BINUS UNIVERSITY

    Lulusan Prodi Hubungan Internasional Bisa Bekerja di 7 Lembaga Ini

    International Relations atau Hubungan Internasional (HI) merupakan prodi BINUS UNIVERSITY yang memiliki visi untuk menjadi program studi sekaligus institusi berkelas dunia. Prodi ini bertujuan mencetak lulusan yang dapat berkontribusi secara global di kancah dunia, terutama dalam lingkungan Asia Pasifik.

    Untuk dapat mencapai visi yang diharapkan, prodi International Relations mempersiapkan mahasiswanya dengan pengetahuan dan pemahaman fundamental akan praktik HI dalam kurikulum berstandar internasional. Seusai masa kuliah, lulusan prodi ini diharapkan mampu mengisi sejumlah posisi penting di sejumlah lembaga nasional maupun internasional.

    Berikut adalah beberapa lembaga atau institusi yang kerap dijadikan tujuan karier lulusan International Relations BINUS UNIVERSITY.

    • International Foundation

    Prodi Binus University

    Dengan pemahaman dan pengalaman yang berhubungan dengan dunia internasional, lulusan HI dapat melanjutkan karier di lembaga internasional pula. Saat ini, ada beragam lembaga berbasis luar negeri yang mengembangkan kantor cabang di Indonesia. Hal tersebut menjadi kesempatan besar yang tidak boleh dilewatkan.

    Kamu dapat bekerja sebagai konsultan maupun peneliti data dengan pendapatan yang bervariasi. Profesi ini juga bisa didukung dengan kemampuan bahasa asing yang sering digunakan.

    • Perusahaan Multinasional

    Prodi Binus University

    Faculty of Humanities merupakan satu dari sederet fakultas di BINUS UNIVERSITY yang memiliki kesempatan luas untuk bekerja di perusahaan asing. Hal ini berlaku juga bagi program studi International Relations

    Perusahaan asing yang berkembang secara multinasional kerap merekrut alumni Hubungan Internasional karena berbagai alasan. Salah satunya adalah karakteristik lulusan yang kompetitif serta kemampuan akademiknya yang terbilang tinggi.  

    • Kedutaan Besar

    Prodi Binus University

    Menjalankan profesi sebagai staf Kedutaan Besar tentu menjadi hal yang membanggakan. Kabar baiknya, jenjang karier yang satu ini bisa diraih dengan modal yang kamu dapatkan sebagai mahasiswa prodi International Relations.

    Staf kedutaan bekerja sesuai dengan porsi dan spesialisasi tertentu. Namun, terlepas dari tanggung jawab yang berbeda, kemampuan yang harus dimiliki kurang lebih tetap sama. Kamu harus dibekali pengetahuan luas mengenai kondisi global saat ini, mulai dari sektor lingkungan hingga sektor sosial dan ekonomi.

    • Kementerian Luar Negeri

    Prodi Binus University

    Sebagai prodi BINUS UNIVERSITY yang mencetak lulusan berkelas dunia, alumni International Relations mampu bersaing untuk mendapatkan posisi bergengsi di Kementerian Luar Negeri. Dalam hal ini, kamu juga bisa mengikuti seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengabdi kepada Indonesia.

    Salah satu posisi yang bisa diisi di lembaga ini adalah menjadi seorang international officer. Saat menjalankan profesi tersebut, kamu dituntut untuk menangani berbagai permasalahan yang menyangkut dunia internasional.

    • Lembaga Pendidikan

    Prodi Binus University

    Lulusan International Relations di tingkat strata satu tak jarang melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Langkah ini umumnya ditempuh oleh mereka yang memiliki minat khusus pada dunia pendidikan, terutama sebagai dosen di perguruan tinggi.

    Meski tidak berbasis pedagogis, kesempatan untuk menjadi pengajar di universitas tetap terbuka lebar bagi lulusan prodi Hubungan Internasional. Kamu pun bisa menjadikan pilihan tersebut sebagai karier alternatif yang menjanjikan.

    • Media Internasional

    Prodi Binus University

    BINUS UNIVERSITY selalu mempersiapkan lulusannya untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan bersikap secara analitis dalam menanggapi berbagai hal. Lulusan HI, khususnya, dituntut untuk selalu tanggap terhadap perkembangan dunia internasional.

    Poin-poin tersebut menjadikan lulusan prodi ini cocok menjadi jurnalis atau wartawan di media internasional. Pemahaman fundamental tentang masyarakat global serta kemampuan tambahan yang dimiliki akan membuat lulusan HI menjadi jurnalis yang andal.

    • Non-Governmental Organization (NGO)

    Prodi Binus University

    Banyaknya NGO yang berdiri di Indonesia membuka peluang karier cemerlang bagi lulusan International Relations. Beberapa organisasi yang tersedia bahkan merupakan lembaga yang popularitasnya sudah mendunia.

    Kamu pun bisa ikut bergabung menjadi bagian dari NGO atau Lembaga Swadaya Masyarakat yang cakupannya lebih luas. Selain bisa berkontribusi secara nyata bagi beragam sektor, keterlibatan dalam organisasi berskala global akan memberikan pengalaman luar biasa yang dapat membekali dirimu sebagai pribadi unggul.

    Itulah beberapa lembaga atau institusi yang membuka kesempatan lebar bagi lulusan prodi BINUS UNIVERSITY International Relations. Dengan kurikulum dan proses pembelajaran yang berkualitas, menembus posisi penting di deretan lembaga tersebut tentu bukan hal yang sulit diraih oleh para lulusan BINUS.