Mass communication merupakan proses penyampaian informasi yang dilakukan melalui media massa. Berbeda dengan jenis komunikasi lainnya, mass communication melibatkan audiens dengan jumlah besar serta lembaga media untuk menyampaikan informasi secara offline maupun online. Apa saja karakteristik dan peran mass communication dalam masyarakat? Berikut ulasannya.

Karakteristik Mass Communication

Mass Communication

Pada dasarnya, ciri khas mass communication adalah informasi yang disebarkan ke khalayak dan dapat diakses oleh orang banyak. Untuk lebih memahaminya, berikut karakteristik mass communication yang perlu kamu ketahui.

  • Komunikator Terlembaga

Komunikator pada komunikasi massa mempunyai sifat melembaga sehingga dapat bergerak di organisasi kompleks. Pesan tersebut akan disampaikan pada komunikan (penerima informasi) melalui berbagai media massa, seperti radio, surat kabar, televisi, internet, majalah, buku, dan lainnya.

  • Pesan Bersifat Umum

Berbeda dengan pesan pribadi, pesan komunikasi massa bersifat umum karena memang ditujukan ke banyak individu atau khalayak ramai. Tak heran apabila proses mass communication berjalan secara terbuka ke seluruh penjuru. Umumnya, informasi yang disampaikan mengandung berita penting dan fakta menarik untuk berbagai lapisan masyarakat.

  • Komunikan Bersifat Heterogen dan Anonim

Komunikan komunikasi massa bersifat heterogen dan anonim. Hal ini tak lepas dari penyampaian pesan secara umum dan terbuka yang dilakukan ke khalayak umum tanpa membedakan satu sama lain. Khalayak umum sendiri berisikan kumpulan individu yang berbeda jenis kelamin, ras, adat dan budaya, usia, dan strata sosial. 

  • Bersifat Satu Arah

Komunikasi massa juga sifat satu arah. Artinya, komunikasi antara komunikan dan komunikator berlangsung tanpa harus bertatap muka. Lantaran hal ini, informasi yang disampaikan komunikan tidak bisa direspons langsung oleh khalayak. 

  • Umpan Balik Tertunda

Lantaran tidak berkomunikasi langsung, komunikan tidak mengetahui reaksi maupun umpan balik yang diberikan oleh khalayak pada saat informasi dirilis.  

Peran Mass Communication Di Masyarakat 

Mass Communication

Mass communication menyediakan informasi mengenai kondisi dan peristiwa yang terjadi di dalam masyarakat. Adanya komunikasi massa membuat informasi lebih cepat tersebar. Bahkan, ke kota kecil dan pelosok desa. Supaya lebih jelas, berikut sejumlah peran mass communication dalam masyarakat. 

  • Pengawasan

Komunikasi massa berperan dalam memberikan informasi sekaligus menjadi mata dan telinga bagi masyarakat. Hal ini memudahkan khalayak umum untuk mengakses segala informasi penting dengan cepat dan mudah. 

Selain itu, masyarakat juga lebih mudah mengawasi kemungkinan yang akan terjadi. Misalnya: informasi mengenai cuaca ekstrem yang akan melanda Indonesia selama beberapa bulan. Berbekal informasi ini, masyarakat bisa mempersiapkan diri sekaligus mengantisipasi segala kemungkinan.

  • Persuasi

Tak dapat dimungkiri bahwa mass communication memiliki pengaruh besar dalam pembentukan opini publik. Apa yang dipercaya dan diyakini publik tergambar sesuai dengan media massanya. Lantaran hal ini, kamu harus berhati-hati dalam menerima informasi. Selalu lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa informasi tersebut adalah fakta, bukan sekadar opini atau hoaks semata. 

  • Penyebaran

Di era modern, keberadaan media sosial sangat membantu peran komunikasi massa dalam penyebaran informasi. Kini, hanya berbekal akses internet, siapa pun bisa mendapatkan berita terbaru secara real time. Penyebaran informasi ini secara tidak langsung juga bersifat menularkan. Ketika informasi tersebut berisikan anjuran penggunaan masker selama kualitas udara buruk, sebagian besar masyarakat cenderung akan mengikutinya. 

  • Hiburan

Mass communicaton juga memiliki peran dalam menghibur khalayak. Di radio, televisi, maupun live streaming, terdapat acara musik, komedi, sinetron, maupun film yang berisikan pesan menghibur. Dibandingkan peran komunikasi massa lainnya, peran hiburan yang paling terasa dan memiliki dampak besar positif terhadap penerimaan masyarakat.

Mengingat pentingnya mass communication dalam menjalankan bisnis maupun di dalam masyarakat, ada baiknya untuk mempelajarinya secara mendalam. Jurusan Mass Communication BINUS UNIVERSITY bisa kamu jadikan sebagai pilihan terbaik. Di kampus ini, kamu akan bertemu pengajar hebat dan fasilitas kampus lengkap untuk mendukung kesuksesan studi. Bersama BINUS UNIVERSITY, jadilah unggul dan raih cita-citamu!