BINUS UNIVERSITY

    Mengenal Lebih Dekat BINUS University dari Para Alumninya

    Lulus kuliah dari kampus ternama merupakan sesuatu yang membanggakan. Apalagi jika diiringi dengan status cumlaude, nilai IPK tinggi, atau prestasi-prestasi akademik lain selama menempuh perkuliahan. 

    Selain kemauan pribadi, sistem pendidikan juga menentukan seberapa besar peluang kelulusan mahasiswa. Menyadari hal tersebut, BINUS University berinovasi untuk menghadirkan suasana perkuliahan yang amat mendukung. Tujuannya agar setiap mahasiswa dapat mencapai potensi maksimalnya. 

    Bahkan sejak awal, BINUS University sudah memperkenalkan diri lewat metode paling nyaman, menyesuaikan kondisi saat ini. Lewat ajang BEVE, BINUS Education Virtual Expo 2022. Calon-calon mahasiswa diajak mengenal lebih dekat lingkungan kampus, tanpa perlu mencemaskan keterbatasan mobilitas di masa pandemi.  

    BINUS University
    Sumber : Kompas

    BEVE 2022

    BEVE, BINUS Education Virtual Expo 2022 bakal digelar secara daring. Pengunjung dapat mengikuti setiap agenda dalam event tersebut dari mana saja. Cukup dengan mengakses laman resminya di digivent.binus.ac.id/beve. Untuk dapat mengikutinya, calon peserta bisa langsung melakukan mendaftarkan diri sebagai peserta melalui laman tersebut.  

    Tentu saja, ini merupakan ajang yang tepat bagi para lulusan SMA/SMK yang sedang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Expo virtual yang diagendakan pada 27 Januari – 6 Februari melalui aplikasi video conference, akan diwarnai sejumlah acara. Mayoritas adalah pengenalan pada jurusan, prodi, dan berbagai program pendidikan yang tersedia di BINUS University. 

    Selain itu, ada pula workshop, trial class, serta berbagai diskusi dengan tema-tema yang pastinya bermanfaat. Berbagai agenda tersebut akan dipandu oleh para lecturer dari BINUS University sendiri. Sedangkan narasumbernya berasal dari kalangan profesional, baik dari dalam maupun luar lingkungan kampus. 

    Lulusan BINUS University

    Seperti diketahui, BINUS University juga telah banyak melahirkan tokoh-tokoh profesional kenamaan nasional di berbagai bidang. Sebut saja pendiri Tokopedia William Tanuwijaya, Alamanda Shantika (Binar Academy), Kevin Osmond (Tiket.com, Printerous.com), Benni Fajarai (Lifepal), Faza Ibnu Ubaydillah (komik Si Juki), dan masih banyak lagi nama-nama popular lainnya. 

    Munculnya nama-nama tersebut menandakan bahwa BINUS University cukup berhasil dalam menjalankan visi misinya. BINUSIAN memiliki potensi besar untuk turut andil dalam kemajuan masyarakat luas, termasuk Negara.  

    Catatan terakhir pada 2018 menunjukkan bahwa BINUS University telah meluluskan lebih dari seratus ribu mahasiswa. Kesemuanya telah menjalankan kiprahnya masing-masing yang tersebar di lebih dari 50 negara. 

    Telah banyak kisah-kisah inspiratif dari para alumni BINUS. Mereka tak cuma bisa diandalkan saat menjadi tenaga kerja, tetapi juga sudah siap untuk terjun mandiri, membangun usaha sendiri, serta gigih dan ulet dalam mengembangkannya. Dengan begitu, kiprah BINUSIAN juga berdampak luas, karena terbukti bahwa banyak lulusan yang berhasil membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat.

    Kontribusi Alumni BINUS University

    BINUS University sendiri memiliki jaringan alumni yang tergabung dalam organisasi IKA BINUS (Ikatan Keluarga Alumni Bina Nusantara). Organisasi ini baru terbentuk pada 21 Juli 2018, bertepatan dengan Dies Natalis ke-37. 

    Usia IKA BINUS memang baru genap lima tahun. Namun, kiprah ikatan para alumni BINUS University telah berlangsung nyaris dua dekade lamanya. Sebagian besar kontribusi para alumni berfokus ke dunia pendidikan. Termasuk dalam hal memberikan bantuan pada institusi pendidikan tak layak dan pencanangan program beasiswa kepada BINUSIAN yang membutuhkan. 

    Kontribusi sosial tidak berhenti di situ. Pasalnya ikatan alumni BINUS juga kerap menggalang dana untuk memberikan bantuan kemanusiaan, contohnya seperti saat peristiwa Gempa Jogja pada 2007. 

    Kini, IKA BINUS menetapkan tiga program utama dalam aktivitasnya. Setiap program dijalankan oleh divisi yang berbeda-beda, meliputi:

    • Business Empowerment and Alumni Development

    Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para alumni yang berkiprah di dunia profesional. Baik melalui anugerah penghargaan, perluasan jaringan, pemenuhan kebutuhan bisnis, maupun inovasi baru dalam meningkatkan kinerjanya. 

    • Social and Engagement Activity

    Berkonsentrasi pada usaha untuk menjalin tali persahabatan yang saling mendukung antara sesama alumni BINUS University. Itu berlaku baik dalam hal profesional maupun kebutuhan personal. 

    • Treasury, Secretary, and Social Media

    Menjalankan program yang bersifat administratif. Mulai dari pendataan, penggalangan dana, sampai mengembangkan jejaring melalui platform digital yang tersedia, seperti media sosial dan situs web. 

    Jika ingin mencari informasi lengkap mengenai IKA BINUS dan berbagai kegiatannya. Silakan kunjungi laman resminya di ikabinus.or.id.