5 Tips Sukses Berkarier di Jurusan DKV New Media

Beberapa waktu terakhir, jurusan seni kreatif sedang sangat diminati. Apa lagi kalau bukan karena peluang kariernya yang sangat luas, dengan gaji yang bisa dibilang sangat menjanjikan. Namun, bicara soal seni kreatif, sebenarnya ada banyak jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah Visual Communication Design (DKV) – New Media. 

Singkatnya, DKV New Media merupakan cakupan dari program studi Desain Komunikasi Visual dengan penerapan yang lebih mengarah pada pemakaian media baru (new media). Media baru ini mengacu pada berbagai sarana yang telah mengusung teknologi digital. Kamu akan mempelajari desain yang ada pada media cetak, website, maupun media interaktif.

Tips Sukses Berkarier di Jurusan DKV New Media

Nantinya, pembelajaran yang berhubungan dengan DKV New Media bisa kamu aplikasikan pada desain publik, tipografi, branding, fotografi, dan lainnya. Program studi ini sangat pas buat kamu yang senang berkomunikasi secara visual, inovatif, dan kreatif. Nah, kalau kamu ingin sukses berkarier setelah lulus dari jurusan DKV New Media, simak tipsnya berikut ini.

Penguasaan hard skill

Pertama, menguasai beberapa hard skill sebagai desainer lulusan Visual Communication Design New Media, seperti:

  • Typography. Kemampuan ini membuat kamu lebih mudah saat memadukan jenis dan ukuran huruf (font) sehingga nyaman dilihat dan dibaca oleh orang lain.
  • Software grafis. Termasuk Illustrator, Adobe Photoshop, InDesign, atau aplikasi desain grafis lainnya yang sejenis untuk menghasilkan desain yang menarik dan unik. 
  • Keahlian ilustrasi. Meski perkembangan digital membuat desain menjadi lebih mudah, keahlian ilustrasi juga menjadi nilai lebih. Sebab, kamu bisa membuat desain menjadi lebih orisinal dan punya daya tarik tersendiri.
  • Pemahaman desain interaktif dan sosial media. Hal ini bisa membantu kamu membuat desain yang apik dan sesuai dengan perkembangan user yang sedang tren. 

Pemahaman soft skill

Sementara itu, beberapa soft skill yang sebaiknya kamu asah untuk bisa melakukan semua tugas dan tanggung jawab dengan baik, yaitu: 

  • Kreativitas. Kamu harus memiliki kreativitas tinggi dan mampu berpikir lebih maju atau out of the box untuk menghasilkan karya yang unik. 
  • Tekun dan disiplin. Sebab, sebagian besar pekerjaan yang berhubungan dengan desain memiliki deadline yang ketat. 
  • Komunikasi yang baik. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan kamu memahami keinginan klien, tim, dan pemangku kepentingan di organisasi. 
  • Imajinatif. Tak kalah pentingnya, karena imajinasi akan membuat kamu bisa membuat berbagai karya yang menarik. 

Buat portofolio yang menarik

Selama kamu menempuh studi atau bekerja, kumpulkan karya-karya terbaik yang pernah kamu buat menjadi suatu portofolio yang unik dan menarik. Nantinya, ini akan menjadi senjata terbaik untuk kamu mencari pekerjaan dengan penawaran yang lebih tinggi. Pastikan portofolio yang kamu berikan menunjukkan kualitas dan keahlian yang kamu punya. Sertakan pula proyek yang pernah kamu kerjakan. 

Terus berlatih

Selama menempuh studi di jurusan Visual Communication Design New Media, jangan pernah puas hanya belajar teori. Cari proyek-proyek menarik dan tantangan baru yang bisa mengasah keahlian yang kamu punya. Selain itu, teruslah berlatih menggunakan alat dan perangkat desain serta belajar hal yang baru sehingga keahlianmu terus terasah. 

Perluas jaringan dan lakukan kolaborasi

Tak kalah pentingnya, perluas jaringan dan lakukan kolaborasi. Baik dengan teman seangkatan, rekan kerja, dosen, hingga hubungan profesional dalam industri desain dan digital. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kelas, konferensi, atau seminar desain. Melakukan kolaborasi dengan pihak yang mempunyai minat dan ide yang sama akan semakin menambah wawasan.

Itu tadi kiat-kiat sukses berkarier sebagai lulusan Visual Communication Design – New Media yang bisa kamu coba terapkan. Kalau kamu tertarik dengan dunia desain dan kreatif di era digital, jurusan ini sangat pas menjadi pilihan. Mencari kampus terbaik? Tentunya BINUS UNIVERSITY. 

Tak hanya memiliki mata kuliah dan tenaga pengajar berkualitas, jurusan DKV New Media BINUS UNIVERSITY juga menawarkan berbagai program belajar yang mendukung BINUSIAN untuk menjadi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja berskala global. Jadi, jangan ragu untuk belajar DKV New Media di BINUS UNIVERSITY, ya! Yuk, daftarkan diri kamu sekarang!