Teknologi informasi dan komunikasi (information and communications technology/ICT) sudah digadang untuk menjadi sektor dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara pada beberapa tahun ke depan. Pemerintah pun menaruh investasi yang cukup besar untuk mendorong pertumbuhannya. Mari kita simak bagaimana prospek sektor ini ke depannya!

Tren Sektor ICT di Asia Tenggara

Sektor ICT

Menurut pakar, sektor ICT mengalami perubahan yang cukup kompleks dalam beberapa tahun terakhir ini. Kondisi ekonomi global yang tidak stabil, ketegangan geopolitik, hingga bencana alam yang terjadi di seluruh dunia menyebabkan lesunya pertumbuhan sektor ini pada paruh pertama tahun 2023.

Inflasi dan gejala resesi global mengakibatkan penurunan daya beli konsumen, karenanya business-to-consumer (B2C) sektor pun melemah. Meskipun begitu, tidak bisa dimungkiri bahwa transformasi digital sudah tidak terbendung. Pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu mempercepat transisi ke sistem digital karena berbagai perusahaan menyadari manfaatnya. 

Menurut data terbaru, Asia Tenggara justru semakin meningkatkan investasinya di sektor ICT. Terdapat beberapa sub-sektor ICT yang diprediksi akan mendominasi Asia Tenggara di masa depan:

  • Automasi di bidang manufaktur
  • E-commerce
  • Teknologi cloud dan Internet of Things (IoT)
  • Mobilitas
  • Manajemen digital experience
  • Big data dan analytics dalam pemerintahan
  • Financial technology (fintech)
  • Keamanan digital
  • Koneksi 5G

Dalam beberapa tahun ke depan, konsumen Asia Tenggara diprediksi akan mengurangi pengeluaran di bidang ritel, konstruksi, pendidikan, dan bahkan layanan kesehatan. Meskipun begitu, sub-sektor ICT diprediksi akan mengalami peningkatan yang pesat, terutama yang terkait dengan bidang finansial.

Indonesia, sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, saat ini memprioritaskan digitalisasi di berbagai sektor industri. Pemerintah Indonesia memiliki tujuan besar, yaitu mendorong transisi dari “konsumen” menjadi “produsen dan pengekspor” digital. Pada tahun 2024, pengeluaran ICT Indonesia diestimasi akan mencapai AS$6 triliun.

Prospek Sektor ICT untuk Fresh Graduates

Sektor ICT

Mengingat pertumbuhan ICT yang sangat pesat di Indonesia dan Asia Tenggara, prospek karier di bidang ini pun terbuka lebar. Fresh graduates, terutama yang fokus pendidikannya adalah ICT, memiliki berbagai kesempatan karier seperti berikut:

1. Data science

Cabang karier ini berkutat pada analisis data untuk mengambil insight yang berguna dalam pengembangan bisnis, maupun industri secara keseluruhan. Kemampuan analisis data yang baik sangat diperlukan untuk sukses di dalam karier ini. Pekerjaan-pekerjaan terkait data science juga menawarkan kompensasi yang kompetitif.

2. Programming

Programming merupakan sebuah proses untuk mendesain instruksi agar komputer dapat melakukan tugas tertentu. Proses ini mencakup analisis, melakukan pembuatan algoritma, memastikan keakuratan algoritma, serta menerapkan program yang sudah dirancang. Ada berbagai macam spesialisasi dari karier programming.

3. Information security

Keamanan informasi menjadi semakin penting ketika semua hal sudah terdigitalisasi. Talenta di bidang keamanan informasi akan semakin dicari di masa depan, terutama untuk perusahaan-perusahaan. Tugas seorang  cybersecurity manager cukup beragam setiap harinya, mulai dari perawatan jaringan hingga penanggulangan serangan malware.

4. Software engineering

Software engineering merupakan sebuah studi yang fokus pada perancangan, pengembangan, dan perawatan piranti lunak (software). Sebuah percabangan dari programming, seorang engineer di bidang ini membuat software berkualitas yang menjawab kebutuhan orang-orang, namun dengan beberapa batasan, seperti budget dan waktu.

Memilih Program Pendidikan yang Tepat

Sektor ICT

Meskipun kesempatan berkarier di bidang ICT terbuka lebar, kompetisi sumber daya manusia di sektor ini pun tetap tinggi. Selain dasar ilmu yang memadai, seorang fresh graduate perlu memiliki pemahaman mengenai penerapan ICT di konteks nyata. Memilih program pendidikan yang tepat menjadi suatu keharusan.

Program Computer Science & Mathematics dari BINUS UNIVERSITY dirancang untuk mempersiapkan talenta global di bidang ICT. Lulusan program ini dilatih untuk menerapkan matematika komputasi di dalam berbagai industri, dengan tujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi bersama.

Tidak hanya itu, mahasiswa BINUS UNIVERSITY berkesempatan untuk mengembangkan diri di luar lingkup kelas melalui berbagai program tambahan. Mereka bisa mengikuti kegiatan magang atau meluncurkan proyek kewirausahaan sendiri.