Memasuki era digital, setiap perusahaan dituntut untuk menggunakan teknologi. Untuk mendukung hal tersebut, perusahaan juga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) mumpuni. Minimal SDM mampu mengoperasikan teknologi yang dipakai oleh perusahaan.

Jika kamu ingin menjadi bagian dari perusahaan berbasis teknologi, mulai dari sekarang harus mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mengambil kuliah di jurusan Sistem Informasi dan Manajemen. 

Sistem Informasi dan Manajemen
Sumber : Cps Soft

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memulai perkuliahan.

Belajar Coding

Coding merupakan keahlian yang harus kamu asah sebelum masuk ke jurusan Sistem Informasi dan Manajemen. Pasalnya, banyak tugas dan kegiatan perkuliahan terkait dengan skill coding. Jika tidak dimulai dair sekarang, kamu bisa keteteran dalam mempelajari mata kuliah lain, misalnya pemrograman.

Coding juga menjadi bagian dari perancangan dan pengembangan web. Cakupan web development terdiri dari beberapa jenis, yaitu back end, front end, dan web design. Nantinya, front end dan web design itulah yang menentukan seberapa banyak kunjungan pengguna internet ke situs tersebut.

Kemampuan Matematika  

Sistem Informasi dan Manajemen berkaitan erat dengan ilmu matematika. Ketika kuliah di jurusan ini, kamu akan menghadapi pelajaran statistik, aljabar, kalkulus, serta matematik diskret. Semua itu tentunya membutuhkan persiapan, terutama bagi kamu yang bukan berasal dari jurusan IPA.

Kepemimpinan 

Ketika berada di perguruan tinggi, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Mereka tentunya memiliki karakter dan sifat berbeda. Sesekali, kamu dan mereka akan berselisih paham karena hal sepele. 

Meski hal tersebut tidak menyenangkan, siapa pun yang masuk ke perguruan tinggi harus menghadapinya. Pasalnya, dari masalah itulah kamu belajar untuk mengendalikan diri, mengalah, dan berjiwa besar.

Kamu bisa memiliki semua karakter tersebut dengan melatih sisi kepemimpinan dalam dirimu. Mulailah dari menanamkan sikap disiplin, menurunkan ego, serta menerima perbedaan di sekitarmu.

Bahasa Pemrograman 

Bahasa pemrograman merupakan salah satu mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Sistem Informasi dan Manajemen. Agar cepat beradaptasi dengan mata kuliah tersebut, pastikan mempelajarinya sebelum masuk kuliah.

Kamu bisa mempelajari dasar pemrograman di lembaga kursus atau dengan membaca buku-buku yang mendukung. Minimal, pelajari istilah-istilah penting pada bahasa pemrograman dan jenis-jenisnya.

Contoh bahasa pemrograman untuk website, antara lain PHP, Phyton, Javascript, dan Ruby. Sementara mobile IOS biasanya menggunakan SWIFT atau Objective-C. Bagi kamu yang ingin membuat aplikasi mobile Android bisa memakai Kotlin maupun Java.

Mengasah Logika 

Logika memiliki peran penting dalam bidang komputer. Pasalnya, logika dibutuhkan sebagai dasar pemahaman ilmu pemrograman, kecerdasan buatan, dan struktur data. Logika juga digunakan dalam belajar sistem digital, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, dan basis data.

Banyak cara untuk mengasah logika; salah satunya dengan mendengarkan musik. Saat kamu mendengarkan musik, otak makin kreatif dan aktif. Selain itu, kamu juga bisa mengasah logika dengan berjemur di pagi hari. Menurut riset, berjemur di pagi dapat meningkatkan kapasitas otak dan menambah vitamin D.

Latih Kemampuan Analisis Kamu 

Kemampuan analisis merupakan keterampilan mengumpulkan, mengidentifikasi, menyelesaikan, serta mengambil keputusan berdasarkan data yang diperoleh. Kamu akan membutuhkan kemampuan ini ketika mempelajari analisis data dan manajemen proyek.

Persiapkan Laptop dan Perangkat Pendukungnya 

Sistem Informasi dan Manajemen merupakan jurusan yang terhubung dengan mata kuliah berbasis IT. Karena itu, untuk menunjang proses belajar, kamu membutuhkan perangkat komputer. Salah satu perangkat yang wajib dimiliki mahasiswa Sistem Informasi dan Manajemen adalah laptop.

Kamu tidak perlu membeli laptop mahal; prioritaskan saja spesifikasi dan fungsinya. Minimal, laptop tersebut memiliki spesifikasi RAM 4 GB dan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Pasalnya, saat kuliah, kamu harus memasang berbagai perangkat lunak maupun aplikasi di laptop tersebut.

 

Itulah tujuh hal yang harus kamu persiapkan sebelum masuk jurusan Sistem Informasi dan Manajemen. Kamu tertarik kuliah di jurusan tersebut? BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang menyediakan jurusan Sistem Informasi dan Manajemen.

Bersama BINUS UNIVERSITY, kamu akan dibekali kemampuan akademik, pengembangan karakter, serta keahlian teknologi berbasis standar internasional. Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang dan jadilah pemenang!

#BINUSGROUP

#FosteringandEmpowering

#EmpoweringSociety

#BuildingTheNation

#Menuju40TahunBinusBerkarya

#40thBINUS

#Lustrum8BINUS

#DiesNatalis40BINUS

#BINUS2020

#BINUS2035