Setiap kali ada penerimaan mahasiswa baru, jurusan Food Technology atau Teknologi Pangan (tekpang) menjadi salah satu yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Alasannya beragam mengapa jurusan ini menjadi jurusan primadona di kalangan siswa kelas XII. Utamanya adalah karena industri pangan akan selalu mengalami perkembangan, dan pangan sendiri merupakan kebutuhan paling mendasar bagi manusia.

Mengapa Harus Memilih Jurusan Food Technology?

Jurusan Food Technology

Melansir dari berbagai sumber, berikut tujuh alasan utama mengapa harus memilih jurusan Food Technology atau Teknik Pangan.

1. Memenuhi kebutuhan sektor pangan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pangan adalah kebutuhan pokok manusia. Sebab itu, industri yang bergerak di bidang pangan akan selalu mengalami pertumbuhan. Makin berkembang industri ini, makin besar pula kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang teknologi pangan. Oleh sebab itu, kuliah di jurusan Food Technology dapat membuka peluang karier di sektor industri yang terus berkembang ini.

2. Prospek kerja menjanjikan

Masih berkaitan dengan poin pertama, lulusan jurusan Teknik Pangan memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Banyak produsen makanan, tak hanya manufaktur pangan, yang membutuhkan tenaga ahli dari lulusan Teknik Pangan untuk melakukan berbagai kegiatan. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah mengembangkan produk pangan, memperbaiki kualitas produk pangan, dan menjamin keamanan produk pangan hingga sampai ke konsumen.

Lebih lanjut, lulusan program pendidikan Teknik Pangan bisa bekerja di industri swasta nasional hingga multinasional, tergantung keterampilan. Selain itu, lulusan tekpang juga bisa mendapatkan peluang untuk bekerja di instansi pemerintah, seperti Departemen Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

3. Bisa terus mengembangkan kreativitas

Bagi calon mahasiswa yang senang melakukan eksperimen, terutama berkaitan soal pangan, jurusan Food Technology merupakan jalan yang tepat untuk terus mengembangkan kreativitas. Lulusan tekpang memiliki peluang untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam riset teknologi yang berhubungan dengan pangan.

Di sisi lain, lulusan tekpang juga dibekali modal keterampilan dan pengetahuan untuk berwirausaha di bidang pangan. Jadi, meskipun tidak bekerja di manufaktur atau instansi pemerintahan, lulusan tekpang berpeluang untuk memulai bisnisnya sendiri di bidang makanan dan minuman.

4. Bisa berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat

 Jurusan Teknologi Pangan adalah salah satu jurusan yang tepat bagi mereka yang ingin berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat. Dalam program pendidikan ini, mahasiswa akan diajak untuk mempelajari cara membuat produk pangan yang aman dan sehat untuk masyarakat. Mereka juga akan belajar tentang komposisi yang aman dikonsumsi oleh masyarakat serta cara produksi yang benar dan aman bagi pekerja manufaktur serta konsumen.

5. Mendapat dukungan dari pemerintah

Pemerintah Indonesia senantiasa mendorong perkembangan teknologi pangan dalam negeri agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan akses pangan yang mudah. Hal ini bisa dilihat dari adanya program-program pemerintah yang memberikan pelatihan atau beasiswa di bidang teknologi pangan. Di samping itu, pemerintah juga giat mendukung kemajuan industri makanan dengan cara menerapkan inovasi-inovasi baru dalam produksi makanan.

6. Peluang untuk berkarier di luar negeri

Jurusan Teknologi Pangan juga menjadi jalan bagi mahasiswa yang ingin berkarier di luar negeri. Tak sedikit perusahaan makanan internasional yang memerlukan sumber daya manusia yang ahli di teknologi pangan. Tujuannya tentu saja adalah untuk mengembangkan produk baru sekaligus meningkatkan keamanan produk makanan untuk konsumen.

7. Tersedia di banyak perguruan tinggi

Alasan lain mengapa harus memilih jurusan Food Technology adalah karena banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ini. Tidak hanya universitas negeri, universitas swasta ternama seperti BINUS pun juga membuka jurusan Teknologi Pangan. Hal ini memudahkan calon mahasiswa untuk memilih kampus yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas di bidang teknologi pangan.

Bagaimana, tertarik untuk mengambil jurusan Food Technology? Seperti yang sudah dijelaskan, jurusan Teknologi Pangan dapat menjadi jalan yang tepat untuk berkarier di industri pangan, berwirausaha, maupun berkontribusi dalam inovasi dan riset. Pasalnya, pangan adalah kebutuhan pokok manusia dan industri pangan akan selalu berkembang.