BINUS UNIVERSITY

    Cerita Melinda Amelia Mendapatkan Wawasan Terbaru dari Enrichment Program Specific Independent Study

    Indonesia sedang berhadapan dengan revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Perubahan zaman ini tentunya membawa tuntutan tersendiri yang harus ditaklukkan oleh masyarakat Indonesia seperti sumber daya manusia yang lebih handal serta memiliki literasi teknologi dan data. Merespon kebutuhan ini, BINUS @Semarang mengimplementasikan sebuah program unggulan BINUS UNIVERSITY yang bernama Enrichment Program.

    Enrichment Program ini sebenarnya merupakan bagian dari Program 2 + 1 +1 yang juga dijalankan oleh BINUS @Semarang. Dalam program ini, mahasiswa akan menjalankan perkuliahan selama 2 tahun di kampus BINUS @Semarang, 1 tahun perkuliahan di cabang BINUS UNIVERSITY lainnya, dan satu tahun berikutnya mahasiswa bisa memilih Enrichment Program yang mereka inginkan: magang di berbagai perusahaan; research; business startup; community development; further study (melanjutkan langsung ke S2); specific independent study (program sertifikasi); atau kuliah di universitas rekanan luar negeri. 

    Berikut ini cerita Melinda Amelia, BINUSIAN dari program studi Accounting saat mengikuti jalur specific independent study sebagai program pengayaan di tahun akhir perkuliahannya.

    Specific Independent Study
    Sumber: Binus

    Belajar dari Dosen Terbaik tentang Project Management

    Melinda memilih course Project Management untuk jalur specific independent study-nya. Pada program ini mahasiswa akan dilatih untuk memiliki keterampilan dalam mengelola proses manajemen proyek baik dari segi teknis maupun soft skill

    Selama minggu-minggu perkuliahan yang diikutinya, Melinda sangat terkesan dengan dosen yang sangat baik dan detail saat memberikan penjelasan tentang project management baik dari awal sesi pertemuan hingga sesi akhir pertemuannya.

    Dosen tidak hanya menjelaskan tentang pengertian-pengertian dan istilah yang digunakan dalam project management, tetapi juga teknik-teknik, serta contoh-contoh implementasinya. Melinda merasa cara dosennya menjelaskan bagus sekali dan mudah dipahami. Ia jadi mendapatkan ilmu dan wawasan terbaru dari kelas project management yang ia ikuti.

    Belajar Langsung dari Praktisi di Industri

    Enrichment Program jalur specific independent study ini tidak hanya membekali para BINUSIAN dengan hard skill dan teori-teori saja. Program ini juga mengundang mitra industri sebagai tenaga pengajar praktisi yang akan memberikan wawasan tentang penerapan di industri dan soft skill yang dibutuhkan oleh industri.

    Melinda sendiri juga mendapatkan kesan baik dari para dosen industri yang mengisi program ini. Mekanisme penggantian dosen dari kalangan praktisi industri setiap dua pertemuan sekali  juga berhasil memberikan Melinda berbagai perspektif berbeda tentang cara penerapan project management di industri. Dosen industri yang berganti-ganti juga memberikan contoh-contoh yang berbeda yang memperluas wawasan Melinda. Penjelasan yang mudah dipahami dari para praktisi IT yang menjadi dosen industri di course yang diikuti Melinda adalah salah satu poin lain yang mengesankan bagi Melinda.

    Kesan Melinda Terhadap Enrichment Program Track Specific Independent Study

    Melalui Enrichment Program jalur specific independent study  studi Project Management ini Melinda mendapatkan ilmu yang tidak pernah ia dapatkannya sebelumnya, baik dari perkuliahan di program studinya, maupun dari lingkungannya. Sejak mengikuti studi  Project Management, Melinda jadi tahu apa itu project management, bagaimana cara mengimplementasikannya, bagaimana penerapan-penerapannya, berikut juga contoh-contoh project management, dan bagaimana menjalankan project management dengan baik dan benar. Hasilnya, Melinda sangat puas karena telah mendapatkan ilmu baru dan wawasan terbaru dari dosen yang berkaliber dan profesional.

    Pada akhirnya, Enrichment Program jalur specific independent study ini merupakan upaya nyata BINUS UNIVERSITY untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 bagi para calon lulusannya nanti. Melalui program ini BINUS UNIVERSITY berharap, seperti Melinda, para BINUSIAN peserta jalur specific independent study  lainnya dapat memperoleh keilmuan, keterampilan, dan kompetensi yang dibutuhkan langsung oleh industri dan bisnis. Sehingga nantinya, kualitas lulusan BINUSIAN akan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dengan keahlian, kompetensi, dan keterampilannya.