5 Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional, Strategis!

Hubungan internasional jadi salah satu jurusan yang dianggap paling mentereng. Ini beberapa gambaran prospek kerja lulusan Hubungan internasional yang menjanjikan.

Dalam rumpun ilmu sosial hubungan internasional adalah jurusan kuliah yang populer dan banjir peminat setiap tahun. Jurusan ini dinilai mentereng lantaran punya peluang kerja yang keren dan strategis bagi lulusannya terutama bagi yang ingin berkarier di luar negeri. 

Secara singkat, jurusan kuliah hubungan internasional pada dasarnya mempelajari hubungan antarnegara. Kamu akan mempelajari, memahami, dan mengintegrasi berbagai macam disiplin ilmu, seperti sejarah, hukum internasional, ekonomi geografi, sosiologi, filsafat, ilmu budaya, dan sebagainya.

Dasar ilmu yang cukup luas inilah yang sebetulnya jadi modal besar untuk kamu memilih karier di berbagai posisi strategis nantinya. Kalau mau bingung, berikut adalah beberapa gambaran prospek kerja lulusan hubungan internasional.

  • Kedutaan

Diplomat umumnya menjadi karier prestisius yang diincar oleh kebanyakan lulusan hubungan internasional. Sebagai diplomat, artinya kamu merupakan perwakilan pemerintahan suatu negara untuk negara tertentu. Adapun lima tugas utama yang menjadi tanggung jawab sebagai seorang diplomat adalah representing, protecting, promoting, negotiating, dan reporting.

Selain itu kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang staf kedutaan. Untuk menjadi staf kedutaan, kamu bisa memilih sesuai wawasan, keterampilan, dan minat yang dimiliki. Seperti contoh sebagai Staf Politik kamu bakal berurusan dengan iklim politik negara tujuan seperti pertikaian, demonstrasi massa, terorisme, dan kekerasan kelompok.

  • Staf Ahli

Mau bekerja di kementerian? Kamu bisa coba melamar sebagai staf ahli untuk membantu tugas menteri tertentu. Adapun para staf ahli dikoordinasikan oleh  Sekretaris Kementerian dan bakal diberi tanggung jawab di bawah naungan Menteri untuk mengumpulkan informasi, analisis, rekomendasi, dan saran.

  • Konsultan Internasional

Siapa bilang lulusan hubungan internasional hanya terikat pada sektor pemerintahan? Kamu juga bisa berkarier lebih leluasa sebagai konsultan internasional yang bertindak sebagai pendamping atau penasihat saat terjadi konflik dengan negara lainnya. 

Tentunya kamu harus senantiasa up to date dengan isu-isu yang sedang berkembang dan jeli melihat perbedaan nilai, pertimbangan, dan sudut pandang oleh masing-masing pihak. Nasihat, pertimbangan, dan petunjuk yang kamu berikan bakal cukup menentukan kebijakan yang akan diambil.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk berkarier di perusahaan swasta dengan skala global. Beberapa bidang yang bisa kamu ambil antara lain corporate strategy, market research, manajemen, sumber daya manusia, dan sebagainya

  • Jurnalis

Jika ternyata kamu menyukai dunia jurnalistik, tak ada salahnya mencoba meniti karier di bidang ini. Sebagai lulusan hubungan internasional kamu sudah disiapkan untuk dapat mengikuti perkembangan dunia dan berpikir kritis serta analitis.

Seorang jurnalis akan terbiasa dengan aktivitas mengumpulkan, menulis, dan mendistribusikan informasi terkini pada masyarakat. Namun, pastikan informasi yang kamu buat tidak menyesatkan. Hal ini juga berlaku jika kamu memutuskan untuk menjadi reporter, yakni pihak yang melakukan riset dan wawancara mengenai isu atau kejadian tertentu.

  • Government Relation Officer

Ini adalah salah satu posisi strategis dalam sebuah perusahaan. Sebagai seorang government relation officer, kamu akan menjadi penghubung antara perusahaan tempatmu bekerja dengan pemerintah. Pekerjaan ini pun akan membuka pintu koneksi yang sangat luas sebab kamu bakal sering berhubungan dengan politisi, pejabat, dan orang-orang penting lainnya.

Beberapa tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang government relation officer antara lain sebagai berikut.

  • Memberi edukasi mengenai aturan dan kebijakan yang perlu diawasi.
  • Memberi edukasi pada regulator perihal suatu isu.
  • Melakukan advokasi untuk memastikan roda perusahaan tetap berjalan dengan baik.

Jadi? Makin mantap untuk menempuh studi di jurusan hubungan internasional?

BINUS UNIVERSITY bisa jadi pilihan terbaik untuk studi hubungan internasional. Dengan akreditasi A berikut dukungan tenaga pendidik, fasilitas, dan kurikulum terbaik, jurusan Hubungan Internasional BINUS UNIVERSITY akan menyiapkanmu sebagai lulusan berkualitas tinggi dan berdaya saing global.