BINUS UNIVERSITY

    Program 2+1+1, Sistem Pembelajaran Inovatif yang Cuma Ada di BINUS, Apa Itu?

    Menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah salah satu upaya dalam memperoleh prospek kehidupan lebih baik di masa depan. Kamu dapat memilih tempat kuliah di mana saja sesuai dengan keinginan. Namun, jangan sampai salah pilih perguruan tinggi. Kamu perlu memastikan bahwa tempat kuliah yang dipilih mampu menghadirkan sistem belajar nyaman, menyenangkan, dan suportif. 

    UNIV BINA NUSANTARA memahami pentingnya sistem belajar nyaman, menyenangkan, dan suportif bagi para mahasiswa. Oleh karena itu, BINUS UNIVERSITY membangun program 2+1+1 untuk mendorong kenyamanan para mahasiswa selama proses belajar. Terlebih lagi, ada banyak pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan dari sistem belajar ini. 

    • Apa Itu Program 2+1+1 UNIV BINA NUSANTARA?

    UNIV BINA NUSANTARA

    Di perguruan tinggi lain, proses belajar para mahasiswa dilaksanakan dengan sistem konvensional. Mahasiswa mengikuti sesi belajar di dalam kelas selama 4 tahun dengan berbagai aktivitas pendukung, seperti praktik di laboratorium, magang, dan lain sebagainya. Namun, suasana yang berbeda diterapkan oleh BINUS UNIVERSITY lewat program 2+1+1.

    Skema belajar dalam program 2+1+1 dilakukan dengan mengikuti aktivitas kuliah selama 2 tahun di kampus asal. Selanjutnya, mahasiswa dapat memilih berkuliah di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain selama 1 tahun. Sebagai tambahan, BINUSIAN dapat mengikuti enrichment program selama 1 tahun. 

    Dalam praktiknya, program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY sebenarnya terbagi menjadi tiga program berbeda, yaitu: 

    • 1. Mobility Program

    Program pertama adalah Mobility. Kebijakan ini merupakan salah satu inovasi UNIV BINA NUSANTARA yang tidak akan kamu jumpai di perguruan tinggi lain. Melalui program ini, kamu berkesempatan untuk merasakan pengalaman kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain. BINUSIAN dapat mengikuti program ini setelah menginjak semester 5 dan berlangsung selama 1 tahun. 

    BINUSIAN yang berpartisipasi dalam Mobility Program dapat mengikuti pembelajaran yang sama meski berada di kampus BINUS UNIVERSITY kota lain. Sebagai contoh, BINUSIAN @Malang atau @Bandung berkesempatan untuk menghabiskan waktu belajar selama 1 tahun di BINUS @Greater Jakarta.

    Perlu diketahui, BINUS UNIVERSITY mempunyai jaringan kampus di tiga kota besar Indonesia, yakni BINUS @Bandung, @Malang, dan @Greater Jakarta. Khusus BINUS @Greater Jakarta, terdapat tujuh kampus yang bisa dimanfaatkan selama mengikuti Mobility Program, yaitu: 

    • BINUS Kampus Syahdan
    • BINUS Kampus Anggrek
    • BINUS Kampus Kijang
    • BINUS Kampus The Joseph Wibowo Center (JWC)
    • BINUS Kampus FX Senayan
    • BINUS @Alam Sutera
    • BINUS @Bekasi
    • 2. Minor Program

    Selanjutnya, ada pula Minor Program yang sifatnya opsional. BINUSIAN dapat memilih untuk mengikuti program ini atau memilih untuk streaming. Streaming dilakukan dengan memperkaya pengetahuan secara spesifik pada program studi tertentu yang menjadi representasi kebutuhan terkini. Selain itu, streaming dilakukan dengan upaya untuk memperdalam major yang dipelajari. 

    Berbeda dengan streaming, Minor Program merupakan upaya pengayaan dengan menggunakan pengetahuan serta keterampilan lintas disiplin. Mahasiswa dapat menjalani program ini bersamaan dengan Mobility Program dan memilih jurusan yang berbeda di kampus lain. Skema pembelajaran yang inovatif ini dapat mendorong kemampuan mahasiswa yang lebih luas, tidak terbatas hanya pengetahuan dari jurusannya. 

    • 3. Enrichment Program

    Terakhir adalah Enrichment Program, yang dapat diikuti oleh para mahasiswa saat memasuki semester ke 7. Program ini berlangsung selama satu tahun atau dua semester. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini bisa memilih enam jenis kegiatan, yaitu: 

      • Penelitian
      • Pengabdian Sosial
      • Merintis Usaha
      • Studi ke Luar Negeri
      • Magang Kerja
      • Further Study
    • Manfaat Program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY

    UNIV BINA NUSANTARA

    Keberadaan Program 2+1+1 UNIV BINA NUSANTARA mampu memberi pengalaman belajar yang berbeda dibandingkan dengan mahasiswa perguruan tinggi lain. Di samping itu, program ini juga mampu memberikan lima manfaat utama bagi para mahasiswa, yaitu: 

    • 1. Suasana belajar yang fresh

    Apa jadinya kalau kamu belajar di tempat yang sama selama 4 tahun kuliah? Bisa jadi, kamu bakal merasa bosan yang kemudian dapat mengganggu kualitas belajar. Kondisi seperti ini bisa kamu cegah saat berkuliah di BINUS UNIVERSITY. 

    Kamu punya kesempatan untuk mengikuti Minority Program ke kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain. Ditambah lagi, kamu punya banyak pertimbangan kampus yang bisa dipilih. Tidak hanya kampus BINUS @Greater Jakarta, tetapi bisa pula memilih BINUS @Malang dan @Bandung. 

    • 2. Kesempatan membangun jaringan yang luas

    Manfaat berikutnya dari Program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY adalah kesempatan membangun jaringan luas. Kamu tak hanya berkesempatan memiliki teman di kampus sendiri. Dengan adanya peluang belajar di kampus UNIV BINA NUSANTARA kota lain, kamu bisa memperbanyak teman. 

    Peluang memperluas jaringan tidak hanya bisa kamu dapatkan dari Mobility Program. Namun, kamu juga bisa memperoleh manfaat serupa saat berpartisipasi dalam Enrichment Program. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan relasi dari berbagai latar belakang. 

    Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau mempunyai jaringan sosial yang luas. Kamu dapat menjadikannya sebagai kesempatan mengasah kemampuan komunikasi. Selain itu, jaringan pertemanan luas juga berguna sebagai sumber informasi. Tak ketinggalan, hal ini dapat membantu kamu untuk membuka peluang baru di masa depan. 

    • 3. Pengalaman belajar banyak hal baru

    Kesempatan mengikuti Program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY juga memberikan kamu peluang belajar berbagai hal baru. Berkaitan dengan Mobility Program, belajar kebiasaan dan budaya di tempat baru dapat membantu kamu beradaptasi lebih cepat. Dengan begitu, kamu tak akan mengalami gangguan berarti saat kuliah. 

    Selain itu, kamu juga bisa memperoleh pengetahuan baru dari Minor Program. Program ini memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk mempelajari program studi yang beda dengan pilihan jurusan. Kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk melengkapi keahlian yang telah dimiliki. 

    • 4. Persiapan menghadapi dunia kerja

    Selanjutnya, Program 2+1+1 juga dapat membantu para BINUSIAN agar lebih siap sebelum terjun ke dunia kerja. Kesiapan tersebut bisa kamu peroleh ketika memilih kegiatan magang kerja dalam Enrichment Program. Perlu kamu ketahui, ada banyak perusahaan terkemuka, baik nasional atau internasional yang telah melakukan kerja sama dengan BINUS UNIVERSITY. 

    • 5. Punya daya saing tinggi

    Terakhir, Program 2+1+1 mendorong kemampuan bersaing para mahasiswa. Dari Mobility Program, seorang mahasiswa dapat mengukur tingkat kemampuannya kalau dibandingkan dengan mahasiswa di kampus BINUS UNIVERSITY lain. Sementara itu, kesempatan magang kerja membantu mahasiswa agar lebih siap dalam melakukan kompetisi secara sehat di dunia kerja. 

    Nah, itulah keseruan Program 2+1+1 yang menjadi andalan UNIV BINA NUSANTARA dalam mencetak generasi muda kompetitif. Siapa saja bisa lho bergabung dengan BINUS dan menjadi seorang BINUSIAN. Ditambah lagi, ada kesempatan untuk mengenal BINUS UNIVERSITY secara lebih dalam dalam ajang BINUS Educational Virtual Expo (BEVE) 2021.

    Acara ini menurut rencana akan diadakan pada tanggal 24 – 27 Maret 2021. BEVE yang merupakan ajang tahunan dari BINUS UNIVERSITY terbuka bagi siapa saja dan gratis. Selain bisa memperoleh informasi menarik tentang BINUS, ada banyak kegiatan seru yang dapat kamu peroleh dari acara ini, lho! 

    Yuk, segera daftar!