Kenalan dengan Faza Ibnu, Sosok Alumni BINUS di Balik Si Juki

Kalau kamu sering membaca komik, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan karakter Si Juki. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata penciptanya adalah seorang alumni BINUS? Ya, Faza Ibnu Ubaidillah sendiri pernah berkuliah di BINUS University, lho! Selain itu, kiprahnya semasa berkuliah juga berpengaruh bagi proses pembuatan komik dan animasinya hingga terkenal sekarang. Seperti apa ceritanya? Yuk, kita simak!

Profil Singkat Faza Ibnu Ubaidillah

Faza Ibnu Ubaidillah Salman, lebih dikenal dengan nama penanya “Faza Meonk”, adalah alumni BINUS University dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan peminatan Animasi. Meski terkenal sebagai pencipta seri komik Si Juki, sebenarnya ia juga memiliki berbagai kesibukan. Misalnya, sekarang ia terlibat sebagai sutradara untuk film animasi Si Juki 1 dan Si Juki 2. Selain itu, ia juga aktif dalam proyek intellectual property (IP) dan investment yang merupakan bagian dari lini bisnisnya.

Sejak awal, Faza sudah memiliki passion yang tinggi terhadap komik dan animasi. Misalnya, saat SD, ia pernah menjual komik dengan harga Rp500 perak per lembar. Lalu, ketika memasuki bangku SMP, ia menyempatkan waktunya setiap Jumat untuk mengikuti kursus menggambar di Machiko Manga School. Bahkan, setelah lulus SMP pun, dia memutuskan untuk masuk SMK jurusan Animasi daripada SMA biasa.

Motivasi Berkarya dengan Si Juki

Lantas, bagaimana Faza bisa terkenal dengan karyanya, Si Juki? Sejak awal, ia selalu merasa resah karena seri komik dan animasi yang terkenal di Indonesia malah berasal dari luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Jepang. Bahkan, ia juga mengakui bahwa seri tontonan favoritnya merupakan produk budaya impor. Karena itu, ia memutuskan untuk membuat komik sendiri untuk menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa menghasilkan produk pop culture yang bersaing.

Awalnya, ia membuat seri komik “Ngampus!!! Buka-Bukaan Aib Mahasiswa” yang diedarkan secara online, dan topiknya menyentil kenyataan berkuliah di sekitarnya. Bahkan, karakter Si Juki yang kita kenal sekarang awalnya berasal dari komik tersebut, lho

Tapi, lama kelamaan Faza menyadari kalau potensi karakter Si Juki lebih luas karena tidak hanya cocok untuk target pasar mahasiswa. Akhirnya, ia mengembangkan cerita Si Juki menghadapi Ujian Nasional untuk target pembaca siswa sekolah, dan cerita Si Juki Mencari Kerja.

Manfaat Berkuliah di BINUS University untuk Karier

Faza sendiri merasa menjadi alumni BINUS sangatlah membantu kesuksesan kariernya. Misalnya saja, ia sudah mempelajari banyak keterampilan teknis untuk menyutradarai proyek animasi dan mengelolanya. Ia bahkan mengatakan kalau skill tersebut amat berguna saat ia mengembangkan Si Juki menjadi film animasi.

Bahkan, ada alasan kenapa Faza memilih berkuliah di BINUS University. Saat ia hendak menjadi mahasiswa baru, waktu itu hanya BINUS University yang menawarkan program studi animasi di jenjang S1. Sedangkan, ibunya ingin Faza berkuliah S1 demi mendapatkan ijazah dan kemudahan mencari kerja. 

Sejak diterima sebagai mahasiswa, Faza memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengasah kemampuannya di ruang kelas sekaligus memperluas network profesional yang akan membantunya mengembangkan karya-karyanya hingga terkenal sekarang. Terutama, dengan banyaknya peluang kegiatan student enrichment dari BINUS University untuk para mahasiswanya.

Kuliah Sambil Kerja? Bukan Hal Mustahil!

Sebagai lulusan SMK, Faza yakin kalau berkuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mustahil asalkan bisa membagi waktu. Sebab, ketika ia masih bersekolah pun, ia sudah didorong untuk mengikuti sebanyak mungkin program magang. Misalnya saja, ia pernah bekerja editor di QTV, lalu ikut membantu di studio ilustrasi yang menangani klien asal luar negeri dan bekerja di production house film animasi.

Karena itulah, mayoritas kesibukan Faza selama berkuliah di BINUS University terdiri dari kegiatan magang. Tak hanya itu, dia juga menyempatkan waktu di sela-sela kelas untuk terus berkarya dan mengembangkan proyek Si Juki hingga skalanya semakin besar. Jadi, Faza sudah menunjukkan kalau di BINUS University, menghasilkan karya yang terkenal bisa dimulai sejak awal bahkan sebelum lulus.

Bagaimana, kamu semakin tertarik mengikuti jejak Faza Meonk yang berhasil menjadi alumni BINUS dan memulai karier di industri kreatif lebih awal? Kamu bisa bergabung dengan program studi Desain Komunikasi Visual di BINUS University dan mengambil peminatan animasi, lho. Simak kurikulum lengkap dan cara mendaftarnya di sini!