Di Indonesia, program studi International Business Management atau Bisnis International memiliki cukup banyak peminat. Salah satu universitas yang membuka jurusan ini adalah BINUS UNIVERSITY. Didukung program pembelajaran dan kurikulum aplikastif, lulusan jurusan ini banyak yang langsung bekerja di perusahaan nasional ataupun asing.

Ya, anggapan bahwa selama ini lulusan bisnis internasional hanya bisa berkarier di perusahaan asing atau luar negeri tidaklah benar. Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan kemampuan akademik lulusan jurusan ini untuk mengembangkan bisnis mereka.

Sebagai lulusan International Business Management BINUS UNIVERSITY, kamu tentu tidak perlu khawatir tentang peluang karier. Pasalnya, selama masa perkuliahan, tidak hanya kemampuan akademik yang diasah tetapi juga etika dan berbagai keterampilan terkait bisnis lainnya.

International Business Management
Sumber : Binus

Hal ini tentu saja memperbesar peluang BINUSIAN untuk mendapatkan pekerjaan. Nah, sebagai referensi berikut beberapa peluang karir jurusan International Business Management yang nantinya mungkin bisa ditekuni.

1. International Business Analyst

Tugas utama profesi ini adalah melakukan analisis terhadap berbagai aspek bisnis, mulai dari pembiayaan, strategi, potensi, hingga hambatan yang akan dihadapi. International Business Analyst tidak hanya dibutuhkan perusahaan nasional yang berusaha mengembangkan bisnis ke luar negeri tetapi juga perusahaan rintisan (start up) seperti Go-Jek, Tokopedia, atau Traveloka.

2. Manajer Pemasaran dan Penjualan

Jobdesc profesi ini adalah mengawasi kinerja karyawan, mengembangkan tujuan, merencanakan pemasaran, mengukur potensi pasar, hingga memastikan bahwa setiap upaya penjualan berhasil. Kemampuan akademik lulusan International Business Management dibutuhkan agar perusahaan memiliki strategi yang aktual sesuai dengan perkembangan bisnis internasional masa kini.

3. Perwakilan Penjualan International

Setiap perusahaan yang berusaha melebarkan sayapnya ke bisnis internasional pasti memiliki divisi penjualan ini. Untuk memimpin tim, dibutuhkan kemampuan akademik dan skill lulusan jurusan International Business Management.

Bagaimana tidak, pasti ada banyak upaya yang dilakukan untuk menyukseskan penjualan—mulai dari mengukur potensi pasar internasional, memahami budaya, tren, atau hukum di negara lain, hingga memastikan bahwa standar penjualan yang akan dilakukan sesuai dengan ketentuan negara setempat.

4. Konsultan Valuta Asing

Tugas utama profesi ini adalah memberi pandangan kepada perusahaan tentang masalah investasi internasional yang dilakukan. Pada praktiknya, konsultan valuta asing akan meneliti nilai tukar, menganalisis tren pasar, menjadi komunikator andal, tenaga penjualan, dan mampu merekrut klien. Profesi konsultan valuta asing biasanya bisa kita temui di perusahaan internasional, startup, ataupun perusahaan lokal yang bergerak di bidang investasi. 

5. Analis Anggaran

Tugas utama profesi ini adalah untuk mengembangkan rencana pengeluaran berbagai jenis institusi mulai dari bisnis, sekolah, universitas, hingga lembaga pemerintahan. Untuk melakukan hal ini, analis anggaran akan melihat pengeluaran masa lalu supaya saran mereka tepat dan memang benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Pengetahuan akademik tentang ilmu International Business bukan satu-satunya kemampuan yang diharapkan digunakan dalam pekerjaan ini. Seorang Analis Anggaran juga sebaiknya memiliki skill dalam hal melakukan riset, analisis, dan melakukan komunikasi.

6. Profesor Bisnis

Bagi yang senang dengan dunia pendidikan, lulusan International Business Management BINUS UNIVERSITY bisa menjadi profesor di perguruan tinggi. Namun, untuk menggapai posisi ini, kamu perlu melanjutkan pendidikan sampai jenjang doktorat. Selain mengajar, kamu juga bisa berkontribusi terhadap dunia bisnis melalui artikel ilmiah dan jurnal penelitian.

7. Manajer Keuangan atau Akuntan

Meskipun dari latar belakang pendidikan, profesi ini sebenarnya tidak membutuhkan kemampuan akademik lulusan bisnis internasional. Namun, dari segi kemampuan manajemen, kamu bisa menjadi manajer keuangan atau akuntan di sebuah perusahaan. Dalam praktiknya, profesi ini bahkan membutuhkan analisis secara umum tentang potensi sebuah bisnis. 

Itulah beberapa profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan International Business Management BINUS UNIVERSITY. Semoga bermanfaat.