Teknologi adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kecanggihannya ada di mana-mana dan bisa kita nikmati dalam berbagai bentuk termasuk ponsel, laptop, komputer dan masih banyak lagi. Perangkat-perangkat yang sepertinya kecil ini perlahan-lahan menjadi sangat penting dalam mendukung aktivitas kita sehari-hari. Tanpa adanya teknologi serta orang-orang yang mempelajari Information Technology and Statistics, kita tidak mungkin bisa merasakan semua kemudahan ini.

Seperti halnya penemuan lain, teknologi seperti komputer memiliki sejarah panjang di balik perkembangannya. Ada nama-nama besar yang turut berkontribusi. Dengan belajar di jurusan Information Technology and Statistics di BINUS UNIVERSITY, kamu bisa menyusul kesuksesan 7 nama besar berikut ini!

  • Steve Jobs

Binus University
Sumber : Firman Kasan

Siapa yang tak kenal Steve Jobs? Pria yang mendirikan Apple Inc. dan pernah menjabat sebagai CEO ini merupakan salah satu sosok penting di bidang IT dunia. Lahir pada tahun 1955 di San Fransisco, Jobs sudah menunjukkan ketertarikan di bidang komputer sejak masih remaja. Dia sempat magang di HP (Hewlett-Packard) dan bertemu Steve Wozniak di sana. Meski sudah meninggal pada 2011 lalu, namanya tetap bersinar bersama semakin besarnya perusahaan yang dia dirikan.

  • Bill Gates

Binus University
Sumber : Tribun News

Selain dikenal sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates memiliki jasa yang besar di bidang IT. Bersama Microsoft yang didirikannya, Gates sukses memadukan antara teknologi dan bisnis. Berkat kelihaiannya, kini teknologi menjadi mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

Sama seperti Jobs, Gates juga sudah menunjukkan rasa cintanya pada dunia komputer saat masih anak-anak. Tahun 1973, dia bertemu dengan Steve Ballmer. Dari sanalah perjalanan kariernya sebagai sosok teknologi berpengaruh dunia di mulai.

  • James Gosling

Binus University
Sumber : Teknologi

Selain populer dan cerdas, baik Bill Gates maupun Steve Jobs sama-sama dropout dari bangku kuliah. Tapi hal ini tidak berlaku bagi James Gosling. Pencipta bahasa pemrograman Java ini menyelesaikan pendidikannya di jurusan computer science dan memberikan kontribusi yang luar biasa dengan ilmu yang didapatnya dari bangku sekolah. Karena Gosling-lah, kita bisa menikmati beragam aplikasi berbasis Java.

  • Tim Berners-Lee

Binus University
Sumber : Kompas

Bicara Google tentu harus bicara Tim Berners-Lee. Dia merupakan sosok paling berpengaruh dan paling penting dalam perkembangan Google. Berners-Lee diketahui sebagai orang yang pertama mencetuskan dot com, internet yang kita kenal sekarang. Dia menggabungkan konsep hypertext dengan internet yang kemudian melahirkan World Wide Web (WWW) yang mengubah bagaimana cara dunia bekerja seperti saat ini.

Berners-Lee membuat website pertama pada tahun 1991.Sejak itu, website semakin berkembang dan untuk semua jasanya itu, dia tidak memungut biaya apa pun. Tak heran jika sosoknya sangat dikagumi dan dihormati di bidang IT.

  • Linus Torvalds

Binus University
Sumber : Kompas

Kamu pasti sudah tidak asing dengan sistem operasi Linux, bukan? Ya, sosok yang menciptakan sistem operasi open-source ini adalah Linus Torvalds. Tidak hanya Linux, Linus juga menciptakan berbagai sistem operasi lain yang tidak kalah penting bagi teknologi kita termasuk Android. 

Git, sistem version-control yang dibuat oleh Linus juga memudahkan kerja para programmer. Dengan Git, para programmer bisa melakukan kolaborasi dengan sesama programmer secara praktis.

  • Richard Stallman

Binus University
Sumber : Youtube

Richard Stallman merupakan pendiri GNU Project, sebuah inisiatif untuk mengembangkan sistem operasi mirip Unix yang merupakan perangkat lunak yang bisa didapatkan secara gratis. Stallman juga sudah menciptakan banyak tools populer, membuat lisensi GNU dan kampanye melawan pematenan perangkat lunak.

  • Arthur C. Clarke

Binus University
Sumber : Wikipedia

Penulis 2001: A Space Odyssey, Arthur C. Clarke secara konsisten berhasil memprediksi bagaimana teknologi akan mengubah dunia. Salah satunya ketika pada tahun 1945 dia menyebut bahwa stasiun geostasioner akan menjadi relai telekomunikasi yang paling andal.

Itulah beberapa sosok yang dianggap paling penting dalam dunia IT. Jika kamu ingin mengikuti jejak mereka, kamu bisa bergabung dengan prodi Information Technology and Statistics di BINUS UNIVERSITY.