Jurusan Desain Terbaik, Simak Pilihannya!Pic by Freepik

Tertarik mendalami bidang desain? Simak berbagai pilihan jurusan desain yang menarik untuk dipelajari dalam artikel berikut ini!

Desain merupakan proses untuk membuat dan menciptakan sebuah objek baru. Adanya desain dapat membantu kita untuk memahami informasi dengan lebih mudah, meningkatkan kualitas hidup dengan menciptakan produk, ruang, dan sistem yang fungsional dan nyaman digunakan. Desain juga berkaitan dengan estetika yang bisa menciptakan rasa senang bagi yang melihatnya.

Dengan berbagai kegunaannya dalam keseharian, peluang karier di bidang desain akan terus meningkat. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan peluang ini adalah dengan memilih jurusan desain terbaik di perguruan tinggi. Dengan bekal pendidikan yang mumpuni, kamu akan menjadi desainer yang memiliki karier cerah serta bermanfaat bagi masyarakat. 

Pilihan Jurusan Desain Terbaik

Lantas, apa saja pilihan jurusan desain terbaik? Simak berbagai opsinya berikut ini!

DKV Animation

Jika kamu memiliki minat dalam menggambar dan menikmati film animasi, mengapa tidak mempertimbangkan langkah untuk mengejar karier dalam pembuatan animasi yang berkualitas? Salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan adalah memilih jurusan DKV Animation di BINUS University.

Di program studi ini, kamu akan diperkenalkan dengan teknik terbaru dalam pembuatan animasi 3D. Namun, tidak hanya itu, kamu juga akan mendalami aspek estetika seni visual dan model bisnis yang relevan dengan industri animasi 3D. Lulusan dari program ini memiliki peluang karier yang luas, termasuk sebagai animator, motion graphic designer, 3D and visual FX artist, atau bahkan sebagai creativepreneur. Jurusan ini bisa kamu temukan di BINUS @Alam Sutera dan BINUS @Kemanggisan.

Desain Interior

Di jurusan yang tersedia di BINUS @Kemanggisan dan BINUS @Malang ini kamu akan menyelami seni dan ilmu merancang ruang interior, baik hunian, komersial, maupun publik. Kamu akan belajar tentang tata letak, pemilihan material, pencahayaan, dan estetika untuk menciptakan ruang yang fungsional, nyaman, dan indah.

Jurusan Desain Interior menawarkan beragam peluang karier, seperti menjadi Desainer Interior, Konsultan Desain, Space Planner, Visual Merchandiser, dan berbagai peran lainnya. Keunggulan jurusan ini terletak pada kemampuannya untuk mewujudkan ruang impian, baik itu untuk hunian, komersial, maupun publik. 

DKV Creative Advertising

Jurusan DKV Creative Advertising di BINUS UNIVERSITY (BINUS @Kemanggisan) menawarkan pembelajaran tentang desain komunikasi visual khususnya untuk periklanan. Selain teknik pembuatan, mahasiswa juga memahami proses perumusan ide kreatif dan bekerja dalam tim. Materi meliputi marketing, psikologi konsumen, copywriting, dan media.

Setelah lulus, kamu akan siap menghadapi berbagai tantangan dalam industri, memegang peran sebagai art director, creative designer, social media creative, copywriter, fotografer komersial & videografer, konsultan kreatif, dan lainnya. Program ini mempersiapkan mereka untuk berkarier dalam kampanye komersial dan industri kreatif secara luas.

DKV New Media

Kuliah di DKV New Media BINUS University membekali kamu dengan kemampuan untuk mengembangkan Desain Komunikasi Visual dalam berbagai konteks, termasuk desain digital, interaksi, dan media cetak. Ini memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi karier sebagai graphic designer, UI/UX designer, illustrator, photographer, art director, branding consultant, dan banyak lagi dalam industri kreatif digital dan cetak. Jurusan ini ada di BINUS @Alam Sutera dan BINUS @Kemanggisan.

Film

School of Design BINUS University di @Alam Sutera menawarkan Program Studi Film dengan fokus pada dua bidang: Film Production dan Film Studies. Terletak di Jalan Jalur Sutera Barat Kav. 21, Alam Sutera, Tangerang, program ini memberikan kurikulum yang mencakup estetika, pengetahuan budaya, keterampilan bisnis, dan teknis terkini dalam industri sinema. Lulusan memiliki peluang karier sebagai produser, sutradara, penulis naskah, kritikus film, akademisi, digital content creator, jurnalis film, atau film publicist.

Tips Memilih Jurusan Desain Terbaik

Dengan beragam program studi yang tersedia, ada beberapa tips penting yang bisa kamu gunakan untuk memilih jurusan yang paling sesuai dengan dirimu:

  • Kenali minat dan bakatmu. Apakah kamu lebih tertarik pada desain grafis, desain ruang, atau desain produk?
  • Riset prospek kerja. Cari tahu peluang kerja dan gaji di jurusan yang kamu pilih
  • Pelajari kurikulum dan fasilitas. Pastikan program studi sesuai minat dan memiliki fasilitas memadai
  • Pertimbangkan biaya kuliah. Sesuaikan pilihan dengan kemampuan finansialmu. Kamu juga bisa berburu beasiswa yang disediakan (baik oleh kampus atau pihak luar)
  • Lokasi universitas. Pilihlah universitas yang mudah diakses.

Itu dia berbagai pilihan jurusan desain terbaik yang bisa kamu pilih sekaligus tips memilih jurusan jika ingin mendalami dunia desain yang dinamis. Tertarik mengambil salah satunya? Program Studi yang ada di School of Design dari BINUS University adalah opsi terbaik yang tersedia untukmu.

School of Design yang telah terakreditasi A menyediakan beragam pilihan program studi dengan kurikulum yang relevan dan sesuai dengan perubahan zaman. BINUS University juga punya program enrichment yang memungkinkanmu untuk mulai lebih awal untuk berkarier setelah 2,5 tahun masa perkuliahan. 

Program enrichment dirancang untuk memastikan bahwa Binusian mendapatkan pengalaman yang terstruktur dan dapat menerapkan serta membandingkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah dengan situasi nyata yang mereka hadapi saat terlibat dalam kegiatan bersama perusahaan, mitra, atau komunitas.

Bergabunglah dengan School of Design dari BINUS University dan jadilah desainer masa depan dengan karier yang bersinar!