Prestasi Mahasiswi Finance BINUS di International Youth Excursion Network #3 Chapter Kuala Lumpur, Malaysia

 

Grisherra Valeryandra, mahasiswi Finance Program BINUS University BINUSIAN 2024 bersama tim yang beranggotakan pemuda-pemuda dari berbagai penjuru Indonesia berhasil meraih Juara 1 kategori Best Video Innovation pada International Youth Excursion Network #3 Chapter Kuala Lumpur, Malaysia yang diadakan oleh Indonesian Youth Excursion Network (IYEN) pada tanggal 23 – 26 April 2024. Grisherra dan tim mengusung inovasi digital bernama “BLUETAIN+”, aplikasi BLUETAIN+ mendukung konsep blue ekonomi untuk mempercepat pencapaian SDGs (khususnya SDGs 1 – 5, 7- 14 serta SDGs 17) dengan memanfaatkan teknologi AI dan AR. BLUETAIN+ berfokus pada memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai pemanfaatan potensi sumber daya laut Indonesia serta berkomitmen meningkatkan kesejahteraan dan mewadahi masyarakat lokal terutama komunitas pesisir dalam segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan kelautan.

“Kemenangan ini juga dikarenakan dapat banyak ilmu di BINUS dan berhasil saya implementasikan setiap lomba. Bahkan teman-teman Univ lain juga mengakui. Kami banyak dapat pujian karena Business Model Canvas (BMC) kami lengkap, konsep BMC saya ambil dari yang matakuliah Entrepreneurship yang ada di BINUS”, ujar Grisherra. Selain meraih Juara 1 Best Video Innovation, Grisherra juga menjadi kandidat terbaik yang lolos menjadi awardee Fully Funded!

Beberapa tahapan dilalui oleh Grisherra untuk memperoleh prestasi membanggakan tersebut:

Tahapan pertama ada tes tertulis (ini tahapan registrasi), soalnya sebanyak kurang lebih 40 berkaitan dengan SGD’s dan negara malaysia (wawasan kebangsaan Malaysia)

Tahap 2 merupakan 40 besar (khusus fully funded) ada FGD (Forum Group Discussion), pada FGD tersebut para kandidat membahas tentang Youth Led Digital Innovation

Tahap 3 pengumuman fully funded, special funded, dan delegasi resmi yang mewakili Indonesia dengan total 90 orang delegasi

Dan pada tahap 4 mulai pembentukkan tim dan selama 1 bulan para peserta bekerja sama dengan mahasiswa dari berbagai univ di Indonesia untuk membuat sebuah bisnis model yang nanti akan dipresentasikan (pitching) ke juri (praktisi) dari Malaysia. 1 tim ini Grisherra bersama 7 orang dari berbagai universitas mulai dari universitas diponegoro, univesitas jember, halu oleo, lambung mangkurat, universitas riau.

Acara berlangsung 4 hari 3 malam (26 – 29 April 2024) berisikan latihan presentasi, university visit, city exploration (bertujuan untuk menambah insight business project) dan membuat video project.

Dikutip dari LinkedIn Indonesian Youth Excursion Network, Indonesian Youth Excursion Network (IYEN) adalah program kepemudaan internasional yang menyelenggarakan Youth Excursion di Malaysia. Program ini dirancang khusus untuk pemuda dan pemudi yang ingin memperluas wawasan mereka melalui pengalaman belajar di luar negeri, dengan memberikan peserta kesempatan untuk memahami budaya, sejarah, dan kehidupan sehari-hari di negara lain, sambil memperoleh pengetahuan baru dan membangun jaringan sosial dengan peserta lainnya. IYEN memberikan delegasi waktu untuk mendapatkan pengalaman yang berharga tanpa memakan waktu terlalu lama sehingga cocok untuk pemuda yang memiliki keterbatasan waktu. Selain itu, melalui program ini, mengimplementasikan berbagai program berkelanjutan dan konsep kreatif beberapa di antaranya termasuk program-program seperti, Conference, Student Exchange, dan Creativity Camp. Indonesian Youth Excursion Network (IYEN) Secara Resmi Mendapatkan Legalitas. Berdasarkan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0024419.AH.01.04.Tahun 2022 Secara Sah Berbadan Hukum Sejak 2 Desember 2022 Yang Berkedudukan Di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.