6 Pilihan Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil, Mana yang Pas Buatmu?

Kebutuhan lulusan civil engineering alias teknik sipil yang berkualitas cukup krusial, terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang terus melakukan pembangunan infrastruktur.  Lewat hasil karya para lulusan teknik sipil inilah gedung, jalan, hingga perumahan dapat dibangun dan memiliki kualitas yang baik sehingga memenuhi fungsinya dengan maksimal dan bertahan lama. 

Teknik sipil sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari beberapa disiplin, seperti perencanaan, manajemen, manufaktur, konservasi, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar tiap lulusan teknik sipil dapat membuat dan mengimplementasikan desain dengan konstruksi dan aspek pemeliharaan lingkungan yang tepat.

Prospek kerja lulusan teknik sipil pun sangat bervariasi. Tak hanya bangunan, kamu juga bahkan bisa mengambil peran untuk penataan kota hingga perairan, lho!

  • Surveyor Pengendalian Bangunan

Karier ini cocok untuk kamu yang tertarik di bidang konstruksi bangunan. Seperti namanya, surveyor pengendalian bangunan bertugas memastikan bahwa seluruh standar berikut aturan dan perundang-undangan yang berlaku dipatuhi selama proses pembangunan.

Tujuan dari adanya fungsi pengawasan ini adalah memastikan keamanan bagi seluruh pihak. Apabila kamu menemukan ada aturan atau standar yang tidak terpenuhi, maka kamu pun wajib memberi solusi pada klien.

  • Insinyur Struktur

Istilah lain dari profesi ini adalah structural engineer. Untuk berada dan langgeng dalam lingkungan ini, kamu perlu memiliki ketertarikan dan keterampilan dalam matematika dan sains kreatif. 

Lewat kombinasi dua kunci tersebut kamu pun dapat merancang struktur bangunan yang optimal berikut menyelesaikan berbagai permasalahan yang mungkin terjadi dalam proses pembangunan.

Adapun sebagai seorang structural engineer tugas harian yang bakal kamu lakukan adalah membuat desain struktur bangunan yang kuat menahan tekanan lingkungan sekitar. Kamu harus memastikan bahwa bangunan tersebut juga memiliki nilai fungsional yang optimal sesuai tujuan penggunaan.

  • Perancang Tata Kota

Prospek lulusan civil engineering juga bisa berperan dan berkarier dalam menciptakan ruangan publik yang apik. Sebagai seorang urban designer kamu akan banyak berkolaborasi dengan berbagai profesi terkait lainnya, mulai dari arsitek, pengembang, hingga masyarakat lokal.

Tanggung jawab utama seorang perancang tata kota adalah mendesain ruangan atau bangunan bersifat open space yang memungkinkan masyarakat dapat mengakses dan memanfaatkannya.

  • Manajer Proyek

Manajer proyek atau yang juga biasa disebut konsultan konstruksi bangunan berperan dalam banyak aspek, mulai dari bangunan, pembangunan jalan raya, konstruksi bendungan, hingga pengembangan garis pantai. 

Kamu perlu memiliki kreativitas yang tinggi serta kemampuan untuk membuat desain yang akan dibuat. Sehari-harinya kamu akan bertugas mengatur dan memonitor proses konstruksi yang sedang berjalan, melihat potensi risiko dalam proses pembangunan, hingga mengelola biaya pembangunan.

  • Kontraktor Insinyur Sipil

Pekerjaan seorang kontraktor insinyur sipil berkaitan dengan konsultan konstruksi bangunan. Setelah konsultan konstruksi membuat rancangan, selanjutnya kontraktor bertugas mewujudkan rencana tersebut menjadi kenyataan. 

Kontraktor akan melakukan pengecekan keadaan lapangan sebelum mulai mengimplementasikan apa yang sudah direncanakan  oleh konsultan. Profesi yang memungkinkanmu melakukan banyak perjalanan ke berbagai tempat ini pun mewajibkanmu mampu mengelola sumber daya manusia maupun material yang ada di tempat pembangunan.

  • Insinyur Rekayasa dan Manajemen Air

Istilah lebih populer untuk menyebut profesi teknik sipil ini adalah water engineer. Prospek kerja ini cocok buatmu yang memiliki minat terhadap pengelolaan air dengan tugas–tugas seperti pembangunan air limbah dan selokan, memastikan persediaan air bersih, hingga pencegahan banjir.

Pekerjaanmu ini menuntutmu untuk senantiasa up-to-date terhadap isu lingkungan. Nantinya, kamu juga bakal terlibat dalam beberapa aktivitas terkait lainnya, seperti perbaikan hingga pembangunan tembok dir dan waduk.

Tertarik untuk mengejar mimpi sebagai tenaga ahli teknik sipil? Kalau ya, jangan ragu untuk tempatkan pilihan studi di jurusan Civil Engineering BINUS UNIVERSITY. Nantinya kamu dapat memilih sendiri fokus studi yang disesuaikan minat mahasiswa, yakni menyiapkan diri sebagai kontraktor, konsultan, maupun tenaga pendidik.