Artificial Intelligence (AI): Peran, Macam Teknologi, dan Penggunaannya di Masa Kini

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan teknologi yang dapat membuat mesin belajar dari pengalaman, menyesuaikan dengan masukan baru, serta menggarap tugas yang biasa dikerjakan manusia.

Selama satu dekade ke belakang, AI telah disisipkan ke berbagai aspek dalam keseharian kita. Mulai dari bot obrolan, asisten virtual seperti Alexa dan Siri, hingga mobil self-driving dan mesin industri otomatis, sangat sulit untuk mengabaikan pengaruh dari AI.

Nah, bisa jadi kamu bertanya: kenapa AI berperan penting dalam kehidupan manusia? Lalu, apa saja macam teknologinya? Bagaimana AI digunakan di masa kini? Ketahui jawabannya lewah pembahasan berikut!

Kenapa AI Penting?

  • AI mengotomatiskan pembelajaran dan pencarian repetitif melalui data. Ketimbang mengautomasi tugas manual, AI mengerjakan tugas-tugas berjumlah besar, rutin, terkomputerisasi.
  • AI menganalisis data yang lebih banyak dan lebih mendetail. Manfaat ini bisa dicapai dengan menggunakan jaringan neural yang memiliki banyak lapisan tersembunyi.
  • AI mencapai akurasi yang luar biasa. Akurasi ini dapat diperoleh melalui jaringan neural yang mendalam. Contoh yang menunjukkan akurasi AI bisa dilihat dari interaksimu dengan Google atau Alexa.
  • AI terus beradaptasi melalui algoritma pembelajaran progresif. Adaptasi inilah yang akan menghasilkan keterampilan.
  • AI meningkatkan kecerdasan pada produk yang telah ada. Contoh produk yang semakin pintar dengan teknologi AI, yaitu Siri dan bot obrolan.

4 Teknologi AI yang Perlu Diketahui

1. Mesin Reaktif

Mesin reaktif adalah sistem AI yang tidak memiliki memori dan hanya digunakan untuk tugas tertentu. Contoh dari teknologi yang memakai mesin reaktif adalah fitur rekomendasi di Netflix.

2. Memori Terbatas

Memori terbatas menggunakan algoritma yang menirukan proses kerja sama neuron otak manusia. Artinya, teknologi AI ini bisa semakin cerdas jika terus menerima data dari waktu ke waktu. Salah satu contoh teknologi yang memakai memori terbatas adalah mobil self-driving.

3. Teori Pikiran

Teori pikiran merupakan jenis teknologi AI yang sedang dikembangkan untuk masa depan. Mesin yang menggunakan teori pikiran berpotensi memahami dunia atau memahami niat dan memprediksi perilaku manusia.

4. Kesadaran Diri

Teknologi AI ini dirancang sebagai sistem yang menyadari eksistensinya sendiri. Saat ini, perjalanan untuk menciptakan teknologi AI dengan kesadaran diri masih sangat jauh.

Penggunaan AI di Masa Kini

Kemampuan AI digunakan oleh berbagai industri di masa kini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Industri Kesehatan

Aplikasi AI di industri kesehatan dapat menyediakan obat-obatan yang dipersonalisasi dan pemindaian sinar-X. Selain itu, asisten kesehatan pribadi yang disisipkan AI bisa bertindak sebagai pemandu, mengingatkan kamu untuk minum obat, berolahraga, atau mengonsumsi makanan bergizi.

Industri Manufaktur

AI dalam industri ini dapat menganalisis data IoT (Internet of Things) yang terhubung dengan peralatan pabrik. Nantinya, AI bisa memprediksi muatan dan permintaan menggunakan jaringan berulang.

Industri Ritel

Dalam industri ritel, AI dapat menyediakan layanan perbelanjaan virtual yang mencakup rekomendasi terpersonalisasi serta diskusi opsi pembelian dengan konsumen.

Industri Perbankan

Dalam industri perbankan, AI digunakan dalam berbagai hal. Mulai dari mengidentifikasi transaksi yang berpotensi menjadi penipuan, mengautomasi tugas manajemen data penting, hingga melakukan penilaian kredit yang cepat dan akurat.

Itulah info ringkas seputar AI, mulai dari peran pentingnya dalam kehidupan manusia, macam teknologi, serta penggunaannya di zaman sekarang. AI adalah teknologi yang akan mengubah masa depan manusia secara signifikan. Maka dari itu, diperlukan orang-orang yang tepat agar AI bisa dioperasikan untuk hal-hal yang bermanfaat, bukan untuk disalahgunakan.

Untuk mempelajari lebih dalam tentang AI, kamu bisa mendaftar ke Artificial Intelligence Program yang merupakan bagian dari School of Computer Science yang ada di BINUS @Kemanggisan.

Tertarik untuk bergabung dengan Program Studi Artificial Intelligence? Klik di sini untuk mencari tahu info selengkapnya.