3 Fokus Utama Studi Master of Information Systems Management

Sebelumnya, kamu telah mengenal program studi Information Systems & Management. Program tersebut merupakan program double degree setingkat strata-1. Masih berhubungan dengan program tersebut, terdapat pula program studi lanjutan untuk capaian strata yang lebih tinggi, yaitu Master of Information Systems Management atau MMSI.

Dengan penyebutan gelar master, kamu bisa menebak bahwa prodi ini termasuk dalam program pascasarjana (strata-2). Tentu saja, fokus pencapaian pada program ini akan berbeda dengan jenjang sarjana pada bidang yang sama. 

Selayang Pandang Master of Information Systems Management

Master of Information Systems Management, disebut juga Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI), dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan mengelola sistem informasi di berbagai organisasi dan industri. Program ini merupakan tempat yang akan membentukmu agar siap menjadi pemimpin dalam bidang sistem informasi berkelas dunia.

Program MMSI juga memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan kepemimpinan, manajerial, dan technopreneur. Dengan demikian, lulusannya tidak hanya menjadi ahli dalam teknis sistem informasi, tetapi juga memiliki kemampuan memimpin tim. 

Program ini merupakan sebuah upaya untuk mencetak pemimpin visioner yang melek teknologi dan mampu menghadapi tantangan masa depan. Termasuk di antaranya tantangan berkomunikasi secara efektif dan mengelola digitalisasi perusahaan. 

Tujuan dan cita-cita di atas dapat dicapai melalui penelitian dan layanan profesional di bidang sistem informasi. Mahasiswa yang berbakat dan inovatif juga turut dilibatkan untuk terjun langsung melihat realita di perusahaan. Dengannya, lulusan MMSI memiliki kompetensi dalam mengembangkan solusi inovatif dan efektif melalui penerapan teknologi informasi.

Prospek Karier Program MMSI

Mahasiswa MMSI dilatih untuk dapat memahami dinamika bisnis yang sangat tergantung pada informasi dan teknologi. Diharapkan, lulusan program ini akan mampu mengambil peran kunci dalam mengoptimalkan sistem informasi organisasi.

Selain itu, lulusan prodi ini juga memiliki keterampilan dalam merencanakan dan mengelola proyek teknologi informasi yang kompleks. Pemegang gelar ini mempunyai kemampuan mengidentifikasi peluang bisnis yang muncul dari perkembangan teknologi. Alhasil, lulusan Master of Information Systems Management memiliki peluang karier yang luas. Termasuk di antaranya, sebagai manajer sistem informasi, konsultan IT, analis bisnis, dan manajer proyek IT. 

Selain itu, pemegang gelar ini juga bisa mengambil peran kepemimpinan di sektor teknologi, keuangan, kesehatan, dan lainnya. Program studi ini mempersiapkan individu untuk menjadi pemimpin yang dapat menghadapi tantangan dalam mengelola informasi dan teknologi dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang dan kompetitif.

Fokus Utama Program Studi

Untuk dapat memberikan gelar master, tentu saja program ini memiliki fokus yang berbeda dengan sarjana Information Systems & Management. Dalam Master of Information System Management, studi yang dijalani mahasiswa difokuskan pada tiga hal berikut:

  1. Memberikan Praktik Terbaik Bidang Sistem Informasi

Pengalaman adalah guru yang sangat berharga. Pemegang gelar master bukan lagi individu yang memiliki pengetahuan secara teoritis saja. Diperlukan banyak praktik agar pengetahuan yang didalami benar-benar meresap dan dikuasai. Semua ini diperlukan agar visi program untuk mencetak pemimpin bidang sistem informasi berdaya saing global dapat tercapai.

  1. Memberikan Pengetahuan Lanjutan dalam Sistem Informasi

Sebagai individu yang diharapkan sebagai pemegang peran dalam mengambil keputusan, cakrawala yang luas sangat diperlukan sesuai bidangnya. Untuk itulah, program master ini akan memberikan pengetahuan lanjutan sistem informasi. Dengannya, mahasiswa kelak dapat memutuskan tindakan yang bisa memberikan keuntungan strategis.

  1. Memberikan Keterampilan Technopreneur dalam Bisnis Sistem Informasi

Lulusan Master of Information Systems Management bukan hanya siap untuk terjun di dunia kerja. Namun, mahasiswa juga disiapkan untuk mandiri dan memiliki jiwa wirausaha. Lulusan program ini pun dibekali dengan penguasaan teknologi dan pengetahuan bisnis yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, terciptanya technopreneur bidang Sistem Informasi yang berpengetahuan dan menguasai teknologi bukan jadi hal yang sulit.

BINUS UNIVERSITY memiliki program khusus untuk Master of Information Systems Management. Dengan mengambil program ini, kamu tidak perlu mengambil gelar sarjana secara terpisah. Artinya, kamu bisa sekaligus memperoleh gelar sarjana dan master sehingga lebih hemat waktu. Dalam waktu 4,5 tahun saja, melalui program ini, kedua gelar tersebut sudah bisa kamu dapatkan. Program ini mempersiapkan lulusannya untuk mengambil posisi kepemimpinan dalam bidang Sistem Informasi.