Nilai integrity atau integritas bukan hal asing di telinga BINUSIAN. Menanamkan nilai ini berarti kamu harus berperilaku sama kapan pun dan di mana pun; ada atau tidak ada yang mengawasi tindakanmu. 

Integritas juga menunjukkan kesesuaian dan keselarasan antara perkataan dan perilaku. Apa yang dikatakan, itulah yang dilakukan. Selain itu, integritas juga memperlihatkan bagaimana keberanian seseorang melakukan sesuatu yang benar, jujur, dan transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi. 

Semua elemen integritas harus tertanam dalam diri BINUSIAN sebagai bagian dari value atau nilai-nilai budaya SPIRIT (Striving for excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, dan Teamwork). Upaya menjadi lebih baik yang dilakukan dengan tekun tidak akan membuahkan hasil manis ketika tidak dibarengi dengan integritas.

Namun, menerapkan nilai integritas saat menjalani perkuliahan online adalah sebuah tantangan. Selalu ada godaan untuk tidak berlaku sama seperti saat kuliah tatap muka karena berpikir “ini cuma kelas online”, “toh dosennya juga tidak melihat”, atau “matiin kamera aja, beres”. 

Lalu, bagaimana cara mahasiswa menjaga integritas diri selama menjalani kuliah online?

Integritas
Sumber : CNN Indonesia

Patuhi Kesepakatan Bersama

Lain dosen, lain pula peraturan kelas yang disepakati. Mengingat cara pembelajaran online dan tatap muka berbeda, dosen tentu sudah menyiapkan peraturan kelas agar suasana perkuliahan dapat berjalan kondusif. Beberapa dosen bisa saja membagi peraturan tersebut untuk kemudian dikritisi mahasiswa, apakah ada yang perlu ditambahkan atau tidak sehingga tercapai kesepakatan bersama.

Tugasmu pun sederhana, yaitu mematuhi kesepakatan bersama yang sudah dibuat. Ingat bahwa penyelenggaraan kelas online ini melibatkan kepentingan banyak pihak, baik dosen, teman sekelas, hingga admin program. Dengan mematuhi kesepakatan tersebut, semua pihak sama-sama memperoleh manfaat dan dapat mencapai tujuan sesuai harapan.

Bangun Relasi Positif dengan Dosen dan Teman Sekelas

Bisakah membangun relasi positif meski hanya bertemu online? Tentu bisa! Pertama, usahakan untuk masuk sesi kelas online sekitar 15 menit sebelum kuliah dimulai. Jangan ragu untuk menyapa dosen atau teman sekelas, “Pagi, Pak/Bu, pagi, teman-teman” begitu masuk kelas. Terlebih lagi, jika kelas masih ‘sepi’, menyalakan mic untuk menyapa sah-sah saja. Boleh juga menyapa semua yang hadir melalui chat. 

Kedua, aktif berpartisipasi dalam sesi kuliah. Saat dosen membuka sesi tanya jawab, jangan ragu untuk “raise hand” dan menanyakan apa yang belum dipahami. Ini jadi cara jitu untuk membuat dosen lebih familier dengan identitas dirimu. Terakhir, selalu gunakan foto dan nama yang sama setiap memasuki kelas sehingga mempermudah dosen dan teman sekelas mengenali dirimu. 

Terapkan Peraturan Kelas Offline Saat Kuliah Online

Sudah tahu kan tidak ada satu pun dosen yang senang saat mengetahui mahasiswa yang sedang diajar malah asyik ngobrol dengan teman? Hal sama juga berlaku loh dalam kelas online. Hindari menggunakan fitur chat berlebihan, terutama saat dosen tengah menjelaskan sesuatu. 

Bukan berarti kelas harus berjalan kaku juga, tetapi pintar-pintarlah membaca situasi. Jika memang sedang waktunya bercanda, boleh kok ikut berkomentar di chat sebagai bentuk respons atas kejadian tersebut. Jadi, jangan sampai salah menempatkan diri. 

Jujur pada Diri Sendiri

Pada akhirnya, integritas saat mengikuti kuliah online adalah soal bersikap jujur pada dirimu sendiri. Ketika kamu melanggar sesuatu di luar kesepakatan, bukan orang lain yang kamu bohongi, justru dirimu sendiri. Integritas berbicara tentang kedewasaan bersikap. Pastinya kamu tidak ingin diawasi dan diarahkan terus menerus dalam melakukan berbagai hal, bukan?

Jadi, terapkan kejujuran ini kapan saja dan di mana saja, mulai dari menghadiri kuliah online, mengerjakan tugas-tugas kuliah, sampai berperilaku dalam keseharian. Bersikap jujur akan mencerminkan kualitas kepribadian kamu, termasuk apakah kamu dapat dipercaya dan diandalkan. Maka, jujurlah pada diri sendiri sebagai bentuk rasa hormat kepada diri dan orang lain.

Nilai Integrity harus dimiliki setiap BINUSIAN tanpa terkecuali. Integritas terwakili melalui sikap jujur dan adil, menghormati, mempercayai, bertanggung jawab, dan berani melakukan hal benar.  

Sekalipun perkuliahan masih berjalan online, nilai ini tetap harus tercermin dalam setiap perilaku BINUSIAN. Inilah salah satu bekal penting yang harus dikuasai agar mampu berkontribusi dan berdampak kepada masyarakat luas. 

Bagaimana dengan kamu, apa yang telah kamu lakukan untuk menjaga integritas diri saat perkuliahan online?