BINUS UNIVERSITY

    Penerapan Teknologi Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari

    Artificial Intelligence atau AI merupakan teknologi terkini yang dikembangkan untuk memudahkan manusia. Kehadiran teknologi AI mampu merevolusi seluruh aspek kehidupan, termasuk pekerjaan. Teknologi AI memberikan kesempatan bagi komputer untuk mempelajari big data sehingga dapat melaksanakan tugas kompleks. Artificial Intelligence juga efektif mengoptimalkan pekerjaan yang dilakukan secara mandiri maupun kelompok. 

    Artificial Intelligence tidak hanya diaplikasikan di dunia bisnis saja. Teknologi ini juga digunakan pada aplikasi mobile, game, dan desktop. Sistem operasi, seperti Windows, iOs, dan Android juga melibatkan teknologi AI untuk memaksimalkan kinerja gawai. Di masa mendatang, teknologi AI diharapkan sama pentingnya dengan internet dan listrik. Kalau tertarik dengan pembahasan mengenai Artificial Intelligence dan ingin mendalaminya, kamu bisa mengambil jurusan Information Technology di BINUS @Semarang.

    Artificial Intelligence
    Sumber : Kompasiana

    Contoh Penerapan Artificial Intelligence

    Mengingat tingkat persaingan di pasar aplikasi desktop maupun seluler tergolong ketat, perusahaan menerapkan teknologi AI untuk mendorong user experience pelanggan dan mendapatkan keuntungan. Menariknya, tanpa disadari, cukup banyak aplikasi yang sering digunakan telah memanfaatkan teknologi AI. Adapun contohnya, antara lain sebagai berikut. 

    Email

    Penyedia email, seperti Google telah memperkenalkan fitur AI secara bertahap. Mulai dari balas pesan cepat, kategorisasi email cerdas, penghapusan spam, hingga menghilangkan kerumitan tugas tidak produktif.

    Face Unlock

    Teknologi Face Unlock merupakan fitur yang dapat digunakan pengguna untuk membuka ponsel pintar. Keberhasilan tersebut mendorong Microsoft Windows mengikuti tren ini dengan memperkenalkan Windows Hello untuk membuka kunci komputer. 

    Navigasi Google

    Berbekal bantuan Machine Learning, Google Maps mempelajari perjalanan kerja kamu setiap hari. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai lalu lintas, kondisi cuaca, serta identifikasi penundaan sistem transportasi, seperti kereta api, penerbangan, dan bus.

    Hiburan dan Sosial

    Aplikasi hiburan maupun media sosial, seperti Netflix, Prime Amazon, Twitter, Instagram, dan Facebook telah menambahkan fitur baru ke dalam platform untuk memberikan pengalaman lebih baik dan pintar.

    Perbankan dan Keuangan

    Teknologi AI dan Machine Learning berperan penting dalam industri perbankan. Kehadiran teknologi tersebut memberi rasa aman dan nyaman bagi nasabah. Machine Learning efektif mencegah penipuan dengan cara memantau kebiasaan pengeluaran secara teratur dan mempertimbangkan faktor interval antara transaksi, lokasi, nilai, dan lainnya. Teknologi AI membantu menentukan transaksi yang dilakukan sah atau justru tergolong penipuan.  

    Berbekal fitur pengenalan wajah dan suara, bank dapat melindungi pembayaran yang dilakukan nasabah. Teknologi AI juga mengoptimalkan penggunaan aplikasi digital perbankan. Hal ini memungkinkan kamu membuat melakukan seluruh proses perbankan dengan cepat, aman, dan tanpa kertas. 

    Pelajari Artificial Intelligence di Jurusan Information Technology BINUS @Semarang 

    Kini, kamu bisa mempelajari Artificial Intelligence di jurusan Information Technology BINUS @Semarang. Di jurusan ini, kamu akan mengembangkan keilmuan di bidang Artificial Intelligence aplikasi mobile dan game serta mempelajari entrepreneurial skill. Berbekal kurikulum yang dirancang sesuai dengan kebutuhan industri, kamu akan menghasilkan aplikasi software seluler dan game terbaik. Tersedia peminatan Mobile and Game Technology setelah kamu menyelesaikan beberapa semester.

    Didukung dosen berkualitas, kompeten, dan memiliki segudang pengalaman, kamu akan mendapatkan ilmu berguna setelah lulus. Selama berkuliah di jurusan Information Technology BINUS @Semarang, kamu bisa mengambil satu dari enam pilihan program Enrichment yang dapat dipilih sesuai minat. Tak hanya itu saja, peluang karier jurusan Information Technology termasuk luas. Kamu bisa bekerja sebagai programmer, software engineer, computer network, dan database engineer. 

    Bersama Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia BINUS UNIVERSITY, kamu lebih mudah meraih dan mewujudkan karier impian di perusahaan besar nasional maupun skala internasional. Apa lagi yang kamu tunggu? Yuk, kuliah jurusan Information Technology di BINUS @Semarang dan jadi bagian dari keluarga besar Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia BINUS UNIVERSITY!