Menurut laporan CNBC, teknologi AI diperkirakan akan menggantikan sekitar 85 juta pekerjaan pada 2025 mendatang. Kendati demikian, ada satu aspek yang tak dapat digantikan oleh kecerdasan buatan (AI) maupun mesin, yaitu kreativitas manusia. Terlebih jika kreativitas ini dituangkan dalam entrepreneurship. Karenanya, jalur karier bagi lulusan Creativepreneurship masih akan terus terbuka tanpa takut tergantikan oleh AI.

Pilihan Karier Lulusan Creativepreneurship

Creativepreneurship

Lulusan Creativepreneurship tidak hanya akan memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan yang relevan dengan dunia bisnis saat ini. Dengan pilihan konsentrasi yang beragam di jurusan ini, BINUSIAN akan dipersiapkan untuk menghadapi berbagai tantangan di berbagai sektor kreatif dan bisnis.

Berbekal keterampilan yang diperoleh, lulusan Creativepreneurship punya banyak pilihan jalur karier yang menjanjikan, seperti:

1. Entrepreneur

Wirausaha sering dihadapkan pada berbagai tantangan, dan lulusan Creativepreneurship telah dibekali kemampuan berpikir kreatif dalam menghadapinya. Mereka dapat mencari solusi yang unik dan berbeda untuk mengatasi masalah bisnis. Karenanya, lulusan creativepreneurship punya peluang besar untuk menjadi pengusaha dan merintis bisnis kreatif sendiri. 

2. Business Developer

Lulusan Creativepreneurship juga cocok untuk berkarier sebagai business developer. Pasalnya, bidang kerja ini tidak hanya memerlukan pemahaman bisnis, tetapi juga kreativitas. Khususnya dalam mengidentifikasi peluang bisnis yang unik, memahami tren pasar, dan merancang strategi pemasaran yang kreatif.

3. Business Planner

Berbeda dengan Business Developer yang berfokus pada mencari peluang bisnis baru, Business Planner fokus pada perencanaan strategi bisnis jangka panjang, Nah, lulusan Creativepreneurship cocok berkarier sebagai business planner karena kemampuan kreatif mereka dalam merancang strategi dan ide-ide inovatif.

Di sisi lain, pemahaman bisnis memungkinkan mereka untuk merencanakan langkah-langkah yang konkret serta mengelola sumber daya dengan efisien.

4. Business Consultant

Lulusan Creativepreneurship bisa memberikan solusi kreatif untuk masalah bisnis yang kompleks. Dengan begitu, mereka bisa membantu klien mereka berpikir out of the box ketika buntu menghadapi kendala.

Bahkan, mereka juga punya kemampuan untuk menemukan pendekatan inovatif untuk mengembangkan bisnis. Berbekal keterampilan inilah mereka bisa membantu perusahaan menghadapi perubahan dan beradaptasi dengan dinamika bisnis. 

5. Technopreneur

Berbekal kreativitas dan pemahaman teknologi, lulusan Creativepreneur pun bisa mengikuti jejak technopreneur seperti Elon Musk (SpaceX dan Tesla), Steve Jobs (Apple), dan Mark Zuckerberg (Facebook). Technopreneur sendiri adalah entrepreneur yang fokusnya untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi.

6. Business Analyst

Seorang business analyst tidak hanya menganalisis data bisnis untuk mengidentifikasi tren dan peluang, tetapi juga membantu pengambilan keputusan strategis. Nah, lulusan Creativepreneurship cocok dengan peran ini karena mereka memiliki kreativitas, pemikiran inovatif, serta mahir menggunakan data dengan efektif. 

7. E-Commerce Specialist

Seorang e-commerce specialist fokus mengelola bisnis secara online, yang mana pekerjaannya mencakup digital marketing, manajemen platform e-commerce, dan optimisasi konversi. Lulusan 

Creativepreneurship cocok untuk karier ini karena mereka paham tren dan dinamika dalam ekonomi kreatif. Dengan pemahaman ini, mereka bisa menciptakan produk dan kampanye e-commerce yang sesuai dengant target audience.

8. Digital Business Specialist

Tugas utama seorang Digital Business Specialist adalah membantu perusahaan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan daya saing di era digital. Lulusan Creativepreneurship cocok dengan jalur karier ini karena punya kreativitas dan  kompetensi di bisnis dan pemasaran. Dengan kemampuan ini, mereka bisa mengembangkan strategi bisnis digital dan meningkatkan online presence sebuah perusahaan.

Itulah sederet prospek karier lulusan Creativepreneurship. Jadi, meski jutaan pekerjaan diperkirakan akan tergantikan oleh AI, lulusan Creativepreneurship bisa bernapas lega. Berbekal kemampuan kreatif dan penguasaan ilmu bisnis, ada banyak jalur karier menjanjikan yang tak tergantikan oleh AI yang bisa mereka kejar.

Tertarik mengambil jurusan Creativepreneurship? Yuk, gabung dengan BINUS @Bandung. Lulusan program Creativepreneurship akan memperoleh gelar Sarjana Bisnis (S. Bns.) dengan fokus membangun bisnis di industri kreatif dan/atau mengembangkan perusahaan berbasis kreativitas. 

Kurikulum BINUS UNIVERSITY didesain untuk mencetak lulusan yang siap terjun dan bersaing di kancah internasional. Dengan adanya program 2+1+1, BINUSIAN berkesempatan belajar di kampus berbeda, bahkan menyelesaikan studi di luar negeri. Setiap BINUSIAN juga bisa memilih konsentrasi sesuai minatnya, seperti creative ecommerce, creative business, multinational business innovation, serta opsi multicampus streaming, minor program, atau study abroad.