Di era revolusi industri 4.0, persaingan bisnis semakin sengit. Kini pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dan mereka juga lebih cerdas dalam memilih produk dan layanan yang mereka gunakan.

Oleh karena itu, untuk bisa unggul dalam persaingan bisnis, perusahaan harus lebih dari sekadar menjual produk atau layanan. Mereka harus menggabungkan bisnis, service, dan teknologi dengan cerdik. 

Menjalankan Bisnis Lebih dari Sekadar Menjual Produk

Inovasi Bisnis, Service, dan Teknologi: Kunci Menangkan Persaingan Bisnis

Baru-baru ini kita mengamati Pasar Tanah Abang sepi. Penyebabnya tak lain karena para pembelinya lebih suka belanja online.  Ini adalah bukti nyata bahwa mengandalkan produk atau jasa yang baik saja tidak cukup lagi untuk tetap bersaing di pasar yang kompetitif seperti sekarang ini.

Untuk dapat tetap bersaing, perusahaan harus memahami bahwa bisnis yang mereka tekuni adalah lebih dari sekadar produk fisik atau layanan. Menjalankan bisnis adalah tentang membangun hubungan dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan memberikan solusi yang relevan. 

Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan pelayanan pelanggan yang mumpuni dalam strategi bisnis. Terlebih jika pelayanan tersebut terintegrasi dengan teknologi terkini.

Pentingnya Teknologi untuk Hadirkan Pelayanan Terbaik

Inovasi Bisnis

Teknologi memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan big data dalam menggabungkan bisnis dan service. Dengan menganalisis data pelanggan secara cermat, perusahaan dapat mengidentifikasi tren, mendeteksi masalah potensial, dan membuat keputusan yang lebih baik. 

Data juga dapat membantu perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu dapat mengumpulkan data tentang pelanggan. Kemudian, kamu bisa menggunakan data ini untuk memberikan pengalaman yang lebih personal (personalized service). 

Misalnya, dengan menganalisis perilaku pembelian pelanggan, perusahaan dapat merekomendasikan produk atau layanan yang sesuai dengan preferensi mereka.

Di samping itu, customer service yang responsif adalah kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Bagaimana tidak? Kini pelanggan mengharapkan respons yang cepat untuk setiap pertanyaan, masalah, atau keluhan mereka. 

Ketimbang harus menunggu respons yang lama, pelanggan lebih suka beralih ke penjual lain yang lebih responsif. Nah, untuk memastikan pelanggan tidak kabur, mau tak mau kamu harus menggunakan teknologi agar bisa memberikan pelayanan fast response.

Contoh Teknologi untuk Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

Inovasi Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan:

  • Chatbots

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pelanggan memerlukan bantuan yang lebih fast response. Dalam hal ini, chatbots menjadi solusi yang efektif  karena dapat memberikan jawaban cepat terhadap pertanyaan umum. Misalnya seperti pelacakan pengiriman atau kebijakan pengembalian barang. Terlebih chatbots aktif 24 jam sehingga pelanggan bisa mendapatkan bantuan kapan saja.

  • Virtual dan Augmented Reality

Teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) memberikan solusi dalam memberikan informasi kepada pelanggan. Misalnya, jika kamu menjual mobil, teknologi VR bisa digunakan untuk memberikan tur virtual 360 derajat di dalam mobil. Dengan begitu, calon pembeli akan punya gambaran yang lebih nyata tentang unit incarannya.

  • Analitik

Data merupakan aset berharga dalam meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan analitik data, perusahaan dapat melacak perilaku pelanggan dan mengidentifikasi masalah atau pola dalam keluhan dan umpan balik. Dengan begitu, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam perjalanan pelanggan.

  • Sistem CRM Terintegrasi

Sistem CRM berfungsi untuk mengumpulkan, mengorganisir, dan menyimpan data pelanggan. Termasuk di dalamnya adalah informasi kontak, riwayat pembelian, preferensi, dan interaksi sebelumnya dengan perusahaan. Dengan data ini, perusahaan dapat lebih memahami pelanggan, bahkan membuat personalized service dengan menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan preferensi mereka.

Dengan memanfaatkan berbagai jenis teknologi ini, perusahaan dapat meningkatkan service sehingga berdampak positif pada pertumbuhan bisnis. Tertarik mendalami business, service, dan technology? Yuk, gabung di BINUS UNIVERSITY @Bekasi, yang berlokasi di Summarecon Bekasi. 

Kampus Business, Service, and Technology ini didirikan menjadi pilihan unggulan bagi mereka yang ingin mengejar karier di bidang bisnis, layanan, dan teknologi. Terlebih, BINUS UNIVERSITY juga memberikan pengalaman internasional melalui beragam kegiatan baik di dalam maupun luar negeri. 

Sebut saja program (2+1)+1 yang memungkinkan mahasiswa untuk menghabiskan 2 tahun kuliah di kampus asal dan 1 tahun di kampus BINUS di lokasi lain. Adapun di 1 tahun terakhir masa studi, mahasiswa bisa memilih dari 7 enrichment program yang beragam, termasuk study abroad.