Kupas Tuntas Jurusan Sistem Informasi di BINUS @Semarang

Perkembangan teknologi yang pesat memainkan peran yang sangat penting dalam kemajuan di zaman globalisasi. Bukan tanpa alasan, munculnya teknologi informasi dan telekomunikasi memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia saat ini. Selain itu, perkembangan ini juga mendorong pemerintah maupun sektor swasta untuk mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Manajemen (TIKM) melalui bidang pendidikan, termasuk lewat jurusan kuliah Sistem Informasi (Information Systems).

Mengenal Jurusan Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY

Sebagai suatu bidang pengetahuan, Sistem Informasi telah memberikan dampak positif bagi berbagai organisasi, terutama dalam era informasi digital di mana akses dan distribusi informasi menjadi lebih mudah. Sistem informasi membantu organisasi dalam mengelola data sebagai sumber daya berharga, baik yang terkumpul maupun dihasilkan oleh sistem informasi. 

Selain itu, Sistem informasi berperan penting dalam mengelola data sebagai aset, baik yang terkumpul maupun yang disajikan oleh sistem, memungkinkan penggunaannya dalam menyelesaikan masalah dan mendukung pengambilan keputusan manajemen.

Di Indonesia saat ini, terdapat perguruan tinggi yang menawarkan program studi Sistem Informasi yang memungkinkan kamu untuk mendapat pengetahuan tentang manajemen Teknologi Informasi secara teori maupun praktik. Salah satunya adalah Program Studi Sistem Informasi di BINUS UNIVERSITY. 

Program Studi Sistem Informasi dibentuk sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan akan sumber daya manusia terampil dalam bidang tersebut. Sebelum kamu memutuskan untuk menempuh pendidikan tinggi di jurusan ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang mata kuliah dan prospek karier jurusan ini.

Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY

Sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, BINUS UNIVERSITY menawarkan program belajar yang mendukung para BINUSIAN untuk mendapatkan keahlian dan bisa bersaing dalam peluang kerja baik dalam skala global maupun nasional. 

Pada jurusan Information Systems BINUS UNIVERSITY @Semarang, kamu akan belajar beberapa mata kuliah yang, seperti Information System Concept, Business Process Fundamental, User Experience Research and Design, IT/IS Infrastructure, Data and Information Management, Information Systems Analysis and Design, Enterprise Systems, Research Methods in Information Systems, Information Systems Project Management, Data Visualization, dan masih banyak lagi mata kuliah menarik lainnya di bidang bisnis dan teknologi informasi yang bisa kamu pelajari di program Information Systems BINUS @Semarang. 

Selain itu, kamu pun akan mendapatkan pembelajaran mata kuliah mobility program di kampus BINUS UNIVERSITY di luar Semarang (kampus Jakarta (Kemanggisan), Alam Sutera, Bekasi, Malang, dan Bandung), seperti Digital Technology, Strategic IS, Applied Enterprise Resource Planning (ERP), Applied Database, Applied Cloud Computing, dan Artificial Intelligence (AI) for Business. Information Systems BINUS @Semarang juga menawarkan pilihan streaming Marketing Intelligence yang banyak dibutuhkan oleh industri/perusahaan. Dengan memilih Marketing Intelligence, kamu akan mendapatkan skills dan knowledge bagaimana menganalisis data (data analytics) untuk keperluan bisnis dan pemasaran, seperti bagaimana menganalisis web dan social media untuk keperluan strategic bisnis (social media analytics), bagaimana membuat dan manajemen konten web/social media untuk memaksimalkan bisnis dan marketing di perusahaan, serta bagaimana memaksimalkan Search Engine dalam sebuah website agar bisnis dapat mencapai sustainable.

Tak ketinggalan, ada pula mata kuliah pendukung dan pembentukan karakter seperti Pancasila, Agama, Bahasa Inggris, dan program Enrichment untuk mempersiapkan para BINUSIAN yang sudah berada pada semester akhir.

Peluang Karier Jurusan Information Systems BINUS UNIVERSITY

Menariknya, pesatnya perkembangan teknologi membuat kebutuhan perusahaan akan lulusan Information Systems menjadi sangat tinggi. Beberapa prospek kerja yang bisa kamu pertimbangkan, antara lain: 

    • Web developer: Seorang pengembang web menciptakan aplikasi program untuk suatu keperluan. Web Developer memiliki peran utama dalam menciptakan sebuah website mulai dari tahap awal hingga merancang tampilannya agar menarik dan berfungsi dengan baik. Profesi ini memiliki keterkaitan yang erat dengan bidang Teknologi Informasi dalam lingkup Sistem Informasi.
    • System analyst: Seorang analis sistem bertanggung jawab dalam mengelola aplikasi, merumuskan spesifikasi yang akan diimplementasikan oleh programmer, serta mengenali berbagai kebutuhan pengguna agar sistem yang dikembangkan dapat disesuaikan dengan baik.
    • Programmer: Dengan pengetahuan yang dimilikinya di bidang Teknologi Informasi, lulusan Sistem Informasi juga memiliki peluang untuk meniti karier sebagai Jika kamu tertarik dengan pemrograman sejak sekarang, pertimbangkanlah opsi untuk mengambil Sistem Informasi sebagai Program Studi kuliahmu nanti.
    • IT consultant: Seorang konsultan IT memiliki tugas membantu klien yang ingin memanfaatkan teknologi informasi. Di samping itu, konsultan IT juga mendukung perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi dari sistem IT yang digunakan.
  • UI/UX Designer/Researcher: seorang peneliti dan desainer di bidang User Experience yang akan meneliti dan mendesain User Experience dari sebuah sistem web/mobile agar dapat sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
  • Data Science, Data Analyst: seorang yang ahli di bidang analisis data yang akan membantu perusahaan dalam mengolah data – data (big data) dalam bisnis untuk keperluan manajerial dan strategic perusahaan.

“Sistem Informasi BINUS @Semarang senantiasa berkomitmen untuk menciptakan lulusan berkelas dunia, di mana lulusan Information Systems memiliki keahlian di bidang business dan teknologi informasi yang mendukung revolusi industri 4.0 khususnya pada area big data, data analytics, dan data science.” ungkap Dr. Sugiarto Hartono, S.Kom., MMSI selaku Head of Information Systems Department BINUS UNIVERSITY @Semarang.

Selain itu, kamu juga bisa menjajal karier sebagai seorang system engineer, analis bisnis, hingga manajer proyek untuk divisi informasi teknologi. Peluang kariernya yang sangat luas dan menjanjikan menjadi alasan terbaik untuk memilih jurusan Information Systems di BINUS UNIVERSITY @Semarang. 

Yuk, daftar program Information Systems BINUS UNIVERSITY @Semarang sekarang juga!