BINUS UNIVERSITY

    ENRICHMENT TRACK SPECIFIC INDEPENDENT STUDIES, PROGRAM UNGGULAN BINUS UNIVERSITY

    Tantangan global untuk menyongsong revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 ke depannya akan menjadi makin kompleks. Untuk menghadapi tantangan tersebut, BINUS UNIVERSITY menerapkan beberapa program unggulan, salah satunya adalah Micro Credentials Track. Program Micro Credentials ini ditawarkan kepada mahasiswa BINUS UNIVERSITY melalui program Enrichment Track Specific Independent Studies.

    SPECIFIC INDEPENDENT STUDIES
    Sumber : Binus

    Program Micro Credentials BINUS UNIVERSITY

    Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang seluruh perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, untuk menyelenggarakan program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI). Akan tetapi, izin penyelenggaraan hanya akan diberikan kepada perguruan tinggi yang telah lolos serangkaian uji kelayakan terlebih dahulu.

    Dari ribuan perguruan tinggi yang mengajukan proposal, BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu perguruan tinggi yang dianggap layak menyelenggarakan program Micro Credentials. Dalam penyelenggaraanya, program ini diimplementasikan sebagai salah satu pilihan dalam Enrichment Track, yaitu Specific Independent Studies.

    Binusian bisa memilih mengikuti program Specific Independent Studies di semester 7 setelah menyelesaikan perkuliahan di kampus asli selama 2 tahun dan Mobility Program di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain selama setahun. Selain Micro Credentials, ada enam pilihan Enrichment Track lain yang bisa dipilih oleh mahasiswa:

    • Internship Track (Jalur Magang)
    • Community Development Track (Jalur Pemberdayaan Komunitas)
    • Study Abroad Track (Jalur Belajar di Luar Negeri)
    • Research Track (Jalur Penelitian)
    • Entrepreneur Track (Jalur Bisnis)
    • Further Studies Track (Jalur Studi Lanjut)

    Berbeda dengan keenam track lainnya yang rata-rata berlangsung selama 2 semester atau 1 tahun akademik, Specific Independent Studies Track berlangsung lebih singkat. ini dilaksanakan dalam bentuk kursus singkat (short course) selama delapan minggu dengan bobot setara dengan perkuliahan 3 SKS. Materi pun disampaikan secara virtual/daring/online sehingga mahasiswa bisa mengakses course dari mana saja.

    Sebagai bagian dari program inovatif unggulan BINUS UNIVERSITY, program Enrichment Track Specific Independent Studies menjadi bagian dari program (2+1)+1 yang diterapkan di semua kampus BINUS UNIVERSITY, baik di BINUS@Greater Jakarta, BINUS@Bandung, BINUS@Malang, maupun BINUS@Semarang. Artinya, Binusian yang berkuliah di kampus BINUS UNIVERSITY di luar area Jakarta pun tetap dapat mengikuti program ini.

    Testimoni Enrichment Track Specific Independent Studies

    Seperti dijelaskan sebelumnya, Binusian yang memasuki semester 7 dibebaskan untuk memilih salah satu dari 7 program Enrichment Track yang disediakan oleh pihak kampus. Lantas, bagaimana testimoni dari Binusian yang memilih Track Specific Independent Studies atau program Micro Credentials?

    Mahasiswi jurusan Accounting BINUS UNIVERSITY, Ocha Dwianggun Oktafianti, memberikan testimoninya setelah mengikuti program Enrichment Track Micro Credential atau Specific Independent Studies. “Menurut saya, dosen yang memberikan dan mengajarkan materi business development sudah sangat jelas dan sangat baik sehingga materi sangat mudah untuk dipahami,” terang Ocha setelah menyelesaikan course Business Development.

    “Kemudian dari sesi industri pun sangat baik dan relevan dalam menyampaikan materi,” lanjut Ocha, “yang tentunya berhubungan langsung dengan perusahaan sekaligus memberikan contoh langsung dari perusahaan mengenai topik business development.”

    Lebih jauh lagi, Ocha menjelaskan bagaimana Enrichment Track Micro Credentials yang dia ikuti memberinya pandangan bagaimana business development dipraktikkan oleh pelaku industri. Ocha juga menyatakan pengetahuan ini akan sangat berguna di masa yang akan datang.

    Testimoni lain datang dari Clarisa Izdiharjati, Binusian yang menimba ilmu di jurusan Management. Saat menceritakan pengalamannya mengikuti Business Development Course melalui program Micro Credentials, Clarisa mengatakan bahwa dosen serta pengajar industri dapat memberikan materi pembelajaran dengan sangat baik dan detail.

    “Dan di saat ada mahasiswa yang bertanya, dosen dan pengajar industri juga dapat menjawab pertanyaannya dengan baik sesuai dengan materi yang dibahas,” lanjut Clarissa. “Dari program ini saya juga sangat banyak mendapatkan ilmu baru yang dapat saya terapkan di dalam kehidupan saya dan pada dunia kerja saya nanti.”

    Clarisa juga berharap ke depannya akan sangat baik jika program Enrichment Track Specific Independent Studies selaku program Micro Credentials dari BINUS UNIVERSITY bisa terus dilanjutkan.