BINUS UNIVERSITY

    Ini Pentingnya Pengolahan Data di Era Industri 4.0

    Pengolahan data merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Pasalnya, hasil proses pengolahan data dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis. Di era revolusi industri 4.0, cukup banyak perusahaan maupun instansi yang menyadari pentingnya data. Secara tidak langsung, hal ini mendorong perusahaan dan instansi menerapkan pengolahan data berbasis teknologi atau dikenal dengan sebutan data science.

    Data science menggabungkan ilmu matematika, statistika, serta komputer untuk memudahkan proses pengolahan data sehingga lebih efektif. Contohnya dengan menerapkan deep learning, machine learning, atau artificial intelligence. Proses pengolahan data dengan menerapkan data science biasanya dilakukan oleh praktisi data, seperti data scientist atau business analytics. Kalau tertarik berkarier sebagai data scientist atau business analytics, kamu bisa mengambil jurusan System Information di BINUS @Semarang.

    Pengolahan Data
    Sumber : Bitlabs

    Apa Fungsi Pengolahan Data Bagi Perusahaan?

    Bagi perusahaan, proses pengolahan data berfungsi sebagai pelaksana proses aritmatika, logis untuk data, menyimpan dan memproses program data, mengambil program input data sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu, meminimalisasi tenaga manusia, serta mendapatkan hasil lebih akurat dan minim kesalahan. 

    Manfaat Pengolahan Data Berbasis Teknologi Bagi Bisnis Perusahaan

    Secara umum pengolahan data berbasis teknologi memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan, di antaranya: 

    Membantu Mengambil Keputusan

    Di dalam data tersimpan beragam informasi penting. Berbekal pengolahan data, kamu bisa memberikan informasi secara akurat. Alhasil proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah dan objektif karena berdasar dari data di lapangan. 

    Mendorong Keyakinan Konsumen Pada Perusahaan

    Ketika perusahaan mempunyai pengolahan data yang baik, dapat diartikan bahwa perusahaan tersebut berada di tahap matang. Hal ini secara tidak langsung akan mendorong keyakinan masyarakat untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. 

    Manajemen Waktu Kerja Lebih Optimal

    Sebagaimana diketahui, proses untuk mengambil data yang berasal dari konsumen maupun lapangan membutuhkan banyak waktu. Untuk mendapatkan hasil maksimal, perusahaan perlu menerapkan pengolahan data berbasis teknologi. Selain mengoptimalkan kinerja manajemen, hal ini juga efektif menghindari kesalahan yang umum dilakukan saat mengolah data secara manual. 

    Pelajari Pengolahan Data di Jurusan System Information BINUS @Semarang 

    Bagi kamu yang tertarik dengan pengolahan data, BINUS UNIVERSITY menyediakan jurusan System Information. Jurusan ini berfokus pada pengembangan entrepreneurial skill BINUSIAN dan business analytics, seperti regulasi, tata kelola, dan skandal data. Berbekal kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, kamu akan mempelajari materi mengenai analisis, perancangan, implementasi, evaluasi, dan pengelolaan sistem informasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) pada perusahaan atau organisasi bisnis. 

    Tak hanya itu saja, sebagai BINUSIAN jurusan Sistem Informasi kamu harus memiliki 13 aspek sikap, 3 aspek pengetahuan, 11 aspek keterampilan umum, serta 4 aspek keterampilan khusus. Di BINUS @Semarang, kamu akan belajar di kampus berfasilitas lengkap. Didukung oleh dosen berkualitas mumpuni dengan segudang pengalaman, kamu akan mendapatkan ilmu yang berguna setelah lulus. 

    Selama menimba ilmu di jurusan Sistem Informasi BINUS @Semarang, kamu bisa mengambil peminatan Business Analytics. Tak hanya itu saja, BINUS @Semarang juga menyediakan tujuh pilihan program Enrichment yang dapat kamu pilih sesuai minat, mulai dari penelitian, studi ke luar negeri, pengabdian sosial, merintis usaha, specific independent study, studi lanjut (untuk program tertentu), hingga magang kerja. Berbekal program ini, kamu akan lebih siap menghadapi persaingan di era industri 4.0.

    Peluang karier jurusan Sistem Informasi BINUS @Semarang terbilang menjanjikan. Kamu bisa bekerja sebagai system analyst, business analyst, network administrator, software developer, dan information security analyst. Bersama perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia BINUS UNIVERSITY,, kamu akan lebih mudah mendapatkan karier impian di perusahaan besar skala nasional maupun internasional. Nah, apa lagi yang kamu tunggu? Ayo, segera bergabung menjadi BINUSIAN dan jadi bagian dari keluarga besar Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia BINUS UNIVERSITY!