Kalau kamu menyukai biologi, teknologi, kegiatan laboratorium, dan riset, maka salah satu jurusan kuliah yang paling tepat untuk bioteknologi. Belum lagi, peluang berkarier, bahkan secara global, untuk lulusan jurusan ini terbuka makin lebar dan akan terus diperlukan untuk kehidupan manusia dalam jangka panjang.

Bioteknologi pada dasarnya merupakan cabang ilmu biologi yang fokus mempelajari pemanfaatan makhluk hidup. Biologi tradisional (konvensional) pun sebenarnya sudah ada sejak cukup lama, yakni sekitar abad ke-19, dengan penerapannya pada proses fermentasi seperti pembuatan bir dan roti.

Selama beberapa tahun terakhir, terutama sejak pandemi Covid-19, bidang ini menjadi yang paling banyak disorot dan berperan penting dalam pengendalian dan bahkan pengobatan terhadap virus corona melalui vaksin dan berbagai obat-obatan lain.

Bioteknologi pada dasarnya merupakan cabang ilmu biologi yang fokus mempelajari pemanfaatan makhluk hidup. Biologi tradisional (konvensional) pun sebenarnya sudah ada sejak cukup lama, yakni sekitar abad ke-19, dengan penerapannya pada proses fermentasi seperti pembuatan bir dan roti.

Sekilas Tentang Jurusan Bioteknologi

Bioteknologi adalah sebuah jurusan studi multidisiplin. Artinya, bidang ini merupakan gabungan beberapa ilmu, khususnya biologi, kimia, dan teknologi. Jika ditinjau lebih jauh lagi, jurusan ini terdiri dari empat ruang lingkup, yakni bioteknologi putih, bioteknologi biru, bioteknologi hijau, bioteknologi merah.

  • Bioteknologi putih : fokus pada kegiatan industri seperti industri kesehatan, pangan, bahan bakar, produk kecantikan, dan sebagainya.
  • Bioteknologi hijau : fokus pada area pertanian dan peternakan, seperti bahan-bahan pangan yang memiliki kandungan gizi tinggi, tanaman yang memiliki senyawa baik untuk kesehatan, dan sebagainya.
  • Bioteknologi biru : fokus pada lingkup perairan dan kelautan, seperti rekayasa genetika untuk menghasilkan tiram yang tahan penyakit, pemanfaatan alga untuk sumber energi, dan sebagainya.
  • Bioteknologi merah : fokus terhadap bidang kesehatan dan ilmu medis, seperti pembuatan vaksin dan antibodi.

Jurusan ini berkonsentrasi dalam pengembangan teknologi dengan penerapannya pada makhluk hidup agar menghasilkan sesuatu yang memberi nilai guna bagi kehidupan manusia. Kamu akan berkutat mempelajari hal-hal terkait pemanfaatan makhluk hidup dan produk-produk yang dihasilkan dari sebuah proses biologis.

Prospek Kerja dan Karier

Sejak dulu hingga sekarang, peradaban manusia di seluruh sangat terbantu dengan adanya bioteknologi. Tanpa adanya bioteknologi, tak akan ada vaksin dan obat-obatan, bahan-bahan pangan yang baik, pupuk yang efektif untuk mendukung pertumbuhan tanaman dengan minim risiko, dan masih banyak lainnya.

Maka dari itu, prospek kerja dan karier sebagai lulusan bioteknologi terbuka sangat luas, baik di dalam maupun luar negeri. Kamu dapat bergabung dengan tim riset di lembaga pemerintahan maupun industri, auditor, teknisi forensik, ahli biostatistik,  dan masih banyak lainnya. Tentunya, dengan kinerja yang baik, jenjang kariermu akan terus meningkat.

Bidang ini pun sama sekali tidak menutup kemungkinan untukmu menjadi seorang pengusaha yang linier dengan jurusan studi. Kamu dapat menghasilkan produk-produk baru—terutama dengan meningkatnya kesadaran dan minat masyarakat untuk memilih produk-produk yang lebih sehat—seperti bahan-bahan masakan dan makanan rendah kalori dengan nilai gizi lebih tinggi, produk skincare aman dengan hasil efektif dan harga terjangkau, dan lain-lain.

Karakter yang Diperlukan

Karakter individu adalah salah satu pertimbangan penting saat memutuskan akan mengambil jurusan studi. Pasalnya, hal ini akan mendukung proses pembelajaran, hasil studi, dan prestasi yang diraih.

Nah, selain menyukai biologi, kimia, dan teknologi, kamu juga memerlukan beberapa karakter berikut untuk mencapai hasil maksimal selama proses studi:

  • Detail
  • Terstruktur
  • Teliti
  • Suka mengamati dan meneliti
  • Suka menganalisis
  • Senang memecahkan masalah
  • Mampu bekerja sendiri dan bersama tim

Bioteknologi adalah salah satu cabang ilmu yang akan terus-menerus diperlukan manusia untuk dapat menjalani hidup. Oleh sebab itu, lulusan bioteknologi akan menjadi orang-orang penting dan sangat dibutuhkan keberadaannya untuk menjaga keberlangsungan hidup masyarakat luas.

Untuk kamu yang tertarik mengambil peran krusial dalam kehidupan masyarakat lewat bidang ini, BINUS UNIVERSITY dapat menjadi tempatmu awal melangkah. BINUS UNIVERSITY baru membuka jurusan Biotechnology dengan dukungan tenaga didik dan fasilitas terbaik untuk membantumu mempersiapkan menjadi lulusan bioteknologi berkualitas dan berdaya saing internasional.

Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung mempelajari bidang ilmu Bioteknologi, kamu bisa mulai mencari info selengkapnya dalam acara “Meet and Greet with The New Technology Program Biotechnology” pada Hari Sabtu, 1 Oktober 2022 nanti. Acara ini akan dimeriahkan dengan Workshop Diagnostic Laboratory: Checking the Virus Using PCR yang dibawakan oleh Ibu Tera Dria Kispa, S.Si, selaku Cell Biologist/Stem Cell Researcher di PT. Kimia Farma TBK. Tidak hanya itu, Dr. Dwiyanti W, S.Si., M.Si. selaku Lecturer BINUS @Alam Sutera juga turut hadir menjadi fasilitator dalam workshop.

Yuk, mulai langkah awalmu mencapai cita-cita bersama jurusan Biotechnology BINUS UNIVERSITY!