BINUS UNIVERSITY

    5 Aplikasi Recommended untuk Mahasiswa Interior Design @Bandung

    Sebagai salah satu cabang BINUS UNIVERSITY, BINUS @Bandung memiliki jurusan Interior Design. Fokus utama jurusan ini adalah memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga skill memadai dalam hal desain.

    Inilah mengapa, mahasiswa kerap mendapat tugas berupa proyek agar ilmu mereka bisa langsung diaplikasikan. Untuk menyelesaikan proyek ini, para BINUSIAN kerap memanfaatkan aplikasi tertentu. Tidak hanya mempermudah, aplikasi tersebut juga sangat membantu menstimulasi kreativitas mahasiswa.

    Interior Design @Bandung
    Sumber : Roomah

    Apabila kamu termasuk mahasiswa jurusan Interior Design BINUS @Bandung dan sedang mencari rekomendasi aplikasi tepat, berikut ulasan tentang aplikasi desain interior yang dapat digunakan.

    1. ArchiCAD

    Aplikasi ini bisa kamu install di PC atau laptop dan gunakan untuk membuat desain dalam bentuk 2D dan 3D. Desain yang dihasilkan ArchiCAD cukup detail sehingga kamu bisa bereksplorasi dalam menambahkan aksen, motif, atau miniatur-miniatur khusus untuk mempercantik desain interior yang dibuat.

    Bisa dibilang aplikasi ini cukup versatile. Meskipun begitu, ArchiCAD termasuk mudah digunakan baik bagi pemula atau mereka yang telah memiliki jam terbang tinggi. Tidak heran apabila aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk digunakan, terutama oleh mahasiswa Interior Design.

    2. AutoCAD Architecture

    Termasuk salah satu aplikasi ternama, AutoCAD kerap digunakan oleh para arsitek profesional. Dilengkapi user interface sederhana, AutoCAD cukup mudah untuk dioperasikan. Bagi pemula dan mahasiswa, aplikasi ini tersedia dalam versi trial dan bisa digunakan selama beberapa waktu.

    Harga AutoCAD sendiri memang cukup pricey. Jadi, kamu hanya bisa menggunakan versi coba gratis tersebut sementara saja. Hal tersebut wajar mengingat AutoCAD memiliki banyak fitur menarik yang membuat desain buatan kita terlihat hidup dan nyata.

    3. SketchUp

    Dilengkapi dengan user interface sederhana dan fitur mumpuni, siapa sangka jika SketchUp termasuk aplikasi yang paling sering digunakan oleh para desainer dan arsitek. Beberapa waktu lalu, hak cipta aplikasi ini telah diambil alih oleh Google. Jadi, jangan ragu dengan kualitas hasil desainnya.

    User interface mudah ternyata jadi poin keunggulan aplikasi ini. Berkat hal tersebut, pengguna bisa membuat desain 3D dengan lebih cepat dan sesuai harapan. Hal ini juga membuat SketchUp bisa digunakan oleh pemula bahkan bagi mereka yang sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi desain apa pun.

    4.Planner 5D

    Apabila menurut kamu desain 3D terlalu membosankan, jangan khawatir. Planner 5D bisa mewujudkan keinginan kamu dengan menawarkan fitur efek 5D pada desain yang dibuat. Serunya, aplikasi ini tersedia secara gratis bagi pengguna Windows karena kamu hanya membutuhkan koneksi internet saja.

    Selain PC, aplikasi ini tersedia pula bagi pengguna smartphone. Kamu bisa mengunduh Planner 5D melalui Apple Store atau Play Store. Jadi, di mana dan kapan saja, kita bisa menyelesaikan tugas desain interior dengan baik dengan hasil cukup memuaskan. Menarik bukan?

    5. Softplan

    Aplikasi terakhir yang dapat membantu kita membuat desain interior dengan hasil memuaskan adalah Softplan. Dengan biaya langganan sekitar USD95 per bulan, aplikasi ini menawarkan hasil desain detail dengan format 3D. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi, Softplan berbasis informasi.

    Jadi, aplikasi ini akan mendokumentasikan setiap proyek yang dikerjakan dan bisa menjadi referensi untuk desain selanjutnya. Meskipun fitur dan fasilitas yang ditawarkan cukup bagus, Softplan sangat mudah dioperasikan. Tampilan sederhana membuat aplikasi ini bisa digunakan siapa saja termasuk mahasiswa .

    Sebagai mahasiswa jurusan Interior Design di BINUS @Bandung, sangat penting bagi kita untuk memperoleh bantuan dari aplikasi dan software desain. Apalagi di era digital ini, kita dituntut untuk familiar dengan teknologi dan memiliki kemampuan mengoperasikan berbagai gadget dengan baik.

    Aplikasi di atas tidak hanya bermanfaat dalam menyelesaikan setiap tugas, tetapi juga bisa membantu kita terbiasa dengan perkembangan teknologi. Jadi, aplikasi mana yang akan kamu gunakan? Itulah ulasan tentang lima aplikasi recommended untuk mahasiswa Interior Design, selamat mencoba!