Tenaga profesional yang menguasai bidang teknologi informasi makin dibutuhkan saat ini. Program studi IT pun menjadi prodi yang banyak diincar calon mahasiswa. Di antara jurusan yang berbau IT, terdapat program Information System & Management. Jurusan ini memiliki ranah yang lebih spesifik sehingga meningkatkan nilai tawar lulusannya di dunia kerja.

Pentingnya Menuntut Ilmu Information System & Management

Information System & Management

Dunia kerja saat ini memerlukan tenaga ahli yang dapat memahami sistem manajemen dengan baik. Selain itu, tren dunia saat ini telah memasuki era digital di segala lini. Tak terkecuali berbagai perusahaan dan dunia bisnis, termasuk bagian manajemen. Oleh karena itu, sisi manajemen pun memerlukan pemahaman teknologi dan troubleshoot yang baik. Sebaliknya, tenaga IT pun sebaiknya memahami ilmu tentang suplai dan permintaan beserta manajemennya.

Lazimnya, kedua ilmu di atas dipelajari pada fakultas dan program studi yang terpisah. Dengan demikian, untuk dapat menguasai keduanya serta memperoleh ijazah kesarjanaan, diperlukan masa studi yang panjang. Namun kini, dengan tersedianya program studi Information System & Management, kedua ilmu tersebut dapat dipelajari secara efisien dalam satu periode jenjang kesarjanaan.

Lulusan program ini diharapkan dapat  memahami konsep bisnis dan manajemen secara komprehensif. Sarjana sistem informasi dan manajemen juga dapat menganalisis masalah komputasi kompleks. Dengan menerapkan prinsip-prinsip komputasi dan disiplin ilmu lainnya, kamu diharapkan dapat mengidentifikasi solusi atas problematika yang dihadapi.

Apa Saja yang Dipelajari?

Information System & Management

Melalui program studi ini, kamu akan mempelajari berbagai hal yang diperlukan untuk menguasai ilmu manajemen sekaligus teknik informatika. Berikut inilah di antaranya. 

1. Teknologi informasi

Sebagai program studi yang berada di bawah payung IT, tentu saja kamu akan mempelajari materi teknologi informasi. Di antara yang kamu pelajari yaitu dasar-dasar teknologi informasi yang meliputi pengetahuan tentang perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, sistem operasi, dan dasar-dasar pemrograman. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang sistem basis data serta analisis dan perancangan sistem. 

2. Manajemen proyek teknologi informasi

Agar proyek dapat berjalan lancar, diperlukan suatu manajemen yang meliputi siklus proyek, antisipasi risiko, serta penjadwalan. Hal tersebut juga diperlukan pada proyek-proyek IT. Dengan demikian, proyek IT juga dapat direncanakan, dikelola, dan dilaksanakan secara efisien.

3. Komunikasi bisnis

Selain kepiawaian dalam strategi bisnis, usaha dapat berjalan lancar ketika dibarengi dengan komunikasi yang tepat sasaran. Setiap pihak yang terlibat dalam bisnis dapat menyampaikan maksudnya dengan gamblang dan dipahami mitra sesuai dengan maksudnya. Untuk itulah, kemampuan komunikasi dalam bisnis diperlukan oleh setiap individu yang berkepentingan.

4. Kewirausahaan teknologi

Jiwa wirausaha bisa ditumbuhkan dengan berbagai stimulasi yang sesuai, termasuk dengan mempelajari keilmuan yang diperlukan. Melalui materi kewirausahaan yang dipadukan dengan teknologi, kamu akan belajar bagaimana mengembangkan ide bisnis berdasarkan teknologi, penilaian pasar, dan rencana bisnis.

5. Manajemen operasi IT

Di sini kamu akan mempelajari cara mengelola infrastruktur teknologi informasi beserta aplikasinya di dunia kerja. Termasuk di antaranya adalah tentang pengorganisasian, manajemen jaringan, field support, sampai pemeliharaan infrastruktur. Tentu saja, semuanya meliputi hal yang berkaitan dengan perangkat keras maupun lunaknya.

6. Manajemen keamanan informasi

Dunia siber tidak akan lepas dari serangan, baik yang sudah diprediksi  maupun yang  tak terduga. Oleh karena itu, materi ini diperlukan sebagai perhatian terhadap keamanan siber, perlindungan data, etika siber, dan kebijakan keamanan untuk melindungi informasi sensitif.

7. Etika dan hukum teknologi informasi

Selain melindungi sistem dari serangan dari luar, kamu juga perlu menjaga diri agar tidak melanggar etika serta hukum dalam teknologi informasi. Dengan demikian, materi ini haruslah dipahami oleh praktisi bisnis dan siber. Materi ini juga akan membahas tentang privasi data, hak kekayaan intelektual, serta kebijakan regulasi.

Mulai tertarik dengan program studi ini? Kamu bisa mulai mengulik lebih dalam tentangnya beserta kampus yang menyediakan program studi ini. Information System & Management BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu kampus yang siap menjadikanmu profesional IT berwawasan bisnis dan berjiwa wirausaha. Universitas yang memang unggul di bidang IT ini senantiasa menghadirkan dosen-dosen terbaik dan profesional, serta memberikan lingkungan yang kreatif dan suportif.