Sebagian orang mungkin beranggapan jalur karier yang bisa diambil oleh lulusan jurusan sastra hanyalah sektor yang berkaitan dengan sastra. Ternyata anggapan ini salah, lho. Dengan keahlian di bidang penulisan dan retorika, kamu bisa menerapkan keahlian tersebut di berbagai sektor. 

Pasalnya, jurusan sastra tidak hanya membedah karya sastra. Mahasiswa sastra juga terampil dalam mengekspresikan ide dan berkomunikasi dengan efektif. Ditambah lagi, selama kuliah mereka terbiasa  mengasa kemampuan membaca analitis dan berpikir kritis. 

Dengan berbekal skill ini, ada banyak prospek karier menarik untuk lulusan sastra. Berikut di antaranya.

5 Prospek Karier Jurusan Sastra, Gajinya Tak Main-main

1. Penerjemah dan Interpreter

Prospek karier jurusan sastra selanjutnya adalah menjadi penerjemah (translator) dan juru bahasa (interpreter). Kedua profesi ini membantu komunikasi antara pihak-pihak yang berbicara dalam bahasa berbeda. Bedanya, translator bertugas menerjemahkan teks tertulis, seperti buku dan dokumen. Sementara itu, interpreter menerjemahkan percakapan secara langsung. 

Jangan salah, meski “hanya” mengalihbahasakan dokumen maupun percakapan, penghasilan mereka tak main-main, lho. Sebagai informasi, acuan tarif terjemahan teks sesuai standar HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) berkisar antara Rp250.000-Rp450.000 per halaman.

Bagaimana dengan interpreter? Umumnya upah interpreter dihitung per jam, dengan acuan tarif sekitar Rp4.000.000-Rp8.000.000 per jam.

2. Penulis (Scriptwriter, Copywriter)

Lulusan sastra tidak hanya bisa menjadi penulis buku, tetapi juga bisa menjadi penulis naskah (script writer) hingga copywriter. Buat kamu yang jago mengarang cerita, kamu bisa menekuni profesi sebagai script writer. Kalau passion kamu di bidang marketing dan advertising, karier sebagai copywriter juga tak kalah menarik.

Biasanya script writer dibayar berdasarkan proyek dan besarannya berbeda-beda. Melansir Campuspedia, script writer bisa memperoleh penghasilan antaran 20 juta hingga 200 juta rupiah untuk proyek film.

Sementara itu, menurut data Indeed, penghasilan rata-rata copywriter mencapai 6,8 juta rupiah. Namun, kamu bisa memperoleh penghasilan lebih tinggi apabila bekerja untuk perusahaan internasional. Menurut data ZipRecruiter, rata-rata gaji copywriter di Amerika Serikat mencapai sekitar $4.833 (Rp74,5 juta) hingga $7.208 (Rp111 juta), lho. 

3. Editor

Jika penulis bertanggung jawab menghasilkan tulisan, editor bertugas merapikan tulisan tersebut. Jadi, di mana ada profesi penulis, pasti di situ ada juga profesi editor. Oleh karena itu, pekerjaan editor tidak hanya di industri penerbit saja, tetapi juga di sektor jurnalisme, akademisi, bahkan periklanan dan marketing. 

Gaji editor buku di Indonesia umumnya berkisar antara Rp4-9 juta per bulan. Adapun gaji editor di industri digital umumnya lebih besar apalagi kalau kamu bekerja di perusahaan skala besar. Menurut Indeed UK, gaji rata-rata untuk copy editor mencapai £24.493 per tahun atau setera dengan Rp480juta.

4. Paralegal

Paralegal adalah tenaga professional hukum yang memiliki keterampilan hukum tetapi bukan pengacara. Tugasnya adalah mendukung pengacara dan membantu kelancaran kasus hukum klien. Contohnya seperti menyusun dokumen, mengelola file, melakukan penelitian, dan memanggil saksi hukum.

Menurut Grab Jobs, rata-rata gaji paralegal di Indonesia adalah Rp85.000.000 per tahun. Adapun di luar negeri gaji paralegal bisa mencapai $73.000 per tahun. 

5. Manajer Media Sosial

Per Oktober 2023, Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbanyak keempat di dunia dengan 104,8 pengguna. Itu baru di satu platform media social. Belum lagi platform lainnya seperti Facebook, Twitter (X), dan TikTok.

Karena itulah, brand-brand kecil maupun besar kemudian membuat akun media social sebagai bagian dari strategi marketing. Nah, yang bertanggung jawab mengelola akun social mereka adalah social media manager. 

Melansir Arkademi, gaji Social Media Manager di Indonesia berkisar dari Rp5.000.000 hingga Rp20.000.000 per bulan. Lumayan, kan?

Itulah sejumlah karier lulusan jurusan sastra yang gajinya menggiurkan. Ya, jurusan ini memang membuka pintu untuk membangun berbagai peluang karier menarik. Jadi, jangan ragu untuk mengejar passion dan menggali potensi yang kamu miliki di jurusan sastra. 

Nah, kalau kamu sedang cari kampus, BINUS UNIVERSITY @Kemanggisan bisa jadi pilihan. Di sini ada jurusan English Literature dan Japanese Literature dengan akreditasi A. Menariknya lagi, di BINUS @Kemanggisan ada fasilitas BINUS Career Center (BCC) yang siap bantu kamu untuk membangun karier impian. Yuk, gabung dengan BINUS UNIVERSITY!