Program Studi Desain Komunikasi Visual menyiapkan generasi muda menjadi komponen pembangunan bangsa, memiliki ilmu pengetahuan lokal dan global dari komunikasi visual yang kreatif dengan mengusung sejarah dan nilai-nilai lokal, teknologi, dan kewirausahaan sehingga mampu berkarya dan diterima oleh industri kreatif, masyarakat, dan bangsa Indonesia melalui penerapan ilmu desain komunikasi visual dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi.

Visi

Program Studi Desain Komunikasi Visual BINUS @Bandung pada tahun 2031 akan menjadi program studi yang menghasilkan tenaga perancang komunikasi visual yang diakui secara nasional, menguasai keahlian dalam teknologi kreatif, dengan tetap mengangkat nilai-nilai kearifan lokal (khususnya Jawa Barat) sebagai ciri khasnya.

Misi

  • Mendidik calon perancang komunikasi visual yang memiliki semangat kreatif dan komitmen terhadap sikap professional dengan tetap berpihak pada nilai-nilai kearifan lokal budaya sunda dan Jawa Barat pada umumnya.
  • Mempersiapkan mahasiswa agar dapat menempati posisi strategis dan dikenal dalam dunia industri/profesi dengan tetap menjunjung tinggi etika professional dan dapat memberikan sumbangsih bagi masyarakat Indonesia.
  • Membina hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam atau luar negeri untuk selalu memelihara kemutahiran ilmu yang diajarkan kepada mahasiswa
  • Membangun komunitas Binusian yang memiliki semangat kreatif, ber-etika dan peduli terhadap masyarakat.
  • Memberikan sumbangsih kepada masyarakat Indonesia melalui karya rancang komunikasi visual yang berkualitas tinggi.

STREAMING PROGRAM BANDUNG:

a. 2D+ Animation

Animasi 2D+ mengkombinasikan antara Animasi 2D & 3D dan mengambil yang terbaik dari keduanya untuk menjadi sebuah konten yang berkualitas bagi industry kreatif di tingkat nasional dan internasional. Peminatan Animasi 2D+ di Binus @Bandung memiliki fokus pada kekuatan narasi dan storytelling, dengan titik berat upaya menterjemahkan nilai-nilai kearifan lokal dalam konteks kekinian.

STREAMING PROGRAM MOBILITY TO CAMPUS JAKARTA:

a. New Media

Program ini memberikan kemampuan unik terkait teknologi informasi yang dapat mendukung pengembangan ilmiah bidang Desain Komunikasi Visual khusunya di area Desain Digital, Interaktif dan Media Cetak. Pengetahuan ini dapat diterapkan dalam berbagai studi kasus seperti branding, desain informasi, desain untuk publik, fotografi, ilustrasi, tipografi dan desain web yang dapat menjadi desain interaktif melalui media digital dan cetak

b. Animation

Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa untuk melengkapi pengetahuan mereka terkait kreativitas, estetika, teknologi, dan model bisnis untuk mendukung industri grafis, khususnya dalam animasi 3Dimensional. Siswa juga diberikan pengetahuan terbaru dan kemampuan teknologi animasi 3Dimensional untuk menjawab kebutuhan industri kreatif pada skala nasional dan internasional.

c. Creative Advertising

Program ini membekali siswa dengan pengetahuan di bidang komunikasi visual kreatif, signifikansi sejarah dan budaya, dan teknologi. Bidang kajian tersebut akan memberikan landasan yang kuat bagi tiap siswa pada bidang keahlian yang bersifat praktik maupun untuk kebutuhan studi yang lebih lanjut.

Kompetensi Lulusan:

  • Mampu membuat karya desain komunikasi visual tercetak dan digital yang memiliki nilai tambah dan estetika untuk mengatasi permasalahan identitas, komunikasi massa, dan kompetisi yang dihadapi oleh pemangku kepentingan
  • Mampu melakukan riset dan eksplorasi ide untuk menetapkan tujuan, sasaran komunikasi, dan prototipe solusi desain komunikasi visual yang dapat mengatasi permasalahan identitas, komunikasi massa, dan kompetisi dengan mempertimbangkan aspek etika, sejarah, budaya, konsekuensi sosial dan regulasi
  • Mampu melakukan analisis terhadap tingkat efesiensi pemanfaatan material dan waktu dalam proses produksi setiap alternatif prototipe solusi desain komunikasi visual yang dipilih, tanpa mengubah esensi dan estetika desain.
  • Mampu mengkomunikasikan alternatif prototipe solusi desain komunikasi visual secara mandiri ataupun kelompok dalam bentuk verbal, grafis, tulisan, dan model yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital berdasarkan pilihan kaidah komunikasi yang tepat.
  • Mampu merintis usaha mandiri di sektor komunikasi visual
  • Mampu merancang karya DKV dengan mengedepankan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal (local indigenous) sebagai identitas karya anak bangsa.
  • Mampu melakukan perancangan model bisnis dengan menerapkan keahlian di desain komunikasi visual  dalam industri kreatif berskala kecil menengah (UKM).
  • Mampu menentukan Teknologi Informasi (digital dan perancangan tata suara) dan Komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan kerjanya sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi.
  • Terampil berbahasa Inggris sebagai bahasa pendukung dalam berkomunikasi dan berkorespondensi dalam lingkungan global.
  • Mampu menghasilkan karya desain komunikasi visual yang menjunjung tinggi nilai Pancasila yang mendasari proses berkreasi; meliputi proses dalam mencari solusi, menemukan kebutuhan komunikasi visual, dan dalam menerapkan tampilan karya komunikasi visual.

PROSPEK KARIR, antara lain :

  • Animator (2D+)
  • Key frame animator
  • Web designer
  • Advertising
  • Concept artist
  • Character designer
  • Storyboard artist
  • Illustrator
  • Games asset artist/designer
  • Modeler
  • Texture artist

Gelar Akademik :

Sarjana Desain (S.Ds.)

Program Concentration


Prospective Career


Cara Belajar

Full Time

Semarang Campus