Peringkat 1201-1500 dunia versi Times Higher Education World University Rankings 2024*

Jakarta, 28 September 2023 – BINUS UNIVERSITY, Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia dengan bangga mengumumkan apresiasi yang diperoleh dalam Times Higher Education World University Rankings 2024. Berdasarkan laporan dari Website THE World University Rankings 2024, BINUS UNIVERSITY berhasil meraih posisi dalam peringkat global 1.201 hingga 1.500, dan posisi keempat perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Ini membuktikan komitmen terbaik dalam memberikan pendidikan berkualitas dan meningkatkan keunggulan akademik.

Times Higher Education melakukan penilaian terhadap 1.904 institusi pendidikan di 108 negara di seluruh dunia. Proses evaluasi ini mempertimbangkan lima area utama, yaitu Teaching (lingkungan pembelajaran) sebesar 29,5%, Research Environment (volume, pendapatan, dan reputasi) sebesar 29%, Research Quality (dampak sitasi, kekuatan penelitian, keunggulan penelitian, dan pengaruh penelitian) sebesar 30%, International Outlook (staf, mahasiswa, dan penelitian) sebesar 7,5%, serta Industry (pendapatan dan paten) sebesar 4%.

Dari lima area penilaian tersebut, BINUS UNIVERSITY memperoleh bobot tertinggi pada area Research Quality dengan skor 37.5. Hal ini menjadikan BINUS UNIVERSITY sebagai perguruan tinggi kedua terbaik di Indonesia yang masuk dalam peringkat ini. Selain itu, terdapat skor 20,0 untuk Teaching, skor 17,2 untuk Research Environment, skor 34,1 untuk International Outlook, dan skor 25,1 untuk Industry. Dengan demikian, skor keseluruhan BINUS UNIVERSITY berada di rentang angka 22,9 hingga 28,2.

Menanggapi pengakuan ini, Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA selaku Rektor menyatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Times Higher Education. Pengakuan ini merupakan sebuah apresiasi terhadap upaya BINUS UNIVERSITY dalam menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan standar kualitas, mutu, dan penilaian yang ditetapkan oleh Times Higher Education,” tuturnya.

“Hal ini juga menegaskan komitmen kami untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang menyiapkan  mahasiswa kami agar mereka siap menghadapi dunia global dan mencapai sasaran mutu BINUS UNIVERSITY, yaitu 2 dari 3 lulusan bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur”, imbuhnya.

Pencapaian dari berbagai aspek tersebut merupakan wujud nyata dan komitmen seluruh Sivitas Academica di BINUS UNIVERSITY dalam hal keunggulan akademik, penelitian, inovasi, kolaborasi internasional, hingga pemberdayaan masyarakat.

Mengemban visi BINUS 2035, “a World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation”, BINUS UNIVERSITY terus berkontribusi membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun Nusantara yang lebih baik.

Pengakuan ini memantapkan langkah BINUS UNIVERSITY untuk terus melanjutkan perjalanan dalam upaya meningkatkan keunggulan penyelenggaraan pendidikan dan memberikan berkontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan baik Indonesia maupun dunia.
2024