Prospek Kerja Kreatif Buat Lulusan Sastra Inggris, Potensial Banget!

Belajar Sastra Inggris atau English Literature membuka banyak kesempatan kerja buat yang berjiwa kreatif. Selain menambah wawasan bidang sastra, jurusan Sastra Inggris di kampus bermutu membantu mahasiswa menjembatani teori dan praktik lapangan. Di era yang menawarkan banyak kesempatan kerja untuk orang-orang kreatif, kesempatan ini tentu tidak boleh kamu lewatkan.

Apa saja sih prospek kerja buat lulusan Sastra Inggris? Cek daftar berikut, siapa tahu ada yang kamu minati!

  1. Podcaster

Podcaster mungkin bukan lagi profesi yang jarang ditemukan. Siapa saja bisa menggunakan mikrofon dan merekam episode podcast dengan topik apa saja, bukan? Ternyata tidak sesederhana itu! Podcast yang bagus harus digarap secara profesional dan semenarik mungkin, apa pun temanya. Belajar di Sastra Inggris bisa membantumu membuat podcast profesional.

Di program ini, kamu akan belajar menganalisis teori dan konsep serta menemukan sudut pandang baru dari suatu topik atau permasalahan. Semua keahlian tersebut cocok untuk membuat tema dan episode podcast yang menarik.

  1. Brand Manager

Jurusan periklanan adalah salah satu bidang kerja menguntungkan untuk lulusan Sastra Inggris. Buat yang berminat berkarier di bidang periklanan, brand manager adalah salah satu profesi dengan gaji terbesar. Lulusan jurusan ini biasanya memiliki kreativitas dan daya analisis yang dibutuhkan dalam bidang kerja ini.

Sebagai brand manager, tugasmu adalah memastikan bahwa “pesan” iklan yang diusung dapat mencapai konsumen. Brand manager harus memiliki kreativitas, wawasan linguistik, dan kemampuan menganalisis beragam tema untuk menemukan ide. Kemampuan yang dimiliki para lulusan Sastra Inggris!

  1. Penulis Editorial

Penulis editorial punya posisi penting di sebuah perusahaan media. Walau gaya tulisan editorial mirip opini, artikel ini juga mewakili pandangan redaksi terhadap tema atau isu penting. Lulusan program Sastra Inggris punya kompetensi yang cocok banget untuk menulis konten editorial.

Program Sastra Inggris seperti yang ada di BINUS UNIVERSITY memberimu kompetensi yang kamu butuhkan untuk menjadi penulis editorial. Contohnya adalah kemampuan untuk menganalisis suatu tema, topik, atau isu dari berbagai sudut pandang dan teori. Hal ini penting untuk menciptakan hasil tulisan yang mendalam.

Wawasan kebahasaan seperti linguistik juga penting untuk menciptakan artikel editorial yang mampu “menangkap” suara tepat untuk mewakili redaksi tempatmu bekerja. Tulisanmu pun akan mampu mewakili redaksi tanpa meninggalkan ciri khas karyamu.

  1. Pakar Linguistik Komputasi

Teknologi masa depan banyak melibatkan A.I dan machine learning, dan lulusan Sastra Inggris sangat bisa terlibat di dalamnya! Pakar linguistik komputasi (computational linguist) adalah spesialis bahasa yang menggunakan paduan ilmu linguistik, pemrograman, statistik, dan ilmu terkait lain untuk “mendidik” A.I, chatbot, mesin penerjemahan, dan teknologi sejenis lainnya.

Peran pakar linguistik komputasi penting dalam meningkatkan kualitas interaksi antara manusia/pengguna dan mesin. Contohnya adalah penanaman kemampuan seperti pengenalan perintah suara, prediksi tes, hingga algoritma terkait mesin pencarian. Contoh yang paling ikonik tentu saja teknologi seperti Hey Google, Alexa, dan Siri.

Kamu memang harus menguasai ilmu lain selain Sastra Inggris. Akan tetapi, prospek kerjamu di masa depan sangat besar, terutama ketika teknologi A.I dan machine learning semakin berkembang.

  1. Jurnalis Majalah Digital

Majalah digital kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan kebiasaan membaca masyarakat seluruh dunia. Kamu bisa menemukan beragam majalah dengan tema dan segmen pembaca spesifik. Lulusan Sastra Inggris punya potensi besar untuk menjadi jurnalis majalah digital.

Biasanya, jika kamu punya latar belakang wawasan, pengalaman, dan keahlian spesifik, kamu bisa mendapat penghasilan besar untuk menulis artikel panjang atau editorial dengan tema tertentu.

Program Sastra Inggris kini semakin kompeten, terutama dalam merespons kebutuhan beragam industri masa depan. Pastikan kamu memilih kampus berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY agar kamu bisa menjadi lulusan yang kompetitif.