BINUS UNIVERSITY

    Masa Depan Cerah, Ini 5 Prospek Karier Lulusan Ilmu Komputer

    Menurut data yang dilansir Forbescomputer science atau ilmu komputer adalah satu di antara 10 jurusan kuliah yang paling diminati calon mahasiswa di seluruh dunia. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya prospek karier yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan ini dengan gaji yang menjanjikan.

    Nah, kalau kamu tertarik masuk ke jurusan ini, program studi ilmu komputer BINUS @Semarang bisa menjadi pilihan tepat untuk mewujudkan mimpimu. Di sini, ada berbagai keunggulan yang ditawarkan, yang belum tentu dimiliki oleh jurusan ilmu komputer di kampus lain.

    Namun, sebelum itu, untuk meyakinkan kamu agar semakin mantap memilih computer science sebagai bidang ilmu yang akan dipelajari di bangku perguruan tinggi, simak beberapa prospek kariernya yang cerah berikut ini.

    1. Software Developer

    Lulusan ilmu komputer bisa menjadi seorang software developer, apa itu? Software developer adalah profesi pengembang perangkat lunak. Sederhananya, ia adalah orang atau tim yang bekerja dengan membuat software seperti aplikasi berbasis komputer atau gadget lainnya.

    Seorang software developer tidak hanya bekerja dengan menyusun bahasa pemrograman hingga akhirnya tercipta software baru. Namun, ia juga harus mempersiapkan desain, melakukan riset dan analisis, maintenance, hingga pengujian software.

    Hampir segala pekerjaan dalam proses penciptaan software baru ditangani oleh seorang software developer. Maka, tidak heran jika gaji lulusan computer science yang memilih karier ini bisa mencapai Rp5 juta hingga Rp8 juta per sebulan. Bahkan, semakin lama bisa jauh semakin tinggi.

    2. Programmer

    Banyak orang menganggap programmer sama dengan software developer. Padahal, keduanya adalah profesi berbeda, meski saling berhubungan.

    Jika software developer mengelola segala hal terkait proses pengembangan software, programmer memiliki pekerjaan yang lebih sederhana. Ia ‘hanya’ bertugas membuat bahasa pemrograman (coding).

    Maka, dapat disimpulkan kalau pekerjaan programmer termasuk dalam salah satu job desk seorang software developer. Meski demikian, pekerjaan ini tidak kalah prestisius. Justru, programmer adalah inti utama dalam pengembangan software.

    3. Web Developer

    Tidak jauh berbeda dengan dua profesi sebelumnya, seorang web developer juga masih berurusan dengan dunia pemrograman. Namun, kali ini program yang ditekuni adalah program dalam situs web.

    Jika alumnus computer science ingin menjadi web developer, ia bisa memilih untuk menjadi front-end developer atau back-end developer, atau bahkan keduanya; full-stack developer. Front-end developer berkaitan dengan pengembangan tampilan depan website, meliputi UI/UX design dan sebagainya.

    Sementara itu, back-end developer lebih banyak berurusan dengan pengelolaan server, database, juga aplikasi. Keduanya adalah pekerjaan yang saling berkaitan dan sangat mungkin untuk dilakukan oleh satu personel sebagai full-stack developer yang bertanggung jawab atas tampilan dan ‘dapur’ sebuah situs web.

    4. Computer and Network Engineer

    Jika kamu lebih tertarik dengan hardware komputer daripada software-nya, profesi ini sangat cocok untuk digeluti. Kamu bisa menjadi teknisi komputer dan jaringan yang banyak berurusan dengan dunia perangkat keras komputer.

    Secara sederhana, pekerjaan teknisi komputer dan jaringan meliputi perbaikan berbagai masalah komputer, pemasangan jaringan—seperti membuat desain jaringan, instalasi dan konfigurasi, monitoring, hingga troubleshooting untuk menemukan masalah dan mengatasinya.

    5. Digital Entrepreneur

    Seperti yang kita tahu, saat ini dunia digital semakin berkembang. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kian maraknya berbagai jenis bisnis digital. Nah, buat kamu yang mempelajari computer science pun bisa turut menyemarakkan jenis bisnis ini dengan menjadi seorang digital entrepreneur profesional.

    Berbagai ilmu yang dipelajari selama di bangku perkuliahan, seperti analisis data hingga strategi pemasaran, bisa kamu terapkan jika memilih berkarier dalam bidang ini. Kamu bisa menjadi data analyst untuk menganalisis database bisnis yang dijalankan, guna mendapat suatu keputusan yang bisa dipakai dalam proses digital marketing.

    Itulah beberapa profesi yang bisa kamu tekuni kelak setelah lulus dari jurusan ilmu komputer. Di samping itu, kamu tetap bisa menjadi apa pun, sesuai bidang yang diminati. Seorang lulusan computer science tidak perlu khawatir dengan karier di masa depan, karena kompetensi yang dimiliki masih sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

    Jika masih penasaran dengan prospek karier lulusan ilmu komputer, kamu bisa mengikuti acara bincang-bincang bersama BINUS @Semarang besok Kamis, 28 Juli 2022, pukul 09.00-10.30 WIB. Di sana akan dibahas berbagai karier menjanjikan bagi para mahasiswa computer science. Untuk info lebih lengkap, kamu bisa lihat pada tautan ini.