5 Alasan Mengapa Belajar International Business Management Itu Penting di Masa Kini

Belajar International Business Management memiliki segudang manfaat, terutama dalam iklim bisnis global saat ini.

Saat ini, banyak perusahaan yang melakukan ekspansi ke negara lain. Ada beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dengan melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri. Misalnya seperti menjangkau pelanggan baru, memperoleh akses lebih dekat ke sumber daya yang tersedia, serta memperkecil risiko bisnis.

Untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, tentunya perusahaan tidak bisa langsung membuka cabang di luar negeri tanpa perencanaan yang matang dan pengelolaan bisnis yang baik. Setelah melakukan ekspansi pun, bisnis yang sudah dijalankan perlu pengelolaan yang baik.

Karena alasan tersebut, sumber daya yang memahami bagaimana melakukan manajemen bisnis internasional sangat dibutuhkan.

Nah, kalau kamu ingin menjajaki karier di perusahaan berskala internasional, belajar International Business Management akan sangat membantumu. Yuk, cari tahu alasan lain pentingnya belajar International Business Management di artikel berikut.

Alasan Mengapa Belajar International Business Management itu Penting 

Apa alasan belajar manajemen bisnis internasional penting? Berikut penjelasannya.

1. Filosofi bisnis mendorong bisnis untuk selalu berkembang

Dalam menjalankan bisnis, salah satu filosofi yang perlu ditekankan adalah keharusan untuk selalu berkembang. Artinya, sebuah perusahaan perlu mencari cara untuk meningkatkan kualitasnya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kualitas bisnis adalah dengan melakukan ekspansi—khususnya ekspansi ke luar negeri. Dengan melakukan ini, besar kemungkinan untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan target pasar baru. Selain itu, dengan melakukan ekspansi ke luar negeri, prestise perusahaan pun bisa meningkat.

Agar sebuah perusahaan bisa melakukan ekspansi bisnis dengan mudah, tentu sebuah perusahaan perlu perencanaan yang baik dan tata kelola perusahaan yang baik juga. Sebagaimana disebutkan, alasan ini menjadikan sumber daya yang menguasai manajemen bisnis internasional jadi sangat dibutuhkan.

2. Saat ini ada banyak bisnis berskala kecil dan menengah yang go-international

Bukan rahasia lagi memang ada banyak bisnis berskala kecil maupun menengah yang saat ini sudah merentangkan sayapnya di pasar internasional. Dengan belajar International Business Management, kamu bisa menjadi seseorang di balik ekspansi bisnis berskala kecil/menengah ke pasar internasional.

Hal ini tentunya juga bermanfaat jika kamu berminat untuk menjadi seorang wirausaha. Kamu jadi tahu bagaimana cara mengelola dan mengembangkan bisnis agar siap bersaing di pasar internasional. 

3. Dunia bisnis internasional lebih beragam dibandingkan dengan bisnis lokal

Jika kamu ingin berkarier di perusahaan multinasional, mengetahui seluk-beluk bisnis internasional menjadi hal yang sangat penting. Hal-hal tersebut bisa kamu pelajari dengan berkuliah di jurusan International Business Management.

Hal-hal yang dimaksud mencakup bagaimana melakukan manajemen sumber daya manusia dengan background budaya yang beragam, bagaimana cara mengelola bisnis dengan kebijakan pemerintah yang berbeda, hingga mengatur bagaimana cara memasarkan produk di kondisi pasar yang baru dan belum pernah dikenal sebelumnya.

Memang, hal-hal seperti ini bisa dipelajari langsung dengan cara terjun ke lapangan. Akan tetapi, tanpa bekal keilmuan yang kuat, kamu tidak punya pegangan bagaimana melakukan pengelolaan bisnis internasional dengan cara yang baik.

4. Belajar manajemen = belajar skill penting sebuah bisnis

Manajemen merupakan hal penting dalam menjalani sebuah bisnis. Karenanya, mempelajari ilmu manajemen sama halnya dengan mempelajari bekal penting untuk melakukan bisnis. 

Jika bisnis yang dimaksud adalah bisnis internasional, maka mempelajari International Business Management menjadi hal yang baik untuk kamu lakukan. Pasalnya, International Business Management membuat kamu mempelajari hal-hal terkait pengelolaan bisnis di dunia internasional. 

Beberapa hal yang akan dipelajari di bidang keilmuan ini meliputi:

  1. Manajemen sumber daya manusia dengan latar belakang yang beragam.
  2. Melakukan riset (misalnya untuk pengembangan produk) dalam konteks global
  3. Meningkatkan performa bisnis global
  4. Mempelajari bagaimana melakukan digital marketing/social media marketing dengan audiens global.
  5. Membuat strategic decision yang memastikan target-target bisnis tercapai
  6. Melakukan komunikasi efektif dengan berbagai pihak.

5. Prospek karier yang beragam

International Business Management bisa membantumu untuk mempersiapkan diri berkarier di berbagai industri—mulai dari industri periklanan, pariwisata, kesehatan, bank, event management, retail, dan lain sebagainya.

Peran yang bisa kamu dapatkan dalam industri-industri tersebut juga beragam. Peranan yang dimaksud misalnya seperti peran di bidang marketing, manajemen, personalia, keuangan, sales, dsb. Hal ini memungkinkan mengingat kamu mempelajari beragam hal di jurusan tersebut.

Di BINUS UNIVERSITY, BINUSIAN jurusan International Business Management akan mempelajari beberapa mata kuliah berikut, misalnya:

  • Accounting for Business
  • Marketing Management
  • Business Ethics
  • Financial Management
  • Export-Import Management
  • Corporate Strategy in International Business
  • Global Supply Chain Management
  • Multinational Corporation Management
  • Trade in Asia
  • E-Business for International Business, dsb.

Dengan adanya keragaman mata kuliah tersebut, wajar jika nantinya kamu bisa terjun ke dunia profesional dan menjabat berbagai peran dalam perusahaan.

Nah, itulah 5 alasan mengapa belajar International Business Management penting untuk kamu lakukan saat ini. Setelah membaca informasi di atas, semoga kamu makin mantap untuk mengambil jurusan kuliah ini di BINUS @Alam Sutera, ya!