BINUS UNIVERSITY

    Graduate Attributes Jadi Kunci Hadapi Persaingan Global di Era Digital

    Sebagai perguruan tinggi dengan kurikulum berstandar internasional, BINUS UNIVERSITY telah berhasil mengembangkan digital learning ecosystem terdepan di tanah air. Ekosistem pembelajaran digital yang dimaksud, tidak hanya tentang sistem pembelajaran daring saja, tetapi juga mencakup keterlibatan mahasiswa, penyampaian materi ajar, dan aspek penting lainnya. Pun, dalam praktiknya, penerapan digital learning ecosystem yang dikembangkan secara optimal oleh BINUS UNIVERSITY telah mampu membuat kampus ini mencetak lebih banyak technopreneur berdaya saing global.  

    Nah, berikut adalah Graduate Attributes yang juga menjadi kunci bagi BINUS UNIVERSITY untuk memastikan lulusannya dapat bersaing di era globalisasi yang begitu kompetitif.  

    Graduate Attributes
    Sumber : Binus

    Graduate Attributes: Definisi dan Mengapa Itu Penting? 

    Sebelum menggali lebih jauh soal graduate attributes yang diterapkan BINUS UNIVERSITY dalam menjamin mutu lulusannya, mari terlebih dahulu memahami definisi dari istilah tersebut. Graduate attributes dapat diartikan sebagai keterampilan, kualitas, dan pemahaman yang disepakati oleh sebuah universitas, yang harus dikembangkan oleh mahasiswa selama mereka berada di institusi pendidikan tersebut (Bowden, 2000).

    Adapun definisi lain dari graduate attributes yakni suatu keterampilan atau pemahaman tingkat tinggi yang harus diperoleh mahasiswa sebagai hasil dari pembelajaran dan pengalaman yang didapatnya selama mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. 

    Mengapa Graduate Attributes Penting untuk Membangun Kualitas Alumni?

    Ada beberapa alasan mengapa Graduate Attributes dianggap sebagai kunci meningkatkan mutu lulusan sebuah perguruan tinggi. Berikut adalah manfaatnya bagi para mahasiswa di kampus.

    • Graduate Attributes membantu mahasiswa dalam mengenali keterampilan dan pola pikir mereka, serta bagaimana semua itu nantinya dapat digunakan, sekarang, dan di masa depan.
    • Graduate Attributes membantu mahasiswa lebih mendalami pengalamannya, baik itu di dalam ataupun di luar jurusannya, dengan cara yang berbeda. Dari situ, para peserta pun lebih mampu mengenali nilai dan pembelajaran yang mereka peroleh selama kuliah.
    • Graduate Attributes membantu mengidentifikasi keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa dan bagaimana itu nantinya dapat dikembangkan.

    Graduate Attributes yang Harus Dikuasai BINUSIAN

    Sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia, BINUS pun memastikan mahasiswanya menguasai Graduate Attributes setelah lulus. Terdapat tiga komponen utama dalam BINUS Graduate Attributes, yakni soft skill, knowledge, dan attitude.

    1. Soft skill

    Komponen ini mendukung adanya hubungan interpersonal. Dalam hal ini, ada 8 soft skills yang harus dikuasai BINUSIAN, yaitu:

    • Digital and technology digital 

    Kemampuan dalam menyampaikan ide dan memahami suatu informasi secara efektif. Proses penyampaian ide ini tentunya dilakukan melalui teknologi yang relevan sehingga dapat menghadirkan berbagai inovasi baru.

    • Critical and creative thinking

    Kemampuan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menggali ide secara mendalam. 

    • Applied management skills

    Kemampuan dalam membuat perencanaan yang terstruktur dan berkomunikasi secara efektif.

    • Adaptability

    Kemampuan dalam merespons situasi baru atau suatu kondisi yang tidak pasti. 

    • Initiative

    Kemampuan bersikap proaktif saat dihadapkan pada suatu masalah.

    • Growth mindset

    Kemampuan dalam mengembangkan suatu strategi.

    • Collaboration

    Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain.

    • Social awareness

    Kemampuan dalam memahami etika dan normal sosial di masyarakat.

    Agar dapat mengembangkan soft skills tersebut, BINUSIAN tentunya diharapkan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi. BINUS sendiri memiliki setidaknya 111 organisasi di berbagai bidang, termasuk seni, agama, olahraga, dan nalar. Pun, ada cara lain untuk mengembangkan semua soft skills tersebut, yakni dengan berpartisipasi menjadi asisten dosen, freshmen leader, atau asisten laboratorium.

    2. Knowledge

    Juga dikenal sebagai technical skills, knowledge merupakan kemampuan yang dimiliki mahasiswa sesuai program studi yang diambil. Dengan mendalami skill tersebut, para BINUSIAN pun diharapkan mampu mengaplikasikannya secara optimal saat terjun di dunia kerja. 

    3. Attitude

    Tentunya, komponen ini tidak kalah penting dengan soft skill dan knowledge. Pada poin ini, BINUS menjabarkan bahwa attitude mencakup antara lain: striving for excellent, perseverance, respect, integrity, teamwork, dan innovation.

    Graduate Attributes menjadi strategi BINUS dalam melahirkan lulusan berkompetensi tinggi di era globalisasi. Yuk, buruan gabung untuk mengembangkan potensi terbaikmu!