu, sektor bisnis mengalami perkembangan yang cukup signifikan, terlebih dengan masifnya teknologi berbasis digital. Pemerintah pun terus menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membuka bisnis sendiri. Tak hanya sekadar untuk meraup profit bagi diri sendiri, tetapi juga memberikan kesempatan lain dengan ketersediaan lapangan kerja. 

Kalau kamu berminat dan berencana untuk menjadi seorang pengusaha, maka jurusan satu ini wajib menjadi pilihan. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengelola sekaligus mengembangkan bisnis, menentukan strategi yang tepat, dan mengambil keputusan ketika dihadapkan pada berbagai risiko. 

4. Teknik Informatika

Mengingat pesatnya perkembangan teknologi membuat Teknologi Informatika menjadi salah satu jurusan kuliah dengan peminat terbanyak beberapa waktu terakhir ini. Pasalnya, perusahaan dituntut untuk beradaptasi secara cepat dengan teknologi, termasuk adanya konsep digitalisasi dan otomatisasi di semua sektor industri.

5. Ilmu Komputer

Terakhir, Jurusan Ilmu Komputer. Sama halnya dengan Teknik Informatika, jurusan satu ini juga mengalami peningkatan peminatan yang sangat signifikan. Seperti namanya, jurusan satu ini akan sering berhubungan dengan perangkat komputer, komputasi, perangkat lunak dan perangkat keras, dan program komputer. 

Bidang kerja yang membutuhkan lulusan Ilmu Komputer juga terbilang sangat luas. Kamu bisa mencoba berkarier baik di perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta. Pilihan kariernya termasuk pengembang website (web developer), pengembang permainan (game developer), programmer, pengembang aplikasi ponsel (mobile app developer), dan masih banyak lagi. 

Saat ini, ada banyak sekali perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang mempunyai Jurusan Ilmu Komputer. Salah satunya adalah School of Computer Science (SoCS) BINUS UNIVERSITY. Kamu bisa memilih satu dari banyak jurusan yang tersedia, termasuk Data Science, Computer Science, Game Application and Technology, Cyber Security, Artificial Intelligence, Computer Science & Statistics, Computer Science & Mathematics, dan Computer Science – Software Engineering. Jurusan-jurusan tersebut berada di lokasi kampus yang ada di BINUS @Kemanggisan, BINUS @Alam Sutera, BINUS @Bekasi, BINUS @Bandung, BINUS @Semarang dan BINUS @Malang.

Saat ini, bidang ilmu Computer Science & Information System di School of Computer Science BINUS UNIVERSITY berhasil meraih peringkat ke-2 dari 7 perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai bidang ilmu tersebut. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa BINUS UNIVERSITY terus mengukuhkan posisinya sebagai perguruan tinggi yang unggul dengan prestasi gemilang. 

Tak hanya itu, BINUS UNIVERSITY juga menawarkan Enrichment Program. Melalui program ini, BINUSIAN dapat #mulailebihawal ke dunia kerja cukup dengan 2,5 tahun kuliah. Ini artinya, kamu memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.

Program ini juga memberikan kesempatan bagi BINUSIAN untuk dapat menerapkan semua ilmu dan keahlian yang dimiliki sekaligus belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Sebelum itu, BINUSIAN juga dibekali dengan ilmu dan keterampilan dari tenaga pengajar dan praktisi berpengalaman, jadi kamu akan lebih siap untuk bersaing di dunia kerja global. Yuk, bergabung jadi BINUSIAN School of Computer Science di BINUS UNIVERSITY!