Jakarta, 23 Maret 2023 – Dua bidang ilmu di BINUS UNIVERSITY, yaitu Computer Science & Information System serta Business Management terus menunjukkann kualitasnya dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya pengakuan dari QS World University Rankings 2023 by Subject Computer Science & Information System serta Business Management Studies.

Bidang ilmu Computer Science & Information System naik ke peringkat 351-400 dari sebelumnya pada peringkat 401-450 dunia serta masuk sebagai 3 besar dari 6 perguruan tinggi di Indonesia. Lima indikator yang dijadikan penilaian dalam pemeringkatan ini yaitu reputasi akademik (academic reputation), Reputasi yang diberikan dari penyerap lulusan (employer reputation), sitasi riset per makalah (research citations per paper), indeks pengukur produktivitas dan pengaruh akademik (H-index), dan jaringan penelitian internasional berdasarkan fakultas (International research network).

Begitupun pada bidang ilmu Business Management yang juga naik ke peringkat 451-500 dari sebelumnya di peringkat 501-550 dunia. Di Indonesia, BINUS UNIVERSITY berada pada posisi ke-5 dari 9 perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam pemeringkatan ini. Empat indikator yang dinilai adalah academic reputation, employer reputation, citations per paper, dan H-index.

Atas raihan prestasi tersebut, Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. mengucapkan apresiasi atas pengakuan yang diberikan “Bersyukur dan berterima kasih atas pengakuan yang diberikan QS World University Rankings by Subject 2023 pada  2 bidang ilmu di BINUS UNIVERSITY. Hal ini merupakan buah dari kualitas penyelenggaraan pendidikan di BINUS UNIVERSITY yang sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan QS,” tegasnya.

Pengakuan ini menjadi bukti atas komitmen BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia untuk terus memberikan pendidikan yang berkualitas dan berdampak melalui riset, inovasi, kolaborasi serta dampak kepada masyarakat dengan tujuan mulia yaitu membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun Nusantara yang lebih baik.

***

Sumber:

https://www.topuniversities.com/university-rankings/university-subject-rankings/2023/computer-science-information-systems?&countries=id

https://www.topuniversities.com/university-rankings/university-subject-rankings/2023/business-management-studies