7 Pilihan Karier di Bidang Teknologi yang Menjanjikan dan Banyak Dicari

Di era digital yang kian berkembang pesat ini, teknologi telah menjelma menjadi elemen penting dalam kehidupan manusia. Perkembangannya yang kian masif secara nyata telah mengakibatkan perubahan yang sangat signifikan, terutama dengan munculnya teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) atau lebih akrab dengan sebutan AI. Hal ini tentu saja membuka gerbang peluang yang lebih luas lagi bagi kamu yang ingin memulai dan membangun karier di bidang teknologi.

Pilihan Karier di Bidang Teknologi yang Banyak Dicari

Kalau masih bingung menentukan jurusan kuliah, prospek karier yang cerah di sektor teknologi dapat menjadi pertimbangan tambahan untuk memilih, lo! Soal pilihan kariernya, berikut beberapa yang paling banyak dibutuhkan di industri teknologi: 

1. Game Designer

Sebagai game designer, kamu memiliki tanggung jawab utama untuk merancang konsep game, termasuk gameplay, cerita, dan karakter. Selain itu, kamu juga harus mampu membuat dokumen desain game yang berisikan informasi dan penjelasan tentang berbagai aspek dari game tersebut. Agar game yang dibuat selaras dengan tujuan dan visi yang kamu punya, kamu mungkin akan bekerja sama dengan game developer.

2. Software Engineers

Software engineer, atau insinyur perangkat lunak bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara perangkat lunak. Ini termasuk menganalisis kebutuhan pengguna, merancang arsitektur perangkat lunak, menuliskan kode dan bahasa pemrograman, menguji sekaligus menyebarkan dan melakukan pemeliharaan perangkat lunak. 

3. Machine Learning Engineer

Berkarier sebagai Machine Learning Engineer juga menawarkan prospek dan gaji yang sangat menjanjikan. Profesi ini sangat pas untuk kamu yang ingin berpartisipasi di industri dengan pergerakan yang cepat. 

Seorang Machine Learning Engineer akan memanfaatkan big data atau data masif untuk menciptakan sebuah algoritma yang sangat kompleks. Nantinya, algoritma tersebut akan dipakai untuk memprogram mesin sehingga dapat mengerjakan tugas layaknya manusia, misalnya asisten suara digital atau kemudi otomatis pada kendaraan roda empat. 

4. Cloud Engineer

Beberapa waktu belakangan ini, teknologi cloud computing atau komputasi awan menjadi salah satu hal krusial dan mutlak untuk semua tenaga profesional yang melakukan tugas maupun pekerjaan secara remote atau jarak jauh. Inilah alasan utama mengapa tak sedikit perusahaan yang mencari orang-orang yang memiliki keahlian di bidang ini. 

Seorang Cloud Engineer harus mampu membuat rencana, melakukan pemantauan, serta melakukan pengelolaan sistem berbasis awan di setiap organisasi. Contohnya Slack, Google Cloud, atau Microsoft 365. Selain itu, profesi ini juga menuntut keahlian yang berhubungan dengan penerapan infrastruktur, imigrasi proses, atau tugas lain yang berbasis cloud

5. Data Scientist

Kebutuhan perusahaan akan Data Scientist mengalami peningkatan yang cukup pesat. Profesi ini bertugas untuk melakukan pengumpulan, mengolah, memproses, melakukan analisis, dan menghadirkan data untuk perusahaan. Data ini selanjutnya akan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan terkait operasional bisnis. 

6. Full Stack Developer

Full stack developer memiliki keahlian untuk mengembangkan aplikasi web atau situs web secara keseluruhan,  dari front-end hingga back-end.  Berbeda dengan web developer yang fokus pada satu sisi, full stack developer harus menguasai berbagai bahasa pemrograman, framework, dan teknologi untuk membangun aplikasi yang lengkap dan fungsional.

7. Security Engineer

Security Engineer atau Ahli Keamanan Siber bertanggung jawab untuk melindungi sistem komputer dan jaringan dari serangan siber. Ini termasuk melakukan penilaian keamanan, merancang dan menerapkan solusi keamanan, mengonfigurasi dan mengelola perangkat keamanan, dan menanggapi berbagai bentuk insiden keamanan. 

Itu tadi beberapa pilihan karier di bidang teknologi yang menjanjikan dan paling banyak dicari. Kalau kamu berminat untuk menjadi salah satunya, pastikan kamu memilih jurusan kuliah yang tepat. School of Computer Science (SoCS) BINUS UNIVERSITY dapat menjadi salah satu rekomendasi terbaiknya. 

SoCS BINUS UNIVERSITY memiliki banyak pilihan jurusan, seperti Artificial Intelligence (AI), Cyber Security, Data Science, Game Application & Technology, Computer Science, Computer Science & Statistics, Computer Science & Mathematics, dan Computer Science-Software Engineering. Bahkan, bidang ilmu Computer Science dan Information BINUS UNIVERSITY berada di peringkat ke-2 dari 7 kampus di Indonesia dengan bidang ilmu ini. Jurusan-jurusan tersebut berada di lokasi kampus yang ada di BINUS @Kemanggisan, BINUS @Alam Sutera, BINUS @Bekasi, BINUS @Bandung, BINUS @Semarang dan BINUS @Malang.

Tak hanya itu, BINUS UNIVERSITY juga menawarkan Enrichment Program yang menawarkan keunggulan tersendiri dibandingkan dengan mahasiswa perguruan tinggi lainnya. Program ini membuat BINUSIAN dapat #mulailebihawal di dunia kerja dengan 2,5 tahun kuliah, memberikan kesempatan bagi BINUSIAN untuk mengaplikasikan ilmunya dan belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Menarik, bukan? Jadi, jangan ragu untuk kuliah di BINUS UNIVERSITY, ya!