Prinsip Dasar Desain, Calon Mahasiswa Jurusan Desain Wajib Tahu!Pic by Freepik

Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah desain. Desain dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, baik untuk fungsionalitas maupun seni. Bagi kamu yang tertarik berkuliah di jurusan desain, penting untuk memahami prinsip dasar desain termasuk manfaat dan jenis-jenisnya.

Secara umum, desain merupakan rencana yang dilakukan sebelum sebuah objek, struktur, komponen, atau sistem dibuat. Ada juga yang menyebut bahwa desain adalah proses merencanakan atau merancang sebuah objek agar objek tersebut punya fungsi, nilai estetika, serta manfaat bagi manusia.

Fungsi Desain

Desain memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik dalam hal estetika, fungsionalitas, maupun komunikasi. Berikut beberapa fungsi desain:

  • Estetika

Desain membantu menciptakan produk, ruang, dan visual yang indah dan menarik. Hal ini dapat meningkatkan rasa senang, nyaman, dan terinspirasi bagi pengguna. Desain yang estetis dapat membangun brand image yang kuat dan meningkatkan nilai jual produk atau layanan.

  • Fungsionalitas

Desain memastikan produk, ruang, dan sistem dapat digunakan dengan mudah, aman, dan efektif. Desain yang fungsional mempertimbangkan kebutuhan dan keterbatasan pengguna, sehingga menghasilkan produk atau layanan yang user-friendly.

  • Komunikasi

Desain membantu menyampaikan informasi, ide, dan pesan dengan jelas, ringkas, dan menarik. Desain yang efektif menggunakan elemen visual, tipografi, dan layout yang tepat untuk menyampaikan pesan kepada target audience.

  • Pemecahan Masalah

Desain dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi yang kreatif dan inovatif. Desainer menggunakan proses design thinking untuk memahami masalah, mencari ide, dan mengembangkan solusi yang efektif.

  • Edukasi

Desain dapat digunakan untuk mendidik dan menginformasikan masyarakat tentang berbagai topik. Desain yang edukatif menggunakan visual, teks, dan multimedia yang menarik untuk membantu orang belajar dan memahami informasi.

Prinsip Dasar Desain

Prinsip desain adalah panduan dasar yang membantu desainer dalam menciptakan desain yang efektif, estetis, dan fungsional. Prinsip-prinsip ini membantu desainer dalam mengatur elemen-elemen desain dan mencapai tujuan desain yang diinginkan. Berikut beberapa prinsip dasar desain yang umum digunakan:

  • Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan dalam desain berarti mendistribusikan elemen-elemen desain secara merata dan proporsional. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti keseimbangan simetris, keseimbangan asimetris dan keseimbangan radial.

  • Kontras (Contrast)

Kontras dalam desain berarti menciptakan perbedaan antara elemen-elemen desain untuk menarik perhatian dan membuat desain lebih mudah dibaca. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti perbedaan warna, perbedaan ukuran, perbedaan bentuk serta perbedaan tekstur.

  • Penekanan (Emphasize)

Penekanan dalam desain berarti menarik perhatian ke elemen desain tertentu yang ingin ditonjolkan. Misalnya, desainer dapat menggunakan ukuran yang lebih besar untuk elemen desain yang ingin ditonjolkan. Bisa juga dengan menggunakan warna yang lebih cerah atau mencolok untuk elemen utama dalam sebuah desain.

  • Kesatuan (Unity)

Kesatuan dalam desain berarti menciptakan hubungan antara elemen-elemen desain agar terlihat koheren dan harmonis. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti dengan cara pengulangan pola, kedekatan, aliran hingga kesamaan tertentu.

  • Hirarki (Hierarchy)

Hirarki dalam desain berarti mengatur elemen-elemen desain berdasarkan kepentingannya. Hal ini membantu pengamat untuk memahami informasi yang paling penting terlebih dahulu. Hirarki bisa didapatkan dengan berbagai cara misalnya dengan menggunakan ukuran yang lebih besar atau warna yang lebih cerah untuk elemen desain yang lebih penting.

Apa Saja Contoh Desain?

Desain hadir hampir di semua aspek kehidupan kita. Barang-barang elektronik yang kita gunakan, awalnya adalah desain. Begitu juga dengan pakaian hingga kendaraan. Beberapa contoh desain antara lain adalah desain interior, desain pakaian, desain website, desain kemasan produk dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk mendalami desain dan berkarier di bidang ini? Kamu bisa bergabung dengan School of Design dari BINUS University. Kamu bisa memilih berbagai program studi mulai dari DKV Animation (BINUS @Alam Sutera, BINUS @Kemanggisan), DKV Creative Advertising (BINUS @Kemanggisan), DKV New Media (BINUS @Alam Sutera, BINUS @Kemanggisan), Film (BINUS @Alam Sutera), hingga Interior Design (BINUS @Kemanggisan dan BINUS @Malang).

Bersama BINUS University yang telah menyandang status akreditasi A kamu bisa meraih karier lebih awal melalui jalur program enrichment yang diselenggarakan setelah 2,5 tahun masa perkuliahan. Melalui program ini, kamu berkesempatan untuk mencoba terjun langsung ke dunia kerja yang sesungguhnya. #MulaiLebihAwal dengan menemukan desain apa yang ingin kamu dalami dan daftarkan dirimu segera!