BINUS UNIVERSITY

    Pemanfaatan Hybrid Cloud sebagai Terobosan Baru Computer Science

    Computer Science merupakan bidang keilmuan yang mempunyai sejumlah keistimewaan. Mereka yang mendalami Ilmu Komputer relatif kecil kemungkinannya untuk mengalami kesukaran memperoleh pekerjaan, apalagi di era Society 5.0 yang memang membutuhkan banyak sekali ahli Ilmu Komputer.

    Riset-riset yang dilakukan para ahli komputer telah mendorong lahirnya beraneka terobosan dalam dunia komputasi; salah satunya pemanfaatan hybrid cloud. Berikut ulasan lebih lanjut mengenai hybrid cloud.

    Mengenal hybrid cloud

    Computer Science
    Sumber : Solusi

    Sistem cloud telah lama dipakai secara luas untuk menunjang berbagai bidang pekerjaan. Jika sebelumnya pengguna mengenal public cloud dan private cloud, kini ada pilihan baru, yaitu hybrid cloud yang mengombinasikan kedua teknologi cloud.  

    Pada teknologi hybrid cloud, pemanfaatan cloud dapat diatur sesuai kebutuhan dan beban kerja. Pengelolaan private cloud dan public cloud bisa dilakukan bersamaan dengan menggunakan tools. Hybrid cloud memastikan infrastruktur IT tersedia setiap saat. Dengan begitu, teknologi ini sangat direkomendasikan bagi perusahaan-perusahaan dengan beban kerja yang dinamis atau memerlukan dukungan resource memadai untuk aktivitas pemrosesan data dalam jumlah besar.

    Dalam praktik di lapangan, perusahaan-perusahaan e-commerce biasanya memanfaatkan sistem hybrid cloud hosting. Mereka menempatkan website e-commerce di private cloud karena aman bagi kerahasiaan data dan bisa dikembangkan. Sementara itu, untuk website informasi, mereka cukup menggunakan public cloud yang biayanya jauh lebih hemat. Infrastructure as a Service (IaaS) dengan model hybrid cloud menjadi alternatif solusi yang lebih fleksibel dan efisien.

    Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan menggunakan teknologi hybrid cloud, yakni:

    • Monitoring tools
    • Arsitektur aplikasi. Ini berkaitan dengan pengaturan bagian-bagian mana saja yang harus ada di private cloud dan mana yang bisa ditempatkan di public cloud.
    • Tenaga ahli yang sangat cakap

    Kelebihan dan kekurangan hybrid cloud

    Computer Science
    Sumber : Dosen IT

    Kelebihan pertama dari penggunaan hybrid cloud adalah keamanan data yang terjamin. Hybrid cloud juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi yang memberikan penggunanya keleluasaan dalam mengatur infrastruktur cloud berdasarkan kebutuhan perusahaan.  

    Kelebihan berikutnya, proses pengolahan data secara lokal dapat dilakukan lebih cepat tanpa delay berlebih. Fitur pendukung yang dimiliki teknologi hybrid cloud memungkinkan penggunaan API yang sama dengan cloud computing. Contoh pemanfaatannya adalah pada pada sektor kesehatan. Di sini, pengolahan informasi medis dapat dilakukan secara responsif dan cepat dengan bantuan fitur tersebut.

    Kelebihan selanjutnya ialah terintegrasinya sistem penyimpanan data melalui jaringan internet sehingga tetap dapat dioperasikan walaupun dari tempat yang berlainan. Hal itu sangat berguna ketika perusahaan beroperasi di negara yang menerapkan regulasi ketat mengenai perlindungan data.  

    Meski membutuhkan biaya yang cukup besar di awal, penggunaan teknologi hybrid cloud bisa menghindarkan dari risiko-risiko yang muncul disebabkan kesalahan operasional atau masalah perawatan infrastruktur.

    Seperti dua sisi mata uang, dari sekian banyak kelebihannya, hybrid cloud memiliki kekurangan. Menggunakan hybrid cloud membutuhkan biaya yang tidak sedikit di awal. Infrastrukturnya yang kompleks benar-benar membutuhkan penanganan yang tepat dari tenaga ahli berpengalaman. 

    Jurusan Computer Science di BINUS UNIVERSITY

    BINUS UNIVERSITY memiliki jurusan Computer Science yang berfokus pada pengembangkan perangkat lunak yang menjadi solusi kreatif  bagi industri, diakui di kancah global, dan unggul dari sisi inovasi. Lulusannya telah teruji dengan kualifikasi internasional. 

    Jurusan Ilmu Komputer hadir di Kota Bandung dan Semarang, dengan lingkungan belajar yang sangat baik. Program studi Computer Science membawa misi memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat dengan penyediaan pendidikan berkelas dunia. Mahasiswa dididik dengan pengetahuan terkait bidang keilmuan yang digeluti, praktik pengembangan perangkat lunak, dan kegiatan-kegiatan penunjang yang mengasah keterampilan.

    Saat terjun ke dunia kerja, para lulusan dituntut dapat memberikan layanan IT secara profesional. Tuntutan tersebut menitikberatkan pada pengaplikasian pengetahuan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia pada khususnya dan umumnya dunia internasional.

    Mahasiswa maupun pengajar memperoleh dukungan yang sama besarnya untuk dapat berkreasi dan memiliki nilai lebih di bidang Ilmu Komputer. Dengan begitu, mereka mampu bersaing dalam persaingan di tingkat internasional, dan membuka peluang untuk melanjutkan pendidikan di manapun di seluruh dunia.