Apakah kamu sadar bahwa berbagai pekerjaan populer saat ini diciptakan pada beberapa dekade sebelumnya? Ini menegaskan pentingnya pendidikan tinggi dalam membekali lulusannya sederet keterampilan yang akan menunjang karier di masa depan. Salah satunya dengan menggunakan sistem pembelajaran berbasis teknologi yang mengiringi perkembangan era digital dalam dua dekade terakhir.

Situasi pandemi justru mendorong percepatan teknologi dalam bidang pendidikan, termasuk jenjang perguruan tinggi.  Namun, jauh sebelum pandemi, BINUS UNIVERSITY telah selangkah lebih maju dengan menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi secara masif di semua lini. Sistem ini mendukung terselenggaranya ekosistem pendidikan yang fleksibel, mudah diakses dari mana saja dan kapan saja, tanpa mengurangi esensi perkuliahan yang dijalani.

Seperti apa sistem pembelajaran berbasis teknologi yang dihadirkan BINUS UNIVERSITY? Apa manfaat pengaplikasian teknologi dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi? Yuk, simak penjelasan berikut.

Ilustrasi Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Terkini di BINUS UNIVERSITY
Sumber : Sevima

Mengenal BINUSMAYA 

BINUSIAN dan BINUSMAYA saling melekat satu sama lain. Tanpa BINUSMAYA, sulit rasanya BINUSIAN menjalankan aktivitas perkuliahan. Platform online learning ini berperan sebagai sarana komunikasi mahasiswa, dosen, dan bagian pelayanan BINUS UNIVERSITY. 

Mengadopsi bentuk Learning Management System (LMS), BINUSMAYA khusus dibangun dan dikembangkan untuk BINUSIAN dalam rangka mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi melalui Multi Channel Learning (MCL). BINUSIAN bisa mengaksesnya melalui browser maupun mengunduh aplikasinya di App Store dan Play Store. 

Dengan sistem demikian, BINUSIAN sudah terbiasa mengikuti perkuliahan jarak jauh secara daring. Pendek kata, situasi pandemi tidak mengubah sistem perkuliahan BINUS UNIVERSITY secara keseluruhan, tetapi justru mendorong para dosen, mahasiswa, serta staf kampus untuk terus memaksimalkan fungsi platform ini. 

Bagi mahasiswa, BINUSMAYA memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Memuat jadwal perkuliahan berikut update terkini.
  • Mempermudah akses materi perkuliahan.
  • Mengumpulkan tugas kuliah lebih praktis (dan hemat kertas!).
  • Menangani berbagai urusan administrasi kampus dari mana saja.
  • Leluasa berdiskusi dengan dosen dan teman sekelas melalui forum diskusi.
  • Bisa melakukan video conference langsung dari aplikasi agar suasana kelas lebih “hidup”.

Manfaat Menerapkan Pembelajaran Berbasis Teknologi

Berkaca dari kehadiran BINUSMAYA, kamu tentu mulai memperoleh gambaran bagaimana pentingnya menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. Di era digital seperti sekarang, teknologi sudah merasuk dalam berbagai sendi kehidupan, terutama pendidikan. 

Lebih dari sekadar mempercanggih sistem pembelajaran, teknologi untuk pendidikan memiliki manfaat berikut.

Memperluas jejaring sosial secara nasional maupun internasional

Teknologi justru membuat segala sesuatu yang mustahil terasa mungkin, khususnya dalam memperluas jejaring sosial. Contoh, kecanggihan aplikasi video conference memungkinkan dosen mengundang dosen tamu dari luar Indonesia untuk berbagi pengalaman. Kegiatan ini jadi kesempatan berharga untuk memperluas jejaring sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Mempermudah kolaborasi dan komunikasi

Teknologi juga bisa mempermudah terjadinya kolaborasi dan komunikasi, baik antara dosen dan mahasiswa maupun sesama mahasiswa. Dalam kelas online, mahasiswa dapat saling berdiskusi secara intensif di “ruang” conference kecil dan mempresentasikannya di hadapan dosen. Sementara itu, dosen dapat menilai tugas mahasiswa dari hasil pengumpulan di platform LMS maupun keterlibatan aktif mereka di forum diskusi.

Menyesuaikan proses belajar dengan gaya belajar masing-masing

Keberadaan platform LMS memungkinkan materi kuliah diakses 24/7. Kelas pun terjadwal rinci, baik yang diselenggarakan online, offline, maupun hybrid. Semua skenario pembelajaran itu mengedepankan penggunaan teknologi yang dapat disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing mahasiswa. 

Kamu bisa membaca ulang materi yang telah diunggah atau menonton kembali video rekaman kelas online. Di sisi lain, data aktivitas online terkait pembelajaran bisa memberikan insight pada dosen tentang mana saja bagian materi yang dirasa sulit oleh mahasiswa hingga siapa saja mahasiswa yang membutuhkan pendampingan ekstra.

Menggerakkan rasa ingin tahu melalui konten menarik

Pemanfaatan teknologi yang tepat dan dituangkan melalui konten menarik dapat menggerakkan rasa ingin tahu mahasiswa. Media belajar pun tidak terbatas pada materi teks, audio, dan video saja, tetapi bisa menggunakan kuis interaktif, teknologi augmented reality atau AR, hingga podcast. Keberagaman media seperti ini menjadi penyemangat mahasiswa dalam mengerjakan tugas. 

Ulasan di atas menunjukkan bagaimana BINUS UNIVERSITY sebagai perguruan tinggi kelas dunia serius mengimplementasikan teknologi dalam sistem pembelajaran mahasiswa. Hal ini sejalan dengan salah satu standar kompetensi global yang harus dimiliki BINUSIAN, yaitu digital and technology fluency. 

Bahkan, BINUSIAN juga diharapkan mampu menerapkan teknologi untuk pemberdayaan dan transformasi sosial yang berdampak terhadap masyarakat. Maka, teknologi yang dikuasai bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga untuk memajukan masyarakat dan berkontribusi terhadap bangsa Indonesia.