BINUS UNIVERSITY

    Dukung Pengembangan SDM, BINUS UNIVERSITY Berkolaborasi dengan WIR Group

    BINUS UNIVERSITY telah berkolaborasi dengan berbagai perusahaan dan institusi sebagai bagian dari kurikulumnya. Baru-baru ini, BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan perusahaan pengembang teknologi AR dan VR, WIR Group. Kolaborasi ini begitu penting sehingga perwakilan WIR Group menjadi salah satu tamu dalam Studium Generale yang berlangsung pada tanggal 7 April 2022.

    Mengapa BINUS UNIVERSITY melakukan kolaborasi tersebut? Apa peran WIR Group dalam kerja sama ini?

    BINUS UNIVERSITY
    Sumber : Investor

    Pengembangan Metaverse lewat BINUS UNIVERSITY

    Dalam Studium Generale dengan tema Berinovasi di Era Metaverse, perwakilan dari BINUS UNIVERSITY dan WIR Group menyampaikan potensi metaverse terhadap perkembangan berbagai bidang di Indonesia. Hal ini terkait dengan reputasi BINUS UNIVERSITY sebagai kampus terakreditasi A kelas dunia yang menerapkan kurikulum berkualitas serta penggunaan teknologi sebagai sarana belajar dan mengajar.

    Dr. Indrawan Nugroho, CEO perusahaan konsultasi inovasi CIAS, menyebut bahwa metaverse dapat dimanfaatkan untuk mendorong inovasi di berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, keuangan, komunikasi, dan ekonomi. Menurut beliau, ekosistem metaverse mendukung hal-hal tersebut dengan menghilangkan batas-batas fisik, bahasa, dan jarak untuk menciptakan duplikat digital bagi lingkungan kreatif dan komersial kita.

    Kerja sama terkait perkembangan metaverse di Indonesia tidak lepas dari peran BINUS UNIVERSITY dalam menciptakan lulusan dengan daya saing tinggi serta kemampuan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini, contohnya AR dan VR yang merupakan bagian penting dari metaverse. Hal ini akan mendukung berkembangnya inovasi terkait metaverse yang semakin luas di Indonesia.

    Peran BINUS UNIVERSITY dan WIR Group dalam Metaverse

    Salah satu peran nyata dalam kolaborasi WIR Group dan BINUS UNIVERSITY adalah adanya program magang (internship) untuk BINUSIAN.

    Magang merupakan salah satu program pengayaan yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY untuk BINUSIAN. Tujuannya adalah memastikan bahwa mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja sungguhan serta memahami dinamika kerja di berbagai perusahaan. WIR Group kini resmi menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan kerja sama terkait program magang dengan BINUS UNIVERSITY.

    Dengan adanya program magang tersebut, BINUSIAN bisa menjadi lulusan berkualitas. Contoh manfaat dan kontribusi program ini untuk perkembangan metaverse antara lain:

    • Kontribusi untuk Ekosistem Metaverse

    Menurut Stephen Ng, Chief Metaverse Officer WIR Group, proyek metaverse adalah sesuatu yang membutuhkan waktu lama untuk berkembang serta meluas, sama seperti kehadiran internet untuk pertama kalinya sekitar 30 tahun yang lalu. Dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menguasai teknologi, BINUS UNIVERSITY berperan menyumbangkan sumber daya manusia bermutu untuk ekosistem metaverse masa depan.

    • Mampu Berinovasi dan Berkomunikasi

    Aktivitas komunikasi dan kolaborasi demi menciptakan inovasi bisa dilakukan di metaverse. Karena BINUSIAN memiliki kompetensi tinggi di bidang akademis dan penguasaan teknologi, mereka bisa memanfaatkan (atau membuat teknologi pendukung) untuk terhubung dengan banyak orang lain di seluruh dunia. Hal ini akan semakin memperkaya atmosfer inovasi dan kreativitas.

    • Menciptakan Landasan Edukasi untuk Perkembangan Metaverse

    BINUS UNIVERSITY menyediakan edukasi untuk generasi baru yang akan mendukung perkembangan metaverse di masa depan. Lewat kerja sama dengan WIR Group, BINUS UNIVERSITY memastikan bahwa Indonesia tidak akan kehabisan generasi yang mampu menggunakan teknologi untuk mendukung perkembangan, inovasi, dan penerapan metaverse.

    • Memberi Kontribusi Bagi EkonomiĀ 

    Kurikulum BINUS UNIVERSITY memastikan bahwa BINUSIAN memiliki kemampuan untuk berinovasi, berkontribusi terhadap ekonomi, termasuk dengan memulai bisnis sendiri. Hal ini bisa diterapkan dalam tren metaverse di masa depan. BINUSIAN bisa memasang iklan, berkomunikasi dengan masyarakat pengguna avatar digital, merancang bangunan, membuat iklan, hingga bertransaksi. Semuanya bisa dilakukan tanpa terhalang fisik, jarak, bahasa, dan faktor penghambat lainnya.

    Kerja sama antara BINUS UNIVERSITY dan WIR Group adalah langkah awal dari rencana panjang pengembangan teknologi metaverse di Indonesia. Dengan kerja sama tersebut, perusahaan pembuat teknologi AR dan VR serta kampus berstandar internasional bisa menciptakan ekosistem metaverse serta generasi baru yang mampu berkontribusi terhadapnya.